Tempat Wisata

Pantai Pasir Manang: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Kepulauan Riau memiliki berbagai tempat wisata yang wajib dikunjungi oleh wisatawan yang sedang menikmati liburan bersama keluarga dan teman terdekat. Beragamnya tempat wisata yang tersedia bagi para wisatawan tidak pernah mengecewakan para wisatawan dengan panorama yang ditawarkan tempat-tempat tersebut.

Salah satu destinasi wisata pantai di Kepri adalah Pantai Pasir Manang, pantai dengan panjang garis pantai ± 1 km dan berpasir putih. Airnya yang jernih dan memiliki gradasi dari biru hingga biru kehijauan, menandakan kedalaman laut. Pantai dengan perairannya yang dangkal menarik wisatawan untuk melakukan snorkeling dan menyelam menikmati biota laut di Pantai Manang.

Bebatuan dengan bentuk yang berbeda-beda juga menarik perhatian wisatawan, meski hanya untuk diduduki. Belum lagi banyaknya bukit yang mengelilingi pantai. Hal unik yang menjadi daya tarik wisatawan ke Pantai Manang adalah adanya pohon beringin yang tumbuh di atas batu dan sangat rindang.

Pantai Pasir Manang terletak di Kepulauan Ambus. Lebih spesifiknya Tarempa, Kecamatan Siantan. Karena tempatnya yang masih asri, wisatawan lokal kerap berkunjung di akhir pekan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Selain itu Pantai Manang juga sangat mudah dijangkau sehingga banyak wisatawan lokal yang mengunjunginya.

Fasilitas di Pantai Pasir Manang

Pemerintah menyediakan paviliun di Pantai Manang untuk wisatawan beristirahat. Jadi wisatawan tidak perlu mencari tempat teduh di bawah pohon untuk beristirahat bersama keluarga atau teman.

Di sebelah kiri pantai terdapat dermaga tempat berlabuhnya pompom dan speedboat yang mengangkut wisatawan melalui laut. Selain itu, terdapat bangunan dua lantai di atas batu karang yang mengarah ke laut, sehingga wisatawan yang ingin melihat suasana pantai bisa melihatnya langsung dari lantai dua bangunan tersebut.

Sayangnya, masih belum ada tempat bagi para pedagang. Pemerintah hanya membangun paviliun tanpa kios untuk menjual makanan dan minuman. Wisatawan harus membawa perbekalan sendiri agar bisa menikmatinya saat berlibur Pantai Pasir Manang.

Baca Juga: Menikmati Keindahan Air Laut yang Jernih di Pantai Kusik

Berburu foto di Pantai Pasir Manang

Layaknya wisatawan, mereka tidak hanya sekedar menikmati liburannya namun juga mengabadikan setiap momen untuk ditunjukkan kepada orang lain. Pantai Manang mempunyai banyak spot foto yang sangat bagus untuk diabadikan.

Sekadar duduk di atas batu dan menikmati terbenamnya matahari adalah tempat yang baik untuk mengabadikan diri. Atau abadikan dengan berpose di dermaga sebelah kiri pantai dan menunggu matahari terbenam. Dari gedung menuju bebatuan dan menikmati suasana sore hari Pantai Pasir Manang.

Para pecinta alam bawah laut bisa mengabadikan momen snorkeling di bawah sinar matahari, diiringi pantulan sinar matahari di permukaan laut. Atau bahkan mengabadikan penyelaman bersama terumbu karang dan biota laut yang hidup di dalamnya.

Akses jalan menuju Pantai Pasir Manang

Akses menuju Pantai Manang dapat dicapai melalui jalur darat maupun jalur laut. Lebih mudah menggunakan mobil atau kendaraan roda dua untuk sampai ke Pantai Manang dalam waktu 15 hingga 20 menit. Wisatawan juga bisa menyewa ojek dengan membayar Rp. 25000. Atau pilih jalur laut dengan pompong dan speedboat.

Biaya masuk Pantai Manang

Tidak ada peraturan bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Pantai Manang. Juga tidak ada jadwal khusus bagi wisatawan kapan boleh dan tidak boleh mengunjungi pantai tersebut. Tidak ada tiket yang akan dijual Pantai Pasir Manang.

Jam buka Pantai Pasir Manang

peta

Tips berlibur di Pantai Pasir Manang

Pastikan untuk membawa dan mengenakan pakaian yang menyerap keringat sesuai dengan kondisi pantai, karena wisatawan akan beraktivitas di bawah sinar matahari langsung. Dan pastikan anda membawa baju ganti karena bermain air di pantai memang menggoda.

Jangan lupa gunakan tabir surya untuk menghindari kulit terbakar akibat bermain di bawah sinar matahari. Menggunakan topi dan kacamata juga menjadi poin penting untuk menghindari sinar matahari langsung.

Bawalah perlengkapan snorkeling dan diving sendiri karena pemerintah tidak menyediakan persewaan perlengkapan snorkeling dan diving bagi pecinta alam bawah laut untuk menikmati keasrian terumbu karang dan biota laut.

Bawalah perbekalan sendiri dan ingatlah bahwa tidak ada kios yang menjual makanan dan minuman untuk wisatawan. Jangan kurangi pengawasan bagi orang tua yang membawa anak kecil ke pantai. Jangan lupa untuk membawa pulang sampah yang kita hasilkan agar pantai selalu bersih dan alami. Semoga bermanfaat.

Galeri foto Pantai Pasir Manang

Potret Pantai Pasir Manang
Potret dermaga
Suasana pantai dengan penuh keramaian pengunjung
Berbagai permainan anak-anak
Nikmati pantai

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button