Tempat Wisata

Hutan Pinus Sanggaran Agung : Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Kerinci memang mempunyai potensi wisata yang menjanjikan. Seiring berjalannya waktu, banyak ditemukan objek-objek wisata baru yang didesain ulang untuk menarik minat wisatawan. Meski masih memerlukan perhatian khusus, namun tempat-tempat tersebut patut dipertimbangkan sebagai destinasi wisata di Kerinci. Salah satunya adalah Hutan Pinus Sanggaran Agung.

Menawarkan pepohonan pinus yang rindang dan berjajar rapi serta kondisi alam yang asri, Hutan Pinus Sanggaran Agung membuat wisatawan betah. Meski tergolong tempat wisata baru, hutan pinus ini justru semakin banyak dikunjungi wisatawan. Hutan pinus ini juga menawarkan beberapa spot foto menarik dan modern.

Hutan Pinus Sanggaran Agung

Secara geografis, Hutan Pinus Sanggaran Agung terletak di Desa Sanggaran Agung, Kecamatan Danau Kerinci, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Dari kota Sungai Banyak, hutan pinus ini berjarak sekitar 15 kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 20 hingga 30 menit. Hutan pinus ini sangat dekat dengan Danau Kerinci.

Hutan pinus tidak sulit ditemukan, akses menuju hutan juga mudah dicapai. Pengunjung bisa leluasa mencapai hutan pinus tersebut menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum yang ada di kawasan tersebut. Selama perjalanan, pelancong akan disuguhi keindahan alam Kerinci yang terkenal hingga ke luar negeri.

Pesona Hutan Pinus Sanggaran Agung

Tak kalah dengan beberapa hutan pinus yang ada di kawasan lain, hutan pinus Sanggaran Agung juga mempunyai daya tarik dan daya tarik tersendiri. Di dalamnya dibangun rumah pohon dengan gaya arsitektur yang cukup mengesankan. Rumah pohon ini sering digunakan wisatawan untuk bersantai dengan pemandangan sekitar deretan pohon pinus.

Tempat wisata ini masih baru, rumah pohon baru dibangun pada tahun 2017. Hutan pinus ini memang tidak seluas hutan di daerah lain. Awalnya hutan pinus tersebut kurang terawat, ide datang dari kepala desa Sanggaran Agung yang mendorong pemuda setempat untuk mengubah hutan tersebut menjadi tempat wisata.

Hutan Pinus Sanggaran Agung

Mulailah membangun rumah pohon dengan bekerja sama dengan pemuda setempat. Pembangunannya sendiri dilakukan secara bertahap dan tanpa dukungan pemerintah setempat. Upaya warga setempat tidak sia-sia. Hutan Pinus Sanggaran Agung kini semakin ramai dikunjungi setelah foto-foto keindahannya muncul di media sosial.

Diketahui, Desa Sanggaran Agung mendapat Penghargaan National Tourism Branding pada tahun 2017. Gubernur Jambi H. Zumi Zola menyerahkan langsung Anugerah Branding Pariwisata Nasional. Diharapkan kedepannya akan bermunculan tempat-tempat wisata baru untuk semakin memajukan dunia pariwisata Kerinci.

Namun terjadi kejadian tidak menyenangkan dalam perjalanan dan Hutan Pinus Sanggaran Agung ditutup sementara. Akibat kesalahpahaman mengenai pengelolaan tempat wisata, terjadilah bentrokan antar pemuda setempat. Untungnya, melalui pertimbangan, permasalahan tersebut telah teratasi dan objek wisata tersebut dapat kembali dikunjungi wisatawan.

Ada pepatah yang mengatakan: Hutan pinus ini menyimpan sejuta kenangan bagi setiap orang yang pernah mengunjunginya. Deretan pohon pinus Mercussion tumbuh subur dan menjulang tinggi. Setiap pengunjung dapat menikmati suasana alam yang tenang dan menyejukkan serta udara sejuk di tempat wisata ini.

Hutan Pinus Sanggaran Agung menjadi tempat yang tepat untuk melepaskan diri sejenak dari kehidupan sehari-hari. Tempat ini juga bisa menjadi alternatif destinasi wisata di Kerinci dan menghabiskan waktu bersama keluarga, sahabat, dan orang tercinta. Jika Anda jeli dan mengelolanya dengan baik, bukan tidak mungkin tempat ini akan semakin terkenal dan banyak dikunjungi.

Fasilitas Hutan Pinus Sanggaran Agung

Faktanya, pembangunan Hutan Pinus Sanggaran Agung belum rampung seluruhnya. Belum ada fasilitas promosi wisata di hutan pinus ini. Fasilitas seperti toilet, tempat ibadah dan tempat parkir yang tertata dan nyaman belum terbangun. Akses jalan utama masih dibatasi, belum dibangun dengan baik.

Terdapat beberapa warung atau penjual makanan di sekitar hutan pinus yang bisa ditemui wisatawan. Pengunjung juga bisa membawa perbekalan sendiri dari rumah dan makan bersama di hutan pinus. Jika pengunjung ingin bermalam, terdapat juga beberapa hotel dan homestay tak jauh dari kabupaten Kerinci yang bisa digunakan untuk bermalam.

Baca juga: Gunung Kunyit, gunung berapi dengan Taman Para Dewa di puncaknya

Terdapat juga berbagai macam hotel di Kota Sungai Banyak. Tentu saja harganya bervariasi dan tergantung fasilitas hotel tersebut. Beristirahat di Hutan Pinus Sanggaran Agung bisa menjadi alternatif saat Anda berada di Kerinci. Berikut beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan saat berwisata ke hutan pinus.

Menikmati keindahan hutan pinus

Jika bosan dengan tempat wisata di Kerinci, Anda bisa mengunjungi hutan pinus Sanggaran Agung. Tempat wisata yang terbilang masih muda ini menawarkan keindahan deretan pohon pinus yang tertata rapi ditambah dengan suasana alam lestari yang menyejukkan jiwa. Di sini Anda bisa bersantai sekaligus menikmati pemandangan indah.

Di hutan pinus ini juga terdapat rumah pohon dengan desain yang sangat indah dan unik. Anda dapat memanjat rumah pohon ini tanpa perlu khawatir terjatuh karena dibuat aman bagi pengunjung. Berwisata alam terbuka seperti di hutan pinus ini bisa menyegarkan pikiran dan siap kembali menjalani rutinitas sehari-hari keesokan harinya.

Perburuan Foto

Hutan Pinus Sanggaran Agung viral di dunia maya setelah foto keindahannya dibagikan di media sosial. Akhirnya anak-anak muda berbondong-bondong datang karena penasaran dan ingin mengabadikan keindahan hutan pinus ini. Anda juga bisa mengambil foto di hutan pinus ini dengan kamera atau smartphone Anda.

Berfoto selfie wajib dilakukan di hutan pinus ini. Anda bisa berfoto selfie dengan berbagai background menarik seperti: B. deretan pohon pinus atau selfie di rumah pohon. Sebaiknya ajak teman anda untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal dan menarik. Jangan lupa untuk mengunggahnya ke media sosial karena dengan cara ini anda akan berkontribusi dalam promosi hutan pinus ini.

Biaya masuk Hutan Pinus Sanggaran Agung

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang

Biaya masuk ke destinasi wisata ini dapat berubah sewaktu-waktu. (Pembaruan September 2023)

Jam buka Hutan Pinus Sanggaran Agung

  • Buka setiap hari dari jam 7 pagi hingga 6 sore

Baca juga:

Peta Situs Hutan Pinus Sanggaran Agung

Tips Berwisata di Hutan Pinus Sanggaran Agung

  • Jangan lupa membawa kamera terbaik jika ingin berkunjung ke hutan pinus karena rugi jika tidak berfoto di tempat ini.
  • Jika akhir pekan atau hari libur tempat ini sangat ramai, jadi sebaiknya datang saat sepi pengunjung agar bisa menikmati indahnya hutan pinus dengan tenang.
  • Datanglah pada pagi atau sore hari jika cuaca tidak panas.
  • Pengunjung dilarang melukis di pohon pinus dan rumah pohon.
  • Berhati-hatilah dalam melestarikan hutan pinus dan jangan merusak pohon pinus atau rumah pohon.
  • Dan jangan lupa untuk menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button