Tempat Wisata

6 wisata pantai terpopuler di Kendal

Apakah Anda ingin berlibur ke Kendal? Simak daftar wisata pantainya Populer di Kendal, Jawa Tengah. Tempat wisata bahari terindahEksotik Dan Tren menarik untuk dijelajahi pada hari libur dan akhir pekan.

Kendal adalah sebuah kota di Jawa Tengah yang terletak di dekat ibu kota provinsi, Semarang. Meski tak sepopuler Semarang, Kendal punya sejuta tempat wisata penuh pesona yang sayang untuk dilewatkan.

Ada banyak destinasi wisata menarik yang patut dikunjungi saat berkunjung ke Kendal. Keindahan alam yang masih alami menjadi daya tarik setiap objek wisata di kawasan ini. Selain itu, tempatnya yang tidak seramai kota-kota tetangga menjadikan Kendal sebagai destinasi yang tepat untuk berlibur.

Liburan ke Kendal belum lengkap rasanya tanpa berwisata ke pantai. Kendal bagian utara yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa menjadikan Kendal terkenal dengan wisata pantainya yang beragam. Pantai-pantai indah di Kendal layak untuk dikunjungi jika berkesempatan mampir ke kawasan ini, karena pesona yang ditawarkan akan membuat siapa pun ingin menikmatinya kembali.

1. Pantai Moro

Pantai MoroFoto: Google Maps/As21

Pantai Moro merupakan salah satu objek wisata pantai di Kendal yang cukup populer. Daya tarik pantai ini terletak pada mercusuar yang berdiri tinggi di kawasan pantai. Mercusuar inilah yang ingin dibawa pengunjung ke pantai.

Pengunjung yang datang ke Pantai Moro biasanya naik ke mercusuar untuk menikmati pemandangan laut lepas. Dan salah satu aktivitas yang sayang untuk dilewatkan adalah mengambil foto dari atas dengan latar belakang pantai dan langit yang indah. Dengan ketinggian sekitar 40 meter, setiap pengunjung harus berhati-hati saat masuk karena tidak ada pengamanan yang memadai di sini.

Terletak di Gempolsewu, Rowosari, pantai ini menjadi tempat yang wajib dikunjungi saat berlibur, baik itu akhir pekan maupun libur panjang. Selain mercusuar yang bertengger tinggi di pinggir pantai, udara sejuk dan pasir hitam eksotis menjadi pemandangan yang sayang untuk dilewatkan.

Harga tiket: Rp5.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Gempolsewu, Kec. Rowosari, Kab. Kendal, Jawa Tengah.

2. Pantai yang cerah

Pantai CahayaFoto: Google Maps/W. Ilhamuddin

Pantai populer lainnya di Kendal adalah Pantai Cahaya. Meski tergolong baru, namun pantai ini sudah menarik banyak pengunjung. Selain itu, pantai ini menawarkan banyak fasilitas yang cocok untuk orang dewasa dan anak-anak. Saat Anda memasuki kawasan pantai yang cerah ini Anda akan disambut oleh hamparan pasir luas dan pepohonan hijau di tepi pantai.

Lokasi pantai ini berada di Sendang Sikucing, Rowosari. Pihak pengelola menyediakan berbagai fasilitas untuk memenuhi kebutuhan pengunjung. Fasilitas tersebut antara lain kebun binatang mini, kolam renang, water king, ball pit, kano, kereta mini, pendopo, panggung hiburan, dan balkon. Terdapat juga kamar mandi, loker, dan kamar mandi yang dilengkapi dengan shower bersih.

Yang istimewa dari pantai ini adalah pengunjung bisa melihat lumba-lumba lucu beraksi. Selain itu pengunjung dapat menjalani perawatan dan berenang bersama lumba-lumba. Aktivitas ini patut Anda coba saat berlibur di Pantai Moro karena Anda akan mendapatkan pengalaman baru yang mengesankan.

Usai bermain lumba-lumba dan berbagai aktivitas lainnya, pengunjung dapat bersantai menikmati sepoi-sepoi angin laut sambil menikmati matahari terbenam. Pengelola juga menyediakan balkon dimana pengunjung biasanya bisa menikmati matahari terbenam dari atas sehingga dapat menikmati suasana senja dengan latar belakang Pantai Cahaya.

Harga tiket: Rp40.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Klampok, Kecamatan Sendang Sikucing. Rowosari, Kab. Kendal, Jawa Tengah.

3. Pantai Karang Malang

Pantai Karang MalangFoto: Google Maps/Safuwan Bahari

Objek wisata pantai yang cukup terkenal selanjutnya adalah Pantai Karang Malang. Sesuai dengan namanya, pantai ini memiliki jumbai karang yang mempercantik kawasan pantai. Luasnya perairan laut Pulau Jawa akan membuat pengunjung takjub karena pasir putih dan birunya air laut menciptakan gradasi warna yang eksotik.

Pantai ini terletak di Karangmalang Wetan, Kecamatan Kangkung. Karena suasananya yang indah dan alami, pantai ini sering dijadikan tujuan piknik keluarga. Pantai ini menawarkan pemandangan yang mempesona dan menenangkan karena masih cukup sepi. Oleh karena itu, tempat ini juga cocok untuk menenangkan pikiran dari penatnya kesibukan.

Menariknya, singkong kisik bisa Anda temukan di Pantai Karang Malang. Bagi yang belum tahu, Singkong Kisik merupakan singkong atau singkong yang tumbuh di pasir. Oleh karena itu, rasa singkong busuk ini mempunyai ciri khas yang berbeda dengan singkong varietas lainnya. Ubi kisik banyak ditemui di sepanjang pantai indah ini.

Selain itu, tenangnya ombak di tempat ini mengundang Anda untuk menikmati matahari terbenam. Panorama matahari terbenam diiringi deburan ombak pantai karang Malang semakin pas jika ditemani olahan kasik singkong.

Harga tiket: Rp5.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Karangmalang Wetan, Kecamatan. Kangkung, Kab. Kendal, Jawa Tengah.

4. Pantai Ngebum

Pantai Ngebum KendalFoto: Google Maps/Wisnu Adji

Pantai Ngebum menjadi destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi. Pantai ini menjadi titik paling menarik untuk menikmati matahari terbenam saat senja. Dari pantai ini Anda bisa melihat matahari terbenam dengan jelas, apalagi saat langit sedang mendung. Oleh karena itu, tidak heran jika pantai ini menjadi tempat yang digemari pengunjung.

Pantai ini mempunyai garis pantai yang cukup panjang dan lebar. Pasirnya yang berwarna coklat yang cukup bersih mengundang pengunjung untuk bersantai sambil bermain pasir. Ombaknya cukup tenang dan air lautnya jernih, sehingga anak-anak bisa bermain dengan aman di tepian pantai.

Pengelola menyediakan fasilitas untuk menunjang aktivitas pengunjung. Beberapa di antaranya adalah payung pantai, pendopo, musala, toilet, dan tempat parkir yang cukup luas.

Fasilitas menarik lainnya adalah banyak tersedia jasa penyewaan ban di pantai ini. Pengunjung bisa menyewa ban tersebut dan berenang di pinggir pantai. Namun tidak disarankan berenang ke tengah pantai karena takut terbawa ombak.

Selain fasilitasnya yang cukup lengkap, pantai yang terletak di Mororejo, Kecamatan Kaliwungu ini, juga populer dengan tarif masuknya yang hanya Rp 5.000 saja. Jadi tidak ada salahnya menjadikan Pantai Ngebum sebagai tujuan liburan Anda saat datang ke Kendal.

Harga tiket: Rp5.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Pantai J L. Ngebum Kecamatan Mororejo. Kaliwungu, Kab. Kendal, Jawa Tengah.

5. Pantai Kemangi yang Indah

Pantai Kemangi yang indahFoto: Google Maps/Ivan Wachowski

Pernahkah Anda mengunjungi pantai dengan pohon pinus di tepi pantainya? Jika belum, cobalah mengunjungi Pantai Kemangi yang indah. Pantai yang terletak di Jungsemi Kecamatan Kangkung ini memiliki konsep yang unik dan berbeda dengan pantai lainnya.

Objek wisata ini mengusung konsep pantai dengan pohon pinus dan ketapang yang ditanam di tepiannya. Kehadiran pepohonan di pinggir pantai selalu membuat suasana menjadi sejuk dan membuat pengunjung merasa nyaman selama berlama-lama berada di tempat ini.

Alasan hadirnya pohon pinus dan ketapang di pantai ini adalah untuk mencegah abrasi yang kerap melanda lahan pertanian warga sekitar. Oleh karena itu, pemerintah dan warga setempat bergotong royong menanam pohon dan kolam ikan di sekitar pantai untuk menarik pengunjung. Di tempat ini pengunjung juga bisa memancing dan menikmati ikan hasil tangkapan.

Pantai ini tidak sepi pengunjung karena terletak di kawasan strategis yaitu kawasan Pantura (Pantai Utara) yang sering dilalui pengendara. Selain itu pantai ini mempunyai banyak fasilitas seperti kolam renang, pendopo dan tempat parkir yang cukup luas.

Menyaksikan matahari terbenam di pantai ini sangat direkomendasikan. Pengunjung bisa menikmati tenangnya perairan Pantai Indah Kemangi sambil menyaksikan langit jingga di Kendal. Dan aktivitas lain yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke pantai ini adalah berfoto di tempat-tempat menarik untuk dijadikan oleh-oleh atau diunggah ke media sosial.

Harga tiket: -; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Jungesemi, distrik. Kangkung, Kab. Kendal, Jawa Tengah.

6. Pantai Tiban Kartika Jaya

Pantai Tiban Kartika JayaFoto: Google Maps/Khoirul Anwar

Pantai lain di Kendal yang menarik untuk dikunjungi adalah Pantai Tiban. Pantai Tiban lebih dikenal dengan nama Pulau Tiban. Awalnya pantai ini sama saja dengan pantai-pantai lainnya, namun karena rusak terus menerus maka timbullah daratan. Kawasan pantai yang panjang ini terhubung dengan dermaga sehingga terlihat seperti semenanjung.

Pesona Pantai Tiban terletak pada hutan bakau yang ada di tepi pantai. Namun bukan hanya itu saja, pepohonan pinus yang berjejer di sisi kanan dan kiri pantai serta tanaman bakau yang ditanam di tepian pantai menambah kesejukan suasana tempat ini. Oleh karena itu, tak heran jika pantai ini menjadi favorit warga Kendal.

Pantai di Patebon kabupaten Kendal ini cukup panjang dan lebar sehingga Anda bisa melihat dengan jelas indahnya hamparan pantai ini. Selain itu, terdapat tempat-tempat menarik untuk fotografi di tempat ini.

Meski terbilang baru, namun pantai ini sudah memiliki fasilitas yang cukup memadai. Fasilitas yang tersedia antara lain speedboat untuk mencapai Pulau Tiban, pendopo, musala, toilet dan beberapa tempat duduk yang tersebar di sepanjang bibir pantai. Selain itu juga tersedia camping space yang dapat digunakan jika pengunjung ingin bermalam dan menikmati Pantai Tiban lebih lama.

Bosan bermain-main dan berfoto, pengunjung bisa mengisi perut di warung pinggir Pantai Tiban ini. Kondisi pantai yang belum terlalu ramai namun masih alami membuatnya sangat cocok dijadikan destinasi wisata untuk melepas kepenatan dan berkumpul bersama keluarga.

Harga tiket: Rp15.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Kartika Jaya, Kecamatan. Patebon, Kab. Kendal, Jawa Tengah.

Itulah beberapa rekomendasi wisata pantai populer di Kendal Jawa Tengah. Objek wisata ini bisa Anda jadikan rekomendasi untuk mengunjungi Kendal, baik bersama keluarga maupun kerabat dekat.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button