Tempat Wisata

Air Terjun Resun: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan tempat

Air Terjun Resun merupakan salah satu tempat wisata di Kabupaten Lingga Kepulauan Riau. Lebih tepatnya terletak di Desa Resun. Tempat wisata ini merupakan alternatif wisata alam selain pantai dan pegunungan.

Objek wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal, maupun wisatawan luar kota, provinsi bahkan luar negeri. Objek wisata ini lebih cenderung berlangsung pada akhir pekan atau hari libur. Air terjun ini tidak hanya menjadi objek wisata saja, namun juga menjadi sumber air yang selalu diandalkan oleh warga Desa Resun Buata Lingga.

Pesona Air Terjun Resun

Air Terjun Resun punya keindahan panorama yang menakjubkan. Selain suasananya yang segar dan asri, Anda juga akan dimanjakan dengan kesegaran airnya yang jernih. Sehingga menggugah minat Anda untuk mandi di air terjun ini.

Pemandangan di sekitar air terjun sangat indah, dikelilingi pepohonan rindang. Selain itu, Air Terjun Resun memiliki beberapa tingkat air terjun yang membuat kunjungan semakin menarik. Tingkat yang paling banyak pengunjungnya adalah tingkat air terjun keempat.

Air yang mengalir tidak terlalu tinggi, namun terdapat anjungan yang mencegah air jatuh langsung ke dasar air terjun. Pengunjung bisa mandi di segarnya air Pegunungan Dait. Mandi dan melompat dari bebatuan di sekitar air terjun merupakan sensasi yang sangat digemari pengunjung untuk menikmati kesegarannya.

Sejarah Air Terjun Resun

Air Terjun Resun mempunyai budaya yang unik yaitu ritual mandi Syafar. Saat syafaat, penduduk setempat berbondong-bondong mandi di air terjun ini. Melakukan ritual ini diyakini dapat melindungi seseorang dari berbagai bahaya yang akan datang. Tradisi ritual ini sudah dipercaya sejak zaman Sultan Lingga Riau dan Sultan Abdurrahman Muazamsyah.

Ritual mandi Shafar ini masih berlanjut hingga saat ini. Mandi ruhani merupakan suatu kegiatan yang didalamnya terdapat hikmah yang harus dimiliki oleh seseorang, hendaknya bercermin pada diri sendiri dan mengingat kesalahannya, berharap kepada Allah SWT agar dijauhkan dari segala marabahaya, dan selalu berharap ampunan dari Allah. Ritual mandi Shafar ini merupakan tradisi Islam yang terus dilakukan secara terus menerus.

Baca Juga: Air Terjun Makunggal, Keindahan Air Terjun Eksotis yang Mempesona di Kabupaten Lingga

Fasilitas Air Terjun Resun

Di dalam Air Terjun Resun Di kaki air terjun terdapat kolam yang terbentuk dari cekungan. Kolam yang berbentuk kolam mini ini bisa dimanfaatkan pengunjung untuk berenang menikmati kesegaran air pegunungan yang jernih. Tersedia juga tempat parkir dan beberapa toilet di sana.

Berburu foto di tur ini

Saat traveling, tak lengkap rasanya tanpa berburu foto. Anda bisa mengambil foto di berbagai titik di sekitar air terjun. Ada banyak tempat indah yang bisa Anda foto. Anda bisa berfoto di depan air terjun atau di sekitar air terjun yang berada di bawah rindangnya pepohonan. Anda juga bisa berfoto di dalam air karena air terjun ini masih sangat jernih.

Tips berwisata ke Air Terjun Resun

Pada kunjungan tersebut Air Terjun Resun Pada titik ini, Anda harus memikirkan jalur transportasi yang akan membawa Anda ke air terjun. Pasalnya belum ada angkutan umum dari Pelabuhan Pancur yang bisa mengantarkan Anda menuju Air Terjun Resun.

Selain itu, jangan lupa untuk membawa perbekalan yang dapat anda gunakan selama mengunjungi objek wisata tersebut. Misalnya saja makanan atau baju ganti bagi kamu yang ingin berenang. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen bahagia Anda di air terjun.

Akses menuju Air Terjun Resun

Untuk menuju Air Terjun Resun, pengunjung perlu menaiki perahu dari Tanjung Pinang menuju Pelabuhan Pancur di Kecamatan Lingga. Anda selanjutnya dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan sepeda motor selama kurang lebih 30 menit, atau alternatifnya menggunakan speedboat selama kurang lebih 20 menit.

Jika memilih menggunakan speedboat, Anda akan disuguhi pemandangan hutan bakau selama perjalanan. Tidak tersedia angkutan umum dari Pelabuhan Pancur menuju Air Terjun Resun. Namun Anda bisa menggunakan jasa ojek, speedboat atau bahkan menyewa mobil atau sepeda motor.

Jam buka Air Terjun Resun dan biaya masuk

Air Terjun Resun bisa Anda kunjungi dari pagi hingga sore hari, khusus buka dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore. Sedangkan biaya masuk yang harus dibayar pengunjung untuk menikmati keindahan air terjun hanya Rp 5.000/orang.

peta

Menarik bukan? Air Terjun Resun Ini bisa menjadi alternatif tempat wisata yang wajib Anda kunjungi saat berada di Kepulauan Riau. Demikian gambaran singkat tentang Air Terjun Resun. Semoga artikel ini dapat memperkaya destinasi wisata Kepri Anda.

Galeri foto Air Terjun Resun

Potret Air Terjun Resun
Mandi di bawah air terjun
Keajaiban air terjun Long Resun
Bermain di bawah air terjun
Tempat bersantai di sebelah air terjun
Spot foto di bawah air terjun
Menikmati keindahan Air Terjun Resun

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button