Tempat Wisata

Pantai Padang Melang: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Dari sekian banyak pantai yang ada di Pulau Anambas, P. merupakan salah satu pantai yang selalu ramai dijadikan tujuan wisataPantai Padang Melang. Pantai ini terletak di Pulau Jemaja, Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau, dengan garis pantai yang menembus wilayah tersebut yaitu Desa Letung dan Bukit Padi.

Pantai Padang Melang memiliki panjang garis pantai ± 7 km yang mencakup hingga dua wilayah sekaligus yaitu desa Letung dan desa Bukit Padi dengan pasir putihnya. Dengan pohon kelapa dan pohon pinus yang menghiasi pinggir pantai menambah rindangnya nuansa pantai.

Bukan hanya pasir putih dan air lautnya yang jernih yang menjadi daya tarik wisatawan, namun juga karena adanya festival yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas yang menjadi bagian tak terpisahkan dari acara tersebut sejak tahun 2014.

Festival ini akan berlangsung selama tiga hari. Mulai dari libur panjang nasional di hari pertama hingga puncak bulan purnama pertama dan diakhiri dengan hiburan masyarakat sekitar serta kembang api yang meramaikan suasana.

Selama festival berlangsung, panitia akan mengadakan beberapa kompetisi yang dapat diikuti oleh wisatawan dan peserta. Misalnya lomba sampan loma, jongkong, lopek, dan renang. Belum lagi, selama festival berlangsung Anda akan disuguhkan makanan khas Kepulauan Anambas, kerajinan tangan, dan tarian kolosal Gubang yang ditarikan oleh seribu orang yang mengenakan topeng Gubang.

Fasilitas di Pantai Padang Melang

Pemerintah sudah mulai memberi perhatian pada PPantai Padang Melang Karena merupakan tempat wisata dengan daya tarik yang cukup tinggi, maka di Pantai Melang telah dibangun beberapa paviliun sebagai tempat istirahat wisatawan.

Pantai Melang juga menyediakan ruang ganti dan toilet bagi wisatawan. Warung makan yang menyajikan kuliner lokal dan surau kecil bagi yang menghadiri kebaktian gereja.

Selain itu, pemerintah juga mempekerjakan penduduk setempat untuk membersihkan pantai karena pada waktu-waktu tertentu pantai bisa menjadi kotor. Setiap musim utara pada bulan Desember hingga Februari, air pantai kotor dan sampah berserakan di pantai. Sebab ketika musim utara tiba, air laut akan naik hingga ke pemukiman warga dan membanjiri jalanan.

Agrowisata di Pantai Padang Melang

Pantai Melang Terletak di Kepulauan Anambas, Kecamatan Jemaja, Desa Letung, memiliki banyak lahan yang dapat menunjang daya tariknya sebagai tempat wisata. Banyak masyarakat yang bisa menjadikan kerajinan tangan khas Kepulauan Anambas untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh bagi wisatawan.

Selain itu kuliner juga menjadi daya tarik wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Pantai Melang. Mencoba makanan khas sama saja dengan mencoba sesuatu yang baru. Oleh karena itu, pemerintah perlu meningkatkan produksi barang lokal dan memanfaatkan keunggulan yang ada di sekitar pantai.

Baca Juga: Pantai Pasir Manang, Pantai Indah yang Cocok Dijadikan Destinasi Wisata

Berburu foto di Pantai Padang Melang

Berfoto merupakan cara utama untuk menunjukkan kepada orang lain liburan yang dilakukan wisatawan. Dimanapun dan dalam kondisi apapun. Hal ini sudah menjadi rutinitas rutin dan tidak boleh dilewatkan.

Dengan garis pantai berpasir putih yang begitu panjang, bisa menjadi latar belakang wisatawan untuk berfoto. Belum lagi rindangnya pohon kelapa dan pohon pinus yang memberikan nuansa eksotis pada foto tersebut Pantai Padang Melang.

Belum lagi festival-festival yang rutin diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Anambas yang bisa menjadi ajang berfoto. Mulai dari pembukaan, wisata kuliner, tarian tradisional hingga pesta kembang api di akhir.

Akses jalan menuju Pantai Padang Melang

Untuk menuju Pantai Melang, wisatawan dapat memilih beberapa rute. Anda bisa naik kapal feri selama 7 jam dari Tanjung Pinang menuju Pelabuhan Letung di Pulau Jemaja.

Dari dermaga, wisatawan dapat berjalan kaki selama 1,5 jam menuju pantai atau 30 menit menggunakan kendaraan bermotor. Sebaliknya jika wisatawan memilih jalur laut, perjalanan dari Tarempa memakan waktu 2 jam. Dari Bandara Jemaya perjalanan memakan waktu 20 menit.

Biaya masuk Pantai Padang Melang

  • Biaya masuk: 0 IDR (gratis)

Biaya masuk ke destinasi wisata ini dapat berubah sewaktu-waktu. (Pembaruan September 2023)

Jam buka Pantai Padang Melang

peta

Tips berlibur di Pantai Padang Melang

Saat berkunjung ke pantai, jangan membawa barang bawaan terlalu banyak. Pastikan Anda membawa pakaian yang cocok untuk aktivitas luar ruangan. Terutama pakaian yang menyerap keringat. Pakaian ganti juga menjadi salah satu barang yang wajib dibawa untuk menggantikan pakaian yang basah karena air.

Tabir surya, kacamata dan topi juga penting untuk melindungi kita dari panasnya sinar matahari. Secara khusus, melindungi kulit kita dari luka bakar dan paparan sinar matahari yang dapat merusak mata. Gunakanlah sandal jepit saat pergi ke pantai agar lebih nyaman.

Galeri foto pantai Padang Melang

Pantai Padang Melang
Air laut jernih
Bepergian bersama keluarga
Potret pantai yang indah
Potret pulau kecil di seberang pantai
Pohon kelapa
Bersantai di Pantai Padang Melang

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button