Tempat Wisata

Masjid Baiturrahim Jami’: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan lokasi

Masjid Jami’ diberi nama Masjid Baiturrahim Jami Konon kawasan sekitar masjid pernah dibom oleh pasukan Jepang pada masa Perang Dunia II. Sebab, banyak warga yang bersembunyi di dekatnya. Namun ajaibnya, kedua bom tersebut dijatuhkan di dekat masjid dan tidak terjadi ledakan.

Pesona keindahan Masjid Baiturrahim Jami Hal ini terlihat dari keunikan struktur masjidnya. Tak hanya bentuk bangunannya yang unik, kisah di balik masjid berusia 87 tahun yang berdiri hingga kini pun tak kalah uniknya.

Fasilitas Masjid Baiturrahim Jami’

Fasilitas yang bisa didapatkan di masjid ini sama dengan masjid pada umumnya, yaitu penyediaan mukena untuk wanita. Terdapat juga toilet dan tempat mencuci untuk pria dan wanita.

Sejarah Masjid Baiturrahim Jami’

Cerita sendiri Masjid Baiturrahim Jami itu sungguh mengejutkan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tidak ada ledakan di masjid yang dibom dua kali selama Perang Dunia II itu.

Baca Juga: Makam Suci Siantan, Kompleks Makam Panglima Kerajaan Johor

Berburu foto di Masjid Baiturrahim Jami

Untuk berburu foto, Anda bisa berfoto di depan masjid yang memiliki bentuk bangunan yang sangat unik ini. Anda juga bisa mengambil foto di teras masjid dari berbagai sudut sesuai keinginan Anda.

Akses jalan menuju Masjid Baiturrahim Jami’

Akses menuju masjid ini menggunakan mobil pribadi atau mobil sewaan di kawasan Anambas kecamatan Siantan tepatnya di desa Terempa. Anda juga bisa mengendarai sepeda motor dan untuk mencari jalan menuju masjid dengan lebih aman sebaiknya gunakan Google Maps agar tidak tersesat.

Biaya masuk Masjid Baiturrahim Jami’

  • Biaya masuk: 0 IDR (gratis)

Biaya masuk ke destinasi wisata ini dapat berubah sewaktu-waktu. (Pembaruan September 2023)

Jam buka Masjid Baiturrahim Jami

Tips berlibur di Masjid Baiturrahim Jami’

Jika Anda sedang berlibur dan berkunjung ke masjid, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memasuki masjid. Karena masjid adalah rumah Tuhan, maka hal-hal ini harus diketahui terlebih dahulu, yaitu:

  • Berpakaianlah dengan sopan
  • Mencari informasi
  • Bersikap sopan
  • Hindari mengambil foto sembarangan
  • Perhatikan kebersihan

Saat mengunjungi wisata religi seperti masjid, Anda sebagai tamu harus bersikap sopan dan mengenakan pakaian yang pantas. Pakaian yang pantas di sini maksudnya adalah segala barang yang menutupi area intim, dan lebih bagus lagi jika Anda mengenakan pakaian muslim.

Hal ini merupakan bagian yang sangat penting karena pakaian yang dikenakan mencerminkan rasa hormat seseorang terhadap suatu tempat. Oleh karena itu, pantaslah mengenakan pakaian muslim ketika mengunjungi masjid, yaitu Rumah Allah.

Selanjutnya penting juga untuk mencari informasi mengenai wisata muslim yang ingin dikunjungi. Biasanya terjadi beberapa kali tempat ini tidak bisa dikunjungi. Misalnya pada hari Jumat ada salat Jumat di masjid.

Anda harus bersikap sopan kepada pengunjung masjid atau pemandu wisata keagamaan. Berhati-hatilah dalam bertutur kata ketika sedang melakukan perjalanan keagamaan, terutama saat berziarah atau berziarah ke makam para ulama. Sebab, wisata religi bukanlah tempat yang ramai dikunjungi.

Memperhatikan ucapan atau tidak berbicara dengan keras dapat membantu Anda menghindari masalah yang tidak diinginkan. Selain bersikap kasar, orang juga akan menilai Anda secara negatif.

Jika Anda bepergian secara religius, Anda juga perlu menghormati orang lain yang mempunyai kepentingan di sana. Misalnya saja mengambil foto close-up saat orang yang ingin dipotret sedang salat, merupakan tindakan yang tidak sopan dan tidak sopan terhadap orang lain.

Anda bisa menggunakan alternatifnya dengan menggunakan zoom untuk memotret orang yang sedang berdoa. Tentu saja, yang terbaik adalah menghindari pencahayaan agar tidak mengganggu orang lain.

Saat berkunjung ke tempat wisata religi, penting untuk memperhatikan tidak hanya kesopanan, tapi juga kebersihan. Jagalah kebersihan dengan membuang sampah pada tempat sampah terdekat.

Sampah yang berserakan atau dibuang sembarangan sangat merusak penampilan destinasi wisata religi ini. Anda juga harus tahu bahwa tempat-tempat penting dan sakral harus bersih.

Demikian informasi mengenai Masjid Baiturrahim Jami di Kepulauan Anambas yang bisa anda jadikan referensi wisata religi.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button