Tempat Wisata

Gua Jatijajar – Harga tiket, lokasi rute, dan lokasi terkini 2023

Selain pantai, Gua Jatijajar menjadi salah satu tempat wisata di Kebumen yang bisa Anda rekomendasikan sebagai destinasi rekreasi berikutnya saat musim liburan tiba. Tempat tersebut tercipta melalui proses alam dan merupakan situs geologi yang segala sesuatunya terbuat dari batu kapur.

Gua Jatijajar memiliki luas panjang sekitar 250 m, lebar rata-rata 15 m, dan tinggi mencapai 12 meter. Merupakan salah satu tempat wisata di Kabupaten Kebumen Jawa Tengah yang sangat populer dan selalu menjadi tujuan penjelajahan wisatawan.

Di Gua Jatijajar Kebumen banyak terdapat pilar batu kapur atau pilar tempat bertemunya stalagmit dan stalaktit. Ada baiknya menelusuri sejarah Gua Jatijajar sambil mengagumi beragam bangunan eksotis yang pertama kali ditemukan pada tahun 1802.

Biaya masuk Gua Jatijajar

Biaya masuk Gua JatijajarFoto:

Misteri Gua Jatijajar berkembang dari masa ke masa sehingga semakin populer karena rasa penasaran wisatawan. Bagi anda yang ingin melihat dan merasakan langsung segala sesuatu yang ada di Goa, segera datang kesini.

Tak perlu mengeluarkan banyak uang untuk menjelajahi keunikan Gua Jatijajar di Kebumen, Jawa Tengah. Tarif masuk Gua Jatijajar adalah sebagai berikut:

  • Tiket masuk anak-anak: Rp 5.000 (hari biasa) dan Rp 6.000 (hari libur)
  • Tiket masuk untuk dewasa: Rp 12.000 (hari biasa dan Rp 13.000 (hari libur))

Karena tarif masuknya yang sangat terjangkau, tentunya tidak akan menjadi beban bagi wisatawan yang datang dari berbagai daerah. Setelah membayar htm, wisatawan bisa memasuki kawasan wisata goa dan selanjutnya akan disambut oleh patung dinosaurus.

Patung dinosaurus ini tidak menakutkan dan hanya merupakan pertanda bahwa gua ini memang sudah tua. Setelah melewati patung tersebut, yakinlah Anda bisa menjelajahi Goa Kebumen yang eksotis hingga puas.

Jika dilihat dari tiket masuknya terbilang murah dan menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Harga tiket masuk dapat berubah sewaktu-waktu.

jam buka

Gua JatijajarFoto:

Sebelum berkunjung, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu jam buka wisata yang berlaku di Gua Jatiajar Jawa Tengah. Wisata Gua Jatijajar buka mulai pukul 07.30 hingga 16.00 WIB dan buka setiap hari.

Selalu terbuka untuk umum pada hari Kamis hingga Rabu, jadi Anda bisa mampir kapan saja. Yang terbaik adalah memulai dari awal mengingat betapa banyak kegembiraan yang bisa ditemukan.

Jangan terlalu dekat dengan jam tutup karena Anda tidak lagi bisa leluasa mengunjungi Gua Jatijajar. Anda perlu memperkirakan waktu kunjungan Anda sebaik mungkin agar semuanya berjalan sesuai keinginan Anda.

Salah satu yang perlu diperhatikan adalah kondisi cuaca, mengingat lokasi wisata ini berada di luar ruangan. Oleh karena itu, disarankan untuk datang ke sini pada hari yang cerah dan saat cuaca mendukung.

Jika cuaca kurang bersahabat, misalnya mendung atau hujan, menundanya tidak ada salahnya.

Lokasi rute dan alamat

Rute, Lokasi dan Alamat Gua JatijajarFoto:

Gua Jatijajar di Kebumen terletak di ketinggian 50 meter di atas permukaan laut. Dan tahukah Anda kalau tempat ini juga merupakan situs geologi yang terbentuk dari proses alam?

Alamat Gua Jatijajar terletak di Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah. Dari pusat kota Kebumen menuju Goa, perjalanan memakan waktu 60 menit dan jarak tempuh 32 km.

Akses jalan yang akan dilalui cukup cocok untuk dilalui berbagai jenis kendaraan. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum menuju Goa Jatijajar.

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, tidak ada salahnya untuk mengecek kesiapan kendaraan Anda terlebih dahulu. Sehingga perjalanan liburan anda aman dan nyaman di medan apapun.

Jika Anda menemui kesulitan dalam perjalanan menuju gua yang mempesona ini, Anda dapat menghubungi penduduk setempat. Alternatifnya, Anda dapat menggunakan peta di bawah ini untuk menemukan lokasi Gua Jatijajar dengan lebih mudah.



Datang juga ke -> Pantai Menganti sebagai destinasi wisata yang menawarkan pemandangan wisata bahari yang mempesona.

Perabot

Fasilitas Gua JatijajarFoto:

Masuk dalam daftar tempat wisata di Kebumen terpopuler yang tak pernah sepi di awal musim liburan. Gua Jatijajar mempunyai fasilitas yang memadai dan fasilitas yang lengkap untuk menunjang wisatawan.

Fasilitas Gua Jatijajar antara lain :

  • Tempat parkir yang luas
  • Pusat Informasi Turis
  • tempat peristirahatan umum
  • Berbagai warung kuliner
  • Berdiri dengan aksesoris dan suvenir
  • Permainan labirin
  • Taman yang indah
  • Tempat foto Instagram

Nikmati berbagai keseruan yang ditawarkan Gua Jatijajar untuk pengalaman liburan yang semakin tak terlupakan yang pastinya tak terlupakan. Dapatkan pengalaman berwisata yang berbeda dari biasanya dengan menjelajahi, melihat dan mendengar berbagai cerita yang terjadi di sana.

Kunjungi juga -> Pantai Karang Bolong dengan panoramanya yang mempesona sehingga menarik banyak wisatawan.

Tempat terbaik di gua Jatijajar

Tempat terbaik di gua JatijajarFoto:

Bangunan gua yang pertama kali ditemukan pada tahun 1802 ini mulai dikembangkan pada tahun 1975 dan menjadi objek wisata. Di sini pengunjung akan menemukan banyak tempat bagus untuk mengambil foto.

Diorama merupakan salah satu tempat yang paling populer bagi para wisatawan dan tidak boleh dilewatkan. Terdapat 8 diorama dan sekitar 32 patung.

Patung-patung dan diorama tersebut menggambarkan kisah-kisah yang terkandung dalam sejarah gua di masa lalu. Diorama dan patungnya sangat unik dan menambah kesan indah Gua Jatijajar.

Selain itu, Anda juga wajib bertualang melihat stalagmit dan stalaktit yang diyakini berusia ribuan tahun. Bentuk gua yang sangat alami ini bisa Anda jadikan background untuk merekam video dan foto.

Abadikan momen di lokasi terbaik Gua Jatijajar untuk menciptakan foto dan video yang menarik dan langsung.

Ulasan sebelumnya –> Benteng Van Der Wijck merupakan situs bersejarah yang memiliki sejumlah atraksi untuk dijelajahi.

Tip berkunjung

Tips mengunjungi Gua JatijajarFoto:

Berikut beberapa tips sebelum Anda singgah dan mengunjungi Gua Jatijajar di akhir pekan atau saat musim liburan.

  • Perkirakan dan rencanakan kunjungan wisata Anda ke Gua Jatijajar dengan baik.
  • Tidak disarankan melakukan perjalanan ke Goa dalam cuaca buruk dan tidak mendukung.
  • Pastikan tubuh Anda sehat agar liburan maksimal.
  • Gunakan bahan terbaik dan tentunya nyaman dipakai dalam segala aktivitas.
  • Kenakan sepatu yang cocok untuk segala medan dan tidak licin.
  • Berhati-hatilah dan selalu utamakan keselamatan saat beraktivitas di hari libur.
  • Dilarang keras menimbulkan pencemaran atau merusak infrastruktur di kawasan wisata.
  • Selalu memperhatikan kebersihan, ketertiban dan keaslian lingkungan wisata.

Itulah ulasan singkat mengenai Tempat Wisata Kebumen Terpopuler Yaitu Gua Jatijajar yang tak pernah sepi peminatnya. Keindahan alam yang terpancar dari dalam gua begitu memikat dan mampu menghipnotis banyak pasang mata yang memandangnya.

Source: mytrip123.com

Related Articles

Back to top button