Tempat Wisata

16 Tempat Wisata di Banjarnegara Terbaru dan Terpopuler

Banjarnegara merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang terkenal dengan minuman khasnya yaitu Dawet Ayu. Banjarnegara terkenal tidak hanya dengan Ayu Dawetnya, tapi juga dengan bahasa daerahnya, Ngapak.

Setiap kabupaten di Jawa Tengah mempunyai keunikannya masing-masing, tak terkecuali Banjarnegara. Kabupaten yang mempunyai luas lebih dari 1000 kilometer persegi ini juga memiliki beragam tempat wisata unik yang bisa Anda kunjungi.

Di Banjarnegara anda bisa menemukan wisata alam, wisata budaya, wisata edukasi dan jenis tempat wisata lainnya. Di bawah ini ada 16 tempat wisata di Banjarnegara yang bisa Anda jadikan referensi saat berlibur ke sana.

1. Kawah Candradimuka

Kawah CandradimukaFoto oleh Muhammad Rosyid di Google Maps

Tempat wisata pertama yang bisa Anda kunjungi adalah Kawah Candradimuka di Kabupaten Batur. Konon tokoh wayang Gatot Kaca pertama kali memperoleh kesaktian di kawah ini.

Di sini Anda akan menemukan pemandangan alam menakjubkan yang masih asri dan alami. Kawah ini terbuka untuk umum 24 jam sehari dan tiket masuk yang harus Anda bayar tidak terlalu mahal.

Harga tiket: Rp5.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Sidomulyo, Kecamatan Pekasiran. Batur, Kab.Banjarnegara, Jawa Tengah.

2. Gunung Lanang

Gunung LanangFoto oleh David Ardiansyah di Google Maps

Jika Anda pecinta wisata alam pegunungan, Gunung Lanang bisa menjadi salah satu tempat yang bisa dikunjungi di Banjarnegara. Gunung Lanang yang terletak di Kecamatan Bawang ini masih menyimpan banyak hal mistis.

Jika ke sana mungkin Anda akan bertemu dengan orang-orang yang ingin memberikan persembahan atau sekadar bermeditasi untuk mencari ilmu. Anda bisa mengunjungi tempat wisata ini mulai pukul 08.00 hingga 17.00.

Harga tiket: Rp5.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: J L. Wiradrana, Wiradrana, Majalengka, Kab. Bawang, Kab.Banjarnegara, Jawa Tengah.

3. Taman Surya Yudha

Taman Surya YudhaFoto oleh Najihullah di Google Maps

Jika ingin bermain air saat berlibur, kunjungilah Taman Surya Yudha di Kecamatan Madukara. Di sini Anda akan menemukan tempat tamasya, arena olah raga, arung jeram dan juga akomodasi.

Anda juga akan disuguhi replika monumen terkenal dari negara lain seperti Singapura dengan Patung Merolin dan juga Patung Liberty di Amerika Serikat. Tur ini luar biasa direkomendasikan untuk anda berlibur bersama keluarga.

Harga tiket: Rp 25.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: J L. Raya Rejasa No.KM.1, Rejasa, Kec. Madukara, Kab.Banjarnegara, Jawa Tengah.

4. Waduk Mrica

Waduk MricaFoto oleh Edu Kreator di Google Maps

Waduk Mrica di Distrik Wanadadi merupakan salah satu waduk buatan terbesar di Asia Tenggara. Meski terlihat sedimentasi di beberapa kawasan, Waduk Mrica tetap terlihat asri.

Di waduk ini Anda bisa menikmati keindahan alam sambil duduk-duduk bersantai di sekitar waduk. Atau jika mau, Anda juga bisa mengambil foto disana pada sore hari dengan panorama waduk yang sangat indah.

Harga tiket: Rp2.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Dusun Satu Kecamatan Karangjambe. Wanadadi, Kab.Banjarnegara, Jawa Tengah.

5. Tampo Mas

Tampo MasFoto Shohih Sula 2 di Google Maps

Wisata selanjutnya Tampo Mas, sisa pekerjaan pembangunan Waduk Mrica. Meski masih bisa melihat sisa-sisa lokasi penambangan yang terbengkalai, Tampo Mas terlihat cantik dan eksotis.

Pada bagian tepinya tampak menanjak, sedangkan di tengahnya terdapat kolam air berwarna hijau yang serasi dengan tanaman di sekitarnya. Karena keindahannya, tempat ini sering dijadikan sebagai spot fotografi.

Harga tiket: Rp3.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: J L. Raya Brengkok – Banjarnegara No. 7, Binangun, Parakancanggah, Kec. Banjarnegara, Kab.Banjarnegara, Jawa Tengah.

6. Anglir Berawan

Angin mendungFoto oleh Pratama Widodo di Google Maps

Wisata alam ini akan Anda temukan di tengah hutan lindung di Karangkobar. Wisata yang sejuk dan indah ini juga sangat keren direkomendasikan bagi anda yang sedang berlibur ke Banjarnegara bersama keluarga.

Dan jika beruntung, Anda bisa menikmati pertunjukan tari tradisional daerah. Seperti namanya, di sini Anda bisa merasakan angin kencang dan langit tertutup awan hitam.

Harga tiket: Rp5.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: J L. Raya, Kasimpar, Paweden, Kecamatan. Karangkobar, Kab.Banjarnegara, Jawa Tengah.

7. Air Terjun Sikopel

Air Terjun SikopelFoto oleh Pratama Widodo di Google Maps

Air Terjun Sikopel merupakan salah satu dari sekian banyak tempat wisata yang menyimpan berbagai mitos seputarnya. Ada mitos yang ada di air terjun ini yaitu siapapun yang mandi di air terjun atau curug ini akan awet muda.

Mitos ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang penasaran dengan kebenaran mitos tersebut. Selain mitos yang menarik pengunjung, keindahan alam yang ditawarkan Curug Sikopel juga tak kalah menarik.

Harga tiket: Rp2.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Babadan, Kec. Pagentan, Kab.Banjarnegara, Jawa Tengah.

8. Wadas Tumpang

Wadas tumpang tindihFoto oleh Xposh Banjarnegara Official (Andelaice) di Google Maps

Jika bosan dengan wisata alam di Banjarnegara, Anda bisa menikmati wisata budaya yang tak kalah bagusnya. Wadas Tumpang merupakan tempat yang masih kaya dan penuh dengan berbagai ritual budaya tradisional.

Tempat ini dikenal sebagai tempat pertapaan masyarakat Banjarnegara dan sekitarnya, terbukti dari sesaji yang dilakukan di sana. Di sini pengunjung dapat mengamati kandang harimau alami dan monyet putih yang bermain-main.

Harga tiket: Rp5.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Majalgu, Kabupaten Majalengka. Bawang, Kab.Banjarnegara, Jawa Tengah.

9. Air Terjun Mrawu

Air Terjun MrawuFoto oleh Abdul Nadjib di Google Maps

Ada banyak air terjun dan objek wisata air terjun di Banjarnegara, selain air terjun Sikopel juga ada air terjun Mrawu. Air Terjun Mrawu sangat cocok bagi anda yang menyukainya penganiayaan untuk menuju tempat wisata.

Saat Anda melakukan perjalanan menuju Curug Mrawu, Anda akan disuguhi pemandangan persawahan dan hutan yang indah di sepanjang perjalanan. Jadi meski jaraknya cukup jauh, Anda tidak akan lelah berwisata ke Curug Mrawu.

Harga tiket: Rp5.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: J L. Tieng, Dusun Grogol, Kecamatan Tieng. Batur, Kab.Banjarnegara, Jawa Tengah.

10. Kawah Sikidang

Kawah SikidangFoto oleh Ns Music di Google Maps

Kawah Sikidang merupakan salah satu tempat wisata di Dieng yang masih eksis dalam wilayah administratif Kabupaten Banjarnegar. Kawah Sikidang wajib Anda kunjungi karena letaknya yang datar dan sangat mudah dijangkau.

Di Kawah Sikidang Anda bisa merasakan langsung aktivitas gunung berapi. Jika anda ingin mengambil foto dengan hasil yang maksimal, anda bisa menyewa fotografer disana, anda juga bisa mengambil foto dengan burung hantu.

Harga tiket: Rp10.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Akan Buntu, Kecamatan Dieng Kulon. Batur, Kab.Banjarnegara, Jawa Tengah.

11. Air Mancur Jalatunda

Air Mancur JalatundaFoto oleh Earth Tree di Google Maps

Air Mancur Jalatunda menawarkan pesona sumur tua yang sangat lebar, diameter 90 meter dan kedalaman sekitar 150 meter. Dikatakan bahwa ini terbentuk dengan sendirinya.

Sumur di Kabupaten Batur ini tidak bisa digunakan untuk mandi atau berenang karena sangat dalam. Wisatawan yang ingin ke sana bisa datang kapan saja karena tempat ini buka setiap hari.

Harga tiket: Rp5.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Sidomulyo, Kecamatan Pekasiran. Batur, Kab.Banjarnegara, Jawa Tengah.

12. Taman Serulingmas

Taman SerulingmasFoto oleh Melodyana Boice di Google Maps

Terletak di Kabupaten Banjarnegara, taman ini selalu ramai pengunjung baik di hari biasa maupun hari libur. Wisata di Taman Serulingmas menawarkan keindahan yang menarik bagi pengunjung.

Wisata di Taman Serulingmas ini mempunyai area yang sangat luas sehingga cocok bagi anda yang ingin berlibur bersama keluarga. Di sana Anda juga bisa berfoto dengan hewan-hewan jinak.

Harga tiket: Rp 20.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Kutabanjarnegara, Kec. Banjarnegara, Kab.Banjarnegara, Jawa Tengah.

13. Arung Jeram di Sungai Serayu

Arung Jeram di Sungai SerayuFoto oleh Arung Jeram Serayu di Google Maps

Wisata Arung Jeram Serayu di Banjarnegara mempunyai keindahan yang tiada duanya. Jika Anda menyukai wisata air dan tantangan yang memacu adrenalin, Anda patut mencoba wisata ini.

Di sana Anda akan banyak menjumpai warga sekitar yang dengan senang hati akan membantu Anda jika membutuhkan bantuan. Anda bisa menikmati liburan di Sungai Serayu Rafting bersama teman, saudara dan keluarga anda.

Harga tiket: Rp 185.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: J L. Banjarnegara Km 15 Desa Randegan, Kecamatan. Banjarnegara, Kab.Banjarnegara, Jawa Tengah.

14. Taman Air Sumber Air Panas D’Qiano

Taman Air Sumber Air Panas D'QianoFoto oleh Cezz BuLL di Google Maps

Ingin menikmati liburan dan memanjakan tubuh dengan mandi air hangat? Jika ya, maka Anda harus mencoba salah satu tempat wisata di Banjarnegara yaitu D’Qiano Hot Spring Waterpark.

Terdapat dua kolam di sini dengan suhu berbeda, Anda bisa memilih di mana ingin berenang. Selepas berendam, Anda bisa menikmati makanan atau bermalam di salah satu penginapan terdekat.

Harga tiket: Rp 20.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Krajan, Kepakisan, Kab. Batur, Kab.Banjarnegara, Jawa Tengah.

15. Museum Kailasa Dieng

Museum Kailasa DiengFoto oleh Masyo Nub di Google Maps

Museum ini dibuka di Banjarnegara pada tahun 2008. Banyak koleksi benda-benda bersejarah serta peninggalan sejarah seperti artefak dan arkeologi di museum ini.

Di museum yang berada di Kabupaten Batur ini Anda juga dapat menemukan informasi tentang berbagai jenis flora dan fauna. Jika Anda ingin masuk ke museum, Anda bisa datang antara jam 8 pagi hingga 4 sore.

Harga tiket: Rp5.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Karangsari, Kecamatan Dieng Kulon. Batur, Kab.Banjarnegara, Jawa Tengah.

16. Danau Dringo

Danau DringoFoto oleh Qian Renxue di Google Maps

Danau Dringo juga terletak di kabupaten Batur. Untuk mencapainya Anda harus berjalan kaki sekitar 20 menit. Keindahan telaga ini pun menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan dari mancanegara.

Danau Dringo terbuka untuk umum 24 jam dan jika ingin berkunjung sebaiknya datang pada pagi hari. Karena selain itu penganiayaan Suasana pagi hari menjadi jauh lebih sejuk dan segar selama beberapa waktu sekarang. Namun terkadang danau ini ditutup sementara.

Harga tiket: Rp5.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Sidomulyo, Kecamatan Pekasiran. Batur, Kab.Banjarnegara, Jawa Tengah.

Nah itulah daftar tempat wisata di Banjarnegara yang bisa Anda tambahkan ke dalam rencana liburan Anda. Anda hanya perlu memilih tempat yang cocok dan mengatur waktu berkunjung. Jangan lupa ajak keluarga dan temanmu agar liburanmu semakin menyenangkan. Liburan yang menyenangkan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button