Tempat Wisata

Meriam Sumbing: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan lokasi

Lokasi tempat wisata meriam fisi Letaknya tidak jauh dari pintu masuk Pulau Mepar. Jadi setelah sampai di pulau ini, pada jarak sekitar 20 meter Anda akan menemukan Benteng Lekok yang berhadapan langsung dengan Tanjung Buton. Benteng ini dilengkapi dengan 7 buah meriam. Beberapa meter jauhnya Anda akan menemukan meriam fisi yang melegenda di masyarakat.

Meriam ini dikumpulkan dengan meriam lain yang sebelumnya tersebar. Namun kini sudah ditata dan bisa menjadi objek wisata sejarah. Meriam ini merupakan benda bersejarah yang menarik bagi para pecinta sejarah. Salah satunya adalah meriam fisi yang panjangnya sekitar 1,5 meter.

Sejarah meriam fisi

Keberadaan Meriam Sumbing di Pulau Maper tentunya tidak lepas dari nilai sejarahnya. Pada zaman dahulu kala, pecah Perang Retih pada tahun 1857. Peperangan tersebut terjadi karena panglima Retih, Raja Long, tidak mengakui Sultan Sulaiman sebagai Sultan Lingga.

Saat itu, kata mereka Meriam chippy belum bisa digunakan untuk bertempur. Namun pada suatu malam terdengar suara berisik dari meriam ini, sehingga pasukan perang dari Lingga sepakat untuk membawa meriam ini untuk berperang. Dan siapa sangka meriam ini memiliki kemampuan yang begitu andal?

Meriam ini terus menerus melontarkan tembakan yang kemudian menyebabkan ujung meriam tersebut patah. Ujung meriam yang patah inilah yang memberi nama Meriam Sumbing pada meriam tersebut. Meski memiliki chip, meriam ini tetap bisa diandalkan dalam peperangan. Selama ini Meriam Sumbing merupakan meriam yang disakralkan oleh masyarakat setempat.

Sistem meriam sumbing

meriam fisi terletak di suatu tempat bersama dengan benda-benda bersejarah lainnya. Meriam ini diletakkan di bawah gubuk yang tertutup agar pengunjung tidak kepanasan saat berkunjung di siang hari. Resor wisata Meriam Sumbing dekat dengan rumah warga, sehingga Anda dapat dengan mudah menemukan beberapa restoran atau toilet.

Berburu foto bersama Meriam Sumbing

Mengunjungi tempat bersejarah tidak lengkap rasanya tanpa beberapa momen foto. Dengan mengambil foto, Anda dapat mengabadikan situs bersejarah yang Anda kunjungi untuk dibagikan kepada orang lain. Anda bisa mengambil foto di dekat meriam untuk mendapatkan hasil jepretan yang menarik. Di sekitar meriam juga terdapat benda-benda bersejarah lainnya yang bisa Anda jadikan spot foto.

Tips Menuju Meriam Sumbing

Jika anda ingin berkunjung ke objek wisata Meriam Sumbing, anda harus menyiapkan terlebih dahulu segala perlengkapan yang diperlukan disana. Anda juga bisa membawa makanan ringan untuk disantap selama perjalanan mengingat perjalanan menuju Meriam Sumbing memakan waktu yang cukup lama.

Setelah anda sampai di tempat wisata Meriam Sumbing, anda bisa belajar tentang sejarah Meriam Sumbing. Karena tempat ini merupakan tempat bersejarah, sayang sekali jika Anda mengunjunginya tanpa mendalami sejarah Meriam lebih dalam.

Baca Juga: Masjid Sultan Lingga Peninggalan Sultan Mahmud Syah III

Akses ke Meriam Sumbing

Untuk menuju kawasan wisata meriam fisi Untuk saat ini, Anda harus melakukan perjalanan dengan kapal feri dari Tanjungpinang menuju Kecamatan Dabo yakni Pelabuhan Jagoh. Waktu tempuh dari Tanjung Pinang ke Dabo adalah sekitar 4 jam.

Setelah itu, Anda perlu naik speedboat selama 30-40 menit dari Pelabuhan Jagoh menuju Pelabuhan Tanjungbuton. Pelabuhan Tanjungbuton terletak di Desa Mepar. Jadi setelah sampai di Mepar, Anda perlu menggunakan transportasi darat untuk menuju objek wisata Meriam Sumbing.

Jam buka dan peta lokasi Meriam Sumbing

Anda bisa mengunjungi objek wisata Meriam Sumbing kapan saja. Namun, ada baiknya Anda mampir dari pagi hingga sore hari agar bisa merasakan sejarah seutuhnya. Untuk menemui meriam pecah ini anda tidak akan dipungut biaya tiket masuk, artinya gratis. Sehingga meriam penjumlah ini menjadi tempat wisata yang nyaman untuk dikunjungi.

Dari uraian di atas terlihat bahwa Kabupaten Lingga tidak hanya memiliki wisata alam dan bahari yang mempesona. Namun Lingga juga kaya akan bangunan bersejarah dan tempat wisata yang bisa dijadikan tempat wisata edukasi.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai tempat wisata tersebut meriam fisi. Semoga dapat menambah semangat anda untuk berwisata ke tempat bersejarah dan mengenalnya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang berkunjung atau berkunjung ke Kepulauan Riau dan dapat memperkaya destinasi wisata anda.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button