Tempat Wisata

Pulau Pisang menawarkan sekilas pesona surga laut yang tersembunyi di pesisir barat

Pulau Pisang aktif Di pesisir barat, Lampung menampilkan keindahan Pantai Dermaga, terumbu karang, lumba-lumba, serta Batuan Inton dan Gua Liang.

Biaya tur: Mulai dari Rp 5.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Pantai J L. Bugel, Gumuk Waru, Kecamatan Bugel. Panjatan, Kec. Kulon Progo, DI Yogyakarta; Map: Periksa lokasinya

Jika Anda berwisata ke Provinsi Lampung, luangkan waktu untuk menikmati liburan di Pulau Pisang yang sedang viral. Meski masih banyak orang yang belum mengetahui pulau ini, namun destinasi wisata pulau ini sebenarnya layak untuk dikunjungi. Pulau yang sangat mempesona ini menawarkan keindahan laut yang luar biasa.

Pulau Pisang terletak tepat di Kabupaten Pesisir Barat Provinsi Lampung sehingga dapat dikatakan sebagai pulau terluar Provinsi Lampung. Wisatawan bisa menikmati indahnya pemandangan laut dan menyapa lumba-lumba yang terdapat di pesisir pantai. Tak hanya wisatawan domestik, wisatawan mancanegara pun mulai banyak yang mengunjunginya.

Banyak wisatawan yang menggambarkan keindahan alam Kepulauan Pisang hampir mirip dengan “Labuan Bajo”. Di sana Anda akan menemukan tempat-tempat menarik berupa bebatuan besar, perbukitan dengan pepohonan lebat, laut jernih, dan rerumputan hijau asri. Suasana yang ditawarkan Kepulauan Pisan juga sangat sejuk dan membuat pengunjung merasa nyaman.

Atraksi yang ditawarkan Pulau Pisang

Atraksi Pulau PisangFoto: Google Maps/Chandra W

Letaknya yang tepat di Samudera Hindia memberikan pulau pisang kekuatan eksotis tersendiri. Pulau yang memiliki luas sekitar 2.310 hektar ini menawarkan keindahan pantai yang mempesona. Atraksi apa saja yang ditawarkan secara langsung oleh Kepulauan Pisang?

✦ Keindahan pantai yang mempesona

Tidak ada alasan untuk meragukan keindahan pantai Kepulauan Pisang. Pantainya berwarna kehijauan, mata airnya jernih dan banyak terdapat terumbu karang alami yang luar biasa di bawahnya. Pulau Pisang Lampung menawarkan suasana yang tenang sehingga cocok bagi wisatawan yang ingin melepaskan diri dari hiruk pikuk kota.

Pasir pantainya yang putih halus dan bersih melengkapi penampilan pulau pisang yang masih belum banyak terjamah orang ini. Angin sepoi-sepoi membuat semua orang di kawasan ini tertidur tanpa disadari. Pemerintah kini juga telah menyediakan beberapa gubuk tempat wisatawan bisa bersantai dan beristirahat.

✦ Memiliki Spot Pantai Dermaga

Tempat yang paling banyak dikunjungi wisatawan mancanegara adalah Pantai Pier. Pantai cantik ini terletak di Pekon Pasar namun suasananya sangat tenang, nyaman dan menenangkan. Di kawasan ini wisatawan akan menemukan tiang-tiang beton sisa bangunan dermaga yang sudah rusak karena sebelumnya tergerus ombak.

Di kawasan Pulau Pisang, wisatawan juga bisa bersantai di hamparan pasir putih yang bersih dan luas. Sisa bangunan dermaganya menjorok ke laut, sehingga Anda bisa terjun ke sini dan menjelajahi keindahan laut. Kawasannya masih cocok untuk berenang, sehingga wisatawan tidak perlu khawatir dengan kedalamannya.

✦ Batu Bughi dan Batu Tiga Yang Indah

Batu Bughi milik Labuhan Pekon, sedangkan Batu Tiga milik Pekon Sukarga. Wisatawan bisa berburu foto di kawasan berbatu di mana Anda bisa melihat bangkai kapal yang eksotis di tepi pantai. Sebelumnya, kapal pengerukan dari Pasang terdampar akibat ombak besar, sehingga penangkapan ikan juga bisa dilakukan di kawasan tersebut.

✦ Spot Batu Inton yang Menawan

Saat momen senja menjelang, keindahan Pantai Pier akan semakin mencapai puncaknya. Di ufuk barat, pengunjung bisa menyaksikan matahari jingga yang perlahan terbenam dan ditelan lautan. Selain itu, dengan adanya spot Batu Inton, pengunjung dapat melihat kerlap-kerlip gradasi bebatuan pantai.

Biasanya warga sekitar Kepulauan Pisang menghabiskan waktu menyaksikan Batu Inton dari pinggir pantai. Pesonanya ibarat kilauan berlian yang eksotis sehingga kerap diabadikan dengan kamera ponsel. Memilih bermalam di Pulau Pisang sepertinya bukan alternatif yang sia-sia untuk menenangkan pikiran yang kebingungan.

✦ Keindahan Gua Liang

Tak jauh dari kota Batu Inton, wisatawan juga bisa merasakan keindahan alam Gua Liang di kawasan Pekon Bandar. Di sana Anda akan menemukan pemandangan laut lepas yang mempesona, dan monyet pun melompat dan bergelantungan di sini. Wisatawan akan merasakan liburan yang sulit untuk dilupakan nantinya.

✦ Lumba-lumba siap menyambut perahu wisata

Daya tarik utama Pulau Pisang tentu saja arak-arakan lumba-lumba yang menyapa perahu wisata. Lumba-lumba dapat disaksikan pada bulan Juni-Juli sehingga banyak wisatawan mancanegara yang datang pada bulan ini. Wisatawan juga bisa mencoba menyelam atau snorkeling untuk mengagumi keindahan terumbu karang bawah laut.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Pulau PisangFoto: Google Maps/Masdon _Lie

Kepulauan Pisang terletak di Kawasan Krui, Kabupaten Pesisir Barat, Lampung. Untuk mencapai destinasi wisata eksotik ini, pengunjung harus menempuh perjalanan dari Bandar Lampung hingga Pringsewu. Selanjutnya lanjutkan perjalanan menuju Kota Agung Sedayu Bengkunet menuju Krui dengan waktu tempuh sekitar 6-7 jam.

Pengunjung dapat melanjutkan perjalanan darat selama 20 menit dari Krui menuju Pekon Tebakak dengan menggunakan ojek. Dari Pelabuhan Tembakak Anda bisa naik perahu menuju Pulau Pisang. Perjalanan laut memakan waktu 15-20 menit namun tergantung kondisi gelombang laut saat itu.

Biaya tour ke Pulau Pisang

Kepulauan Pisang menawarkan tiket masuk gratis kepada semua pengunjung, namun wisatawan menghabiskan banyak uang untuk transportasi. Perjalanan laut sendirian dengan perahu kecil dikenakan biaya Rp 15.000 per orang. Bagi wisatawan yang berwisata secara rombongan, bisa mencoba menyewa perahu sendiri dengan harga sekitar Rp500.000-700.000 per orang.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas di Pulau PisangFoto: Google Maps/Jf Tirador

Mengingat banyaknya objek wisata yang ditawarkan Kepulauan Pisang, tentunya banyak pula aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan. Saat Anda berkunjung ke pulau eksotis ini, lakukan aktivitas menyenangkan seperti berikut ini.

1. Menikmati pemandangan pantai

Keindahan Pantai Pier yang ditawarkan Pulau Pisang belum tentu bisa diakses dari destinasi wisata pantai lainnya. Di sini pengunjung bisa melakukan aktivitas berburu foto, bersantai di atas pasir, berbaring dan bersantai sambil memandangi pepohonan yang rimbun. Suasananya yang sejuk akan membuat wisatawan berlama-lama berada di pulau tersebut dengan tenang.

2. Mancing di kawasan Pulau Pisang

Penduduk lokal dan wisatawan dapat menghabiskan waktu memancing di spot Batu Tiga atau Batu Bughi. Pantai Pier terkenal dengan aneka ikan kecil yang dagingnya enak untuk disantap, sehingga Anda bisa memancing langsung di area tersebut. Pihak dinas pariwisata menawarkan persewaan peralatan memancing kepada wisatawan yang membutuhkan.

3. Menyelam dan snorkeling

Berhubung jarak menuju Pulau Pisang yang cukup jauh dari pusat Kota Lampung, kurang lengkap rasanya jika belum mencoba aktivitas snorkeling atau diving. Di bawah laut, wisatawan yang mencari foto-foto menarik bisa langsung melihat gugusan terumbu karang warna-warni, bebatuan karang, dan ikan-ikan kecil dengan variasi warna yang indah.

4. Berenang bersama lumba-lumba

Berenang bersama lumba-lumba pantai pasti akan menjadi momen tak terlupakan. Biasanya ada instruktur yang membantu pengunjung lebih mudah berfoto bersama lumba-lumba. Kawasan ini dikelilingi oleh agrowisata perkebunan anyelir yang membuat latar belakang lumba-lumba semakin indah.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pulau

Fasilitas Pulau PisangFoto: Google Maps/Chandra W

Dalam hal fasilitas, Kepulauan Pisang tentu saja sangat mementingkan kenyamanan semua pengunjungnya. Terdapat fasilitas homestay seharga Rp 350.000, program edukasi budaya, warung kuliner, peralatan memancing, snorkeling, penyewaan sepeda, speed boat, tempat parkir, kamar mandi, gubuk kecil dan penangkaran lumba-lumba.

Keeksotisan Pulau Pisang di Lampung sudah tidak perlu diragukan lagi, sehingga setiap wisatawan tidak akan kecewa saat berkunjung ke destinasi wisata menarik ini. Pengunjung tidak hanya bisa menikmati keindahan tempat wisata saja, namun juga mengikuti wisata edukasi dan menikmati kuliner khas Melayu seperti Gulai Taboh, Sayur Moringa, Serabi dan masih banyak lagi.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button