Tempat Wisata

Danau Kaco: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Taman Nasional Kerinci Seblat menyembunyikan beragam keindahan alam yang mampu menghipnotis jutaan mata. Tak heran jika kawasan ini kerap menjadi tujuan wisata baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Di kawasan ini juga terdapat beberapa danau yang indah dan mempesona, salah satunya adalah Danau Kaco.

Ini adalah salah satu dari lima danau yang ada di desa Lempur. Tempat wisata ini mempunyai daya tarik dan keunikan tersendiri. Perairan danau yang jernih dan biru memancarkan cahaya yang berkilauan, bagaikan berlian di tengah hutan belantara. Danau ini semakin mempesona karena alam di sekitarnya masih asri dan terawat.

Danau Kaco

Secara geografis Danau Kaco terletak di Desa Lempur, Kecamatan Gunung Raya, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Desa Lempur terletak sekitar 40 kilometer dari kota Sungai Banyak. Perjalanan menuju desa Lempur memakan waktu sekitar 40 menit hingga satu jam. Ada angkutan umum yang bisa digunakan, namun wisatawan juga bisa menggunakan kendaraan pribadi baik sepeda motor maupun mobil.

Setelah sampai di desa Lempur, perjalanan menuju danau harus dilanjutkan dengan trekking sekitar tiga jam. Wisatawan harus berjalan kaki melewati hutan lebat yang masih lestari untuk sampai ke danau. Berbagai kendala seperti melintasi sungai dan medan terjal juga menjadi tantangan yang harus diatasi. Perjalanan ini sangat cocok bagi wisatawan yang menyukai petualangan alam liar.

Pesona Danau Kaco

Sepanjang perjalanan wisatawan akan disambut dengan berbagai fenomena alam seperti kicauan merdu burung-burung liar. Tak jarang terdengar suara-suara serangga yang setia menemani para pelancong dalam perjalanannya. Hutannya masih asri dan hijaunya pepohonan yang memanjakan mata, selain itu anda juga bisa merasakan sejuknya udara dataran tinggi.

Danau Kaco terletak di kawasan dataran tinggi pada ketinggian 1.289 meter di atas permukaan laut. Berbeda dengan danau lain di Kerinci, danau ini relatif lebih kecil. Luasnya hanya sekitar 90 meter persegi dan kedalamannya belum bisa diukur. Penelitian pun dilakukan di danau ini, namun anehnya para penyelam selalu kehabisan oksigen sebelum mencapai dasar danau.

Danau Kaco

Pesona telaga seketika menghilangkan kepenatan wisatawan setelah perjalanan yang melelahkan. Luasnya air danau yang biru serta kejernihan airnya menjadi fenomena unik di tengah lebatnya hutan Taman Nasional Kerinci Seblat. Airnya sangat jernih sehingga Anda dapat melihat dengan jelas kumpulan ikan yang berenang bebas dari permukaan.

Dalam bahasa Indonesia, Kaco sendiri bisa diartikan sebagai kaca. Seperti namanya, jernihnya air di telaga ini bagaikan kaca yang mampu memantulkan cahaya. Tak hanya di siang hari, saat malam tiba, keindahan telaga semakin terpancar pesonanya. Danau ini mampu memantulkan cahaya bagaikan mutiara yang berkilauan.

Meski bulan purnama, cahaya yang dipancarkannya tetap lebih terang. Wisatawan yang berkemah di sekitar danau tidak lagi membutuhkan penerangan karena cahaya yang dipancarkan danau ini. Penyebab munculnya cahaya terang dari danau ini masih menjadi misteri yang belum terpecahkan.

Penduduk setempat percaya bahwa masih ada harta karun berlian di dasar Danau Kaco. Sebenarnya ada legenda yang mengelilingi danau ini selama beberapa generasi. Konon dahulu kala hiduplah seorang putri, putri Raja Gagak. Putri Raja Gagak begitu terkenal karena kecantikannya sehingga banyak pemuda yang ingin meminangnya.

Para pemuda itu pun memberi Raja Gagak satu set batu permata untuk dilamar putrinya. Raja sangat bingung sehingga tidak ada satu pun pemuda yang terpilih menjadi suami sang putri. Sayangnya, Raja Gagak menajiskan anaknya sendiri dan melemparkannya ke danau bersama seikat permata.

Para tetua desa juga percaya bahwa kilauan cahaya yang berasal dari danau berasal dari batu-batu berharga tersebut. Faktanya, ada mitos yang mengatakan bahwa hantu sang putri masih berkeliaran di sekitar danau dan ingin membalas dendam. Terlepas dari segala cerita misterius yang melingkupinya, keindahan danau ini tetap tidak boleh dilewatkan.

Fasilitas di Danau Kaco

Terletak di tengah hutan Kerinci yang masih asri, fasilitas di tempat wisata ini bisa dibilang minim. Fasilitas seperti toilet, ruang ganti atau musala untuk kebaktian gereja belum dibangun di sekitar lokasi danau. Akses menuju danau ini cukup menantang dan belum ada pekerjaan pembangunan jalan yang dilakukan.

Jika wisatawan membawa kendaraan, maka dapat menitipkan kendaraannya di Desa Lempur. Yang pasti juga tidak ada pedagang atau warung makan di sekitar danau. Oleh karena itu sebaiknya persiapkan perbekalan yang cukup sebelum mengunjungi danau. Desa Lempur juga menawarkan paket ekspedisi ke lima danau lengkap dengan pemandu.

Baca juga:

Jika pengunjung ingin bermalam, dapat kembali ke Desa Lempur yang terdapat beberapa homestay untuk bermalam. Berwisata ke Danau Kaco merupakan pengalaman menarik yang bisa mengisi akhir pekan atau liburan Anda. Berikut beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan di danau eksotis ini.

Menikmati keindahan danau

Meski harus menempuh perjalanan jauh dan melelahkan, keindahan telaga ini sungguh layak untuk dikunjungi. Jernihnya air danau dengan warna biru cerahnya akan membuat Anda senang. Di danau ini Anda bisa berenang sepuasnya dengan gerombolan ikan yang selalu setia menemani Anda.

Air di telaga ini sangat segar dan dingin, rasa penat karena perjalanan jauh serasa hilang seketika saat anda membenamkan diri di telaga. Suasana danau yang tenang dipadukan dengan alam yang lestari menjadikan danau ini tempat yang cocok untuk bersantai. Anda bisa sejenak melupakan segala aktivitas sehari-hari dan menyelami indahnya alam Kerinci.

berkemah

Kurang lengkap rasanya jika tidak bermalam di sekitar Danau Kaco. Saat malam tiba, danau ini semakin indah karena gemerlap cahaya yang dipancarkannya. Anda tidak lagi membutuhkan penerangan karena cahaya dari danau ini sudah cukup menerangi keindahan malam.

Sembari menikmati keindahan danau, Anda bisa membuat api unggun dan berbagi cerita dengan teman-teman. Secangkir kopi atau teh hangat dapat dengan mudah meredakan rasa dingin yang menyerang tubuh. Jika anda berkemah di telaga ini anda akan mendapatkan pengalaman menarik dan menjadi momen yang tidak akan pernah anda lupakan seumur hidup.

Perburuan Foto

Banyak juga wisatawan yang mengunjungi danau tersebut hanya untuk mengabadikan keindahan danau ini. Faktanya, Danau Kaco menawarkan pemandangan yang menakjubkan dan sayang sekali jika tidak mengabadikannya dalam foto. Anda bisa berkeliling danau dan mencari lokasi foto terbaik agar hasilnya maksimal.

Anda juga bisa mengabadikan momen tersebut dengan berfoto di danau eksotis ini. Dengan gaya dan sudut yang berbeda-beda, Anda bisa menggunakan birunya air danau sebagai latar belakang. Jika Anda memiliki kamera tahan air, Anda juga bisa berfoto selfie dengan ikan-ikan yang hidup di danau. Danau ini juga bisa menjadi pilihan untuk pemotretan pre-wedding.

Baca juga:

Biaya masuk ke Danau Kaco

  • Biaya masuk: Rp 15.000/orang
  • Harga tiket internasional: Rp 150.000/orang

Biaya masuk ke destinasi wisata ini dapat berubah sewaktu-waktu. (Pembaruan September 2023)

Jam buka di Danau Kaco

Peta lokasi Danau Kaco

Tips berwisata ke Danau Kaco

  • Datanglah ke telaga ini saat cuaca sedang tidak hujan karena saat hujan medan lebih sulit dilalui.
  • Saat bepergian, sebaiknya kenakan sepatu yang nyaman dan celana panjang.
  • Bawalah makanan dan minuman untuk kebutuhan Anda selama perjalanan dan di danau.
  • Jika Anda belum pernah mengunjungi danau ini sebelumnya, Anda bisa menggunakan jasa pemandu lokal.
  • Ada banyak komunitas pecinta alam di Kerinci, Anda bisa pergi ke danau bersama.
  • Jaga sopan santun dan perilaku yang baik di danau.
  • Berkontribusi menjaga lingkungan dan tidak merusak keindahannya.
  • Yang terbaik adalah mengambil kembali sampah plastik yang Anda bawa dan tidak mencemari danau.

Galeri Foto Danau Kaco

Selamat datang di Danau Kaco
Potret Danau Kaco
Nikmati keindahan Danau Kaco

Potret keindahan Danau Kaco dengan airnya yang jernih dan biru

Potret pengunjung
Berenang di Danau Kaco
Potret turis asing di Danau Kaco

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button