Tempat Wisata

Rumah Budaya Omah Petroek, Melihat Lebih Dekat Keunikan Rumah Joglo di Sleman

Harga tiket: Bebas, Jam beroperasi: 09.00 – 18.00 WIB, Alamat: Wonorejo, Kecamatan Hargobinangun. Pakem, Kab.Sleman, DI Yogyakarta; Map: Periksa lokasinya

Mengunjungi tempat-tempat bersejarah tentunya dapat memberikan wawasan dan pengetahuan tentang nilai-nilai budaya tanah air. Salah satu kawasan yang bisa dikunjungi adalah dengan mengunjungi Rumah Budaya Omah Petroek. Kawasan wisata bersejarah ini tidak hanya dikenal sebagai pusat kebudayaan, namun juga menjadi rumah bagi ratusan patung unik.

Rumah Joglo ini dibangun oleh Raden Mas Sindunata di Yogyakarta. Jika Anda memilih berlibur ke kawasan wisata bersejarah ini, Anda bisa bersenang-senang. Wisatawan bisa menemukan kawasan rumah budaya ini dengan sangat mudah karena lokasinya yang strategis. Untuk lebih mengenalnya, berikut beberapa tempat wisata yang ada di pusat kebudayaan ini.

Promo hotel di Sleman

Daya Tarik Rumah Budaya Omah Petroek

Daya Tarik Rumah Budaya Omah PetroekFoto oleh Qistia Mertowagiyo di Google Maps

✦ Temukan keunikan Rumah Joglo

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kawasan wisata ini dibangun dengan menggunakan desain rumah Joglo yang sangat unik. Area ini biasanya digunakan untuk pementasan pertunjukan seni. Alasan lain mengapa kawasan ini sangat menyegarkan adalah karena dikelilingi oleh pepohonan hijau yang sangat rindang.

Suasana tenang dan sejuk menjadi salah satu keunikan kawasan ini. Anda bisa memilih untuk duduk bersantai atau melihat-lihat hal unik lainnya di Joglo House. Deretan patung pun memenuhi seluruh area rumah Joglo ini.

✦ Koleksi patung

Anda akan menemukan banyak patung di rumah budaya Omah Petroek ini. Patung-patung ini tersebar di beberapa tempat, mulai dari bagian depan rumah, bagian dalam rumah, hingga bagian belakang rumah. Patung-patung tersebut memiliki ukuran yang berbeda-beda. Anda bebas melihat seluruh patung, namun tidak diperbolehkan menyentuh atau merusaknya.

✦ Area keluar

Kawasan rumah budaya ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat wisata sejarah saja, namun juga dapat dijadikan sebagai lokasi kegiatan seru seperti kegiatan outbond. Untuk melaksanakan kegiatan tersebut harus meminta izin kepada pengelola Rumah Budaya agar dapat melaksanakan kegiatan di seluruh sudut kawasan Rumah Petroek.

Paket tour Jogja 3 hari 2 malam (The Lost World Castle, Tebing Breksi dan tempat lainnya)

✦ Akomodasi

Harap dicatat bahwa distrik rumah bersejarah ini juga menawarkan fasilitas akomodasi. Bangunan penginapan di sini didesain khusus berbentuk rumah panggung. Jika Anda ingin merasakan pesona tinggal di rumah panggung, maka akomodasi ini adalah pilihan Anda. Keunikan dan ketegangannya bisa dirasakan dengan sempurna.

Alamat, lokasi, rute dan tiket masuk

Alamat Rumah Budaya Omah PetroekFoto oleh Tri Bhuwanaw di Google Maps

Rumah Budaya Raden Mas Sindhunata terletak di Kali Boyong, Karang Klethak Hargobinangun, Pakem, Yogyakarta. Kawasan wisata sejarah ini cukup mudah ditemukan karena masih berdekatan dengan tempat wisata lainnya seperti Museum Gunung Merapi yang hanya berjarak sekitar 200 meter.

Kawasan Rumah Budaya Omah Petroek tidak dipungut biaya untuk dikunjungi wisatawan. Namun jika Anda ingin datang bersama rombongan dan melakukan kegiatan tertentu, Anda bisa menghubungi pihak pengelola terlebih dahulu. Pastikan Anda selalu mengikuti peraturan yang ditetapkan untuk menjamin keamanan dan kenyamanan saat bepergian.

Cek tiket Istana Ratu Boko Jogja

Kegiatan yang menarik

Kegiatan Menarik Rumah Budaya Omah PetroekFoto oleh Leny Kripsiawati di Google Maps

1. Mengambil foto

Seperti kita ketahui, kawasan ini mempunyai keindahan dan keasrian. Oleh karena itu, Anda bisa menjadikannya tempat terbaik untuk bersenang-senang bersama teman atau keluarga. Selain berjalan-jalan menyusuri koleksi patung di Rumah Budaya Omah Petroek, Anda juga bisa mengabadikan momen seru bersama teman-teman di kawasan wisata bersejarah ini.

Ada banyak tempat unik dan menarik yang bisa dijadikan backdrop fotografi. Selain itu, Anda juga bisa berfoto di sini dengan latar belakang patung yang unik dan menarik. Oleh karena itu, jangan lewatkan kesempatan menarik saat Anda berada di kawasan Joglo House. Nikmati berbagai momen dan peluang yang muncul saat Anda berkunjung ke Petroek House.

2. Saksikan pertunjukan di Rumah Budaya Omah Petroek

Jika Anda memutuskan untuk mengunjungi kawasan wisata bersejarah ini, yang menarik adalah acara atau pertunjukan budaya khas Indonesia sering diadakan di sana. Jika Anda ingin melihatnya, Anda bisa mengetahui lebih lanjut dari pihak pengelola. Pertunjukan ini tidak berlangsung setiap hari dan Anda harus selalu mengikuti perkembangan aktivitas yang dilakukan di area ini.

Berbagai jenis acara yang biasa diadakan di Rumah Budaya Omah Petroek antara lain Wayang, Asia Tri dan Gamelan. Kegiatan tersebut biasanya dilakukan pada hari-hari tertentu. Pastikan Anda datang di waktu yang tepat untuk melihat pertunjukan budaya di tempat wisata ini. Pertunjukan ini gratis untuk ditonton dan dinikmati.

3. Menikmati keindahan lingkungan sekitar dan karya seni

Aktivitas lain yang bisa Anda lakukan di kawasan ini adalah mengagumi dan menikmati keindahan lingkungan sekitar. Meski dikenal sebagai kawasan wisata sejarah, namun tempat ini tetap terlihat sangat bersih dan nyaman. Kawasan yang ditumbuhi pepohonan hijau ini sangat sejuk dan menenangkan serta cocok dijadikan tempat bersenang-senang.

Selain menikmati suasana sekitar sambil duduk bersantai, Anda juga bisa berkeliling ke seluruh area Rumah Budaya dan masuk ke Rumah Joglo untuk melihat berbagai koleksi patung yang ada di dalamnya. Jika ingin memasuki kawasan ini Anda akan disambut oleh 2 buah patung pria yang hanya mengenakan kaos oblong. Patung ini selalu menarik perhatian setiap pengunjungnya.

Pasalnya, patung peninggalan ini memperlihatkan bagian pusar dan alat kelamin. Lalu setelah kamu masuk ke dalam rumah, patung berikutnya yang bisa kamu temukan adalah patung wanita berbaring dan setengah telanjang. Selain itu, patung serupa juga bisa Anda temukan di bagian belakang rumah Petroek ini.

Bedanya, patung di belakang Rumah Joglo tampak ke atas dengan jumlah buah dada yang banyak. Keunikan setiap patung yang ada disini pastinya mempunyai cerita unik dan menarik yang wajib anda ketahui.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Rumah Budaya Omah PetroekFoto oleh Jefri Tampubolon di Google Maps

Meski kawasan ini dikenal sebagai kawasan bersejarah, namun Anda tetap berpeluang menemukan fasilitas memadai. Fasilitas pertama yang bisa ditemukan antara lain rumah joglo dan juga rumah panggung untuk tempat tinggal. Dengan lahan yang luas dan dilengkapi akomodasi, arena ini sangat cocok untuk kegiatan outbond, kumpul-kumpul dan lain-lain.

Pengunjung tidak perlu khawatir dengan tempat parkir karena sudah disediakan khusus oleh pihak pemerintah. Mobil dan sepeda motor bisa parkir dengan aman dan nyaman di sini. Selain itu, pengunjung juga akan menemukan toilet yang bersih dan nyaman. Jika merasa lapar, terdapat deretan warung yang menawarkan hidangan lezat dan lezat.

Agar bisa membawa pulang oleh-oleh untuk keluarga, pihak pengelola Rumah Budaya Omah Petroek juga menyediakan stand merchandise. Di kawasan wisata bersejarah ini, pengunjung akan menemukan semua yang mereka butuhkan. Oleh karena itu, tidak ada alasan bagi Anda untuk menolak mengunjungi pusat kebudayaan ini dan tidak mengunjunginya.

Memilih mengunjungi kawasan wisata sejarah tentu tidak salah. Pilihan ini sangat tepat karena memberikan Anda informasi dan wawasan yang lebih komprehensif. Meski berjuluk “Rumah Budaya Omah Petroek”, Anda tetap bisa menikmati aktivitas modern seperti permainan outbond dll. Datang dan kunjungi rumah budaya Petroek ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button