Tempat Wisata

Pulau Perkampungan Nelayan: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Pulau-pulau di Anambas dikelilingi oleh laut sehingga pulau-pulau tersebut memiliki air yang jernih dan pasir yang putih. Kepulauan Riau terdiri dari 26 pulau yang menjadi tempat tinggal penduduknya. Pulau Batu Belah, salah satu pulau di Kepulauan Anambas, menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi karena memiliki struktur batu alam.

Ibarat sebuah pulau di antara pulau-pulau lainnya yang sumber kehidupan utamanya adalah laut, Pulau Batu Belah Memiliki air yang sangat jernih dengan pasir putih dan dikelilingi bebatuan di pinggir pantai.

Ada air terjun yang tersembunyi di pulau ini. Air terjun yang menurun dengan 17 anak tangga menjadi daya tarik lain pulau ini. Sungai air terjun ini mengalir langsung ke Selat Peniting yang berada di seberang pantai.

Jangan lupakan Sungai Garuk yang tingginya 250 meter di atas permukaan laut dan 100 meter di atas permukaan laut. Sungai ini akan terus mengalirkan mata air meski di musim panas, sehingga sungai ini tidak akan pernah kering. Ada juga muara bakau dengan lumpur di Pulau Batu Belah.

Jangan lupa mayoritas penduduknya adalah nelayan. Mereka juga membudidayakan ikan Napoleon, sejenis ikan karang berwarna cerah dengan ukuran besar. Selain itu, warga juga membuat sangkar penyaring dari dua lapis benang nilon berukuran 4×4 dengan bagian atasnya terbuat dari kayu. Setiap nelayan minimal memiliki 2-3 keramba.

Fasilitas di Pulau Batu Belah

Pulau Batu Belah belum memiliki fasilitas seperti tempat wisata yang dikembangkan, seperti B.Akomodasi. Karena belum tersedianya penginapan di pulau ini, wisatawan yang ingin bermalam bisa menginap di rumah warga.

Namun wisatawan tidak perlu khawatir karena wisatawan tetap bisa mengelilingi pulau dan menikmati indahnya alam yang ditawarkan Pulau Batu Belah nyaman karena banyak tempat tersedia di pulau ini.

Sejarah Pulau Batu Belah

Pulau yang masih menjadi bagian dari kepulauan Anambas di Kecamatan Siantan ini mempunyai nama tersendiri. Pulau Batu Belah. Nama pulau ini juga sama dengan nama desanya. Sebuah pulau dengan nama yang sama.

Berburu foto di Pulau Batu Belah

Banyaknya tempat wisata yang ditawarkan oleh Pulau Batu Belah Hal ini memungkinkan wisatawan untuk mengabadikan segala sesuatu yang ada di setiap tempat yang dikunjunginya. Mulai dari pantainya yang air lautnya jernih dan berpasir putih, wisatawan bisa menjadikannya sebagai background foto saat bersantai atau bermain air laut.

Erbwasserfall tak kalah menjadi objek foto yang wajib diabadikan karena eksotisme alamnya. Air terjun setinggi 17 tingkat ini bisa menjadi latar bagi wisatawan saat menikmati suasana sekitar air terjun atau bermain air. Dan menunjukkannya sebagai objek wisata yang tersembunyi Pulau Batu Belah.

Baca Juga: Menikmati Keindahan Alam di Pulau Ayam

Mangrove Muara menjadi tempat selanjutnya yang patut diabadikan. Bermula dari tempatnya yang masih alami dengan banyak pohon bakau yang tumbuh subur, bisa dijadikan tempat berburu foto.

Akses jalan menuju Pulau Batu Belah

Pergi ke Pulau Batu Belah Dapat dicapai melalui dua jalur yaitu jalur laut dan jalur darat. Apabila wisatawan melalui jalur laut dapat menggunakan Pompong dari Pelabuhan Tarempak selama 1 jam. Naik speedboat atau pompong selama 30 menit dari Kecamatan Siantan lalu berjalan kaki sejauh 20 meter. Wisatawan juga bisa menggunakan taksi.

Biaya masuk ke Pulau Batu Belah

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang

Biaya masuk ke destinasi wisata ini dapat berubah sewaktu-waktu. (Pembaruan September 2023)

Jam buka Pulau Batu Belah

peta

Tips berlibur di Pulau Batu Belah

Hal pertama yang harus dipikirkan wisatawan ketika menuju ke tempat tujuannya adalah biaya yang akan dikeluarkan selama mengunjungi objek wisata tersebut. Mulai dari berangkat hingga pulang ke rumah.

Biaya yang paling umum adalah biaya speedboat. Biaya ini cukup tinggi untuk sebuah perjalanan. Wisatawan harus memperhatikan hal ini. Jika ingin menekan biaya, wisatawan bisa menggunakan pompong yang harganya lebih murah dibandingkan speedboat.

Pilihlah musim panas ketika wisatawan mengunjungi tempat yang membutuhkan perahu untuk bepergian. Akan menjadi kendala jika wisatawan salah memilih bulan untuk berwisata ke pulau ini, karena ombak besar menjadi kendala utama kedatangannya Pulau Batu Belah.

Jangan sampai ada yang rusak karena kita harus menjaganya. Bahkan sebuah foto saja sudah cukup membuktikan bahwa wisatawan menikmati liburannya di tempat ini. Saya harap ini bermanfaat.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button