Tempat Wisata

Air Terjun Coban Binangun, air terjun mempesona dengan keajaiban alam yang eksotik di Pasuruan

Air Terjun Coban Binangun merupakan destinasi wisata alam di Pasuruan yang terkenal dengan airnya yang jernih, bebatuan alam dan pemandangan pepohonan rindang di sekelilingnya.

Harga tiket: Rp5.000, Jam beroperasi: 07.00 – 17.00 WIB, Alamat: Binangun, Kecamatan Plintangan. Pandaan, Kab.Pasuruan, Jawa Timur; Map: Periksa lokasinya

Bagi yang ingin berwisata air di kawasan Pasuruan bisa mengunjungi Air Terjun Coban Binangun. Wisata alam ini berlangsung di desa Dusun Binangun dan Dusun Genengan di wilayah Pasuruan. Kawasan ini memiliki kondisi lingkungan yang indah sehingga merupakan tempat terbaik untuk penyembuhan dan liburan.

Udaranya yang sejuk membuat wisatawan menghirup udaranya sungguh menyegarkan. Pasalnya, air terjun ini terletak di kawasan pegunungan, sehingga Anda juga bisa melihat dengan jelas pemandangan alam di pegunungan. Ini adalah pilihan terbaik bagi Anda yang ingin berlibur hemat.

Di Pandaan terdapat air terjun alami sehingga Anda bisa menikmati pemandangannya. Untuk menuju ke sana, ada rute yang cukup mudah yang bisa ditempuh dari Surabaya. Coban Binangun letaknya persis di antara dua desa yaitu Desa Durensewu dan Desa Plinlahan. Air terjun ini terletak tidak jauh dari pemukiman penduduk sehingga mudah dijangkau.

➥ Tur Sehari ke Bromo Sunrise, Air Terjun Coban dan Candi Jago

Objek wisata yang ditawarkan Air Terjun Coban Binangun

Objek Wisata Air Terjun Coban BinangunFoto: Google Maps/Indra Iswanto

Saat mengunjungi objek wisata terkenal ini, penting untuk mengetahui objek wisata apa saja yang ditawarkan agar Anda bisa mendapatkan gambaran sebelum berkunjung. Daya tarik wisata ini adalah sebagai berikut:

✦ Melihat pemandangan air terjun dan sekitarnya

Daya tarik pertama yang tercermin dalam wisata air terjun ini tentu saja pemandangan air yang jatuh dari tebing yang menyegarkan mata. Selain itu, wisatawan juga dapat melihat dan menjelajahi perbukitan di sekitarnya dengan baik. Suara air terjun dan aliran sungai memberikan efek yang sangat menenangkan

✦ Daerah Coban-Binangun yang luas

Terdapat area yang luas di sekitar air terjun sehingga menjadi daya tarik tersendiri untuk bersantai dan menikmati pemandangan dengan lebih baik. Wisatawan bisa melihat bebatuan besar di sekitar air terjun. Udara sejuk juga menyelimuti pengunjung dan semakin segar berada di sana.

✦ Kombinasi jalan berbatu dan tidak beraspal lebih disukai pengendara sepeda

Keindahan alam di sekitar air terjun ini sayang untuk dilewatkan. Wisatawan bisa mengendarai sepeda di sepanjang jalan. Akses jalan yang sedikit kendala, terjal dan pemandangan alam yang indah membuatnya cocok untuk pesepeda. Oleh karena itu, banyak pesepeda yang tertarik mencoba jalan air terjun ini.

➥ Hotel murah di Pasuruan

✦ Terdapat kolam renang Sumber Gunung

Daya tarik lain di Air Terjun Coban Binangun adalah kolam renangnya yang bersumber dari sumber air pegunungan. Dengan begitu airnya tetap bersih dan terawat sehingga masih alami. Karena berasal dari pegunungan, anak-anak juga bisa bermain air di kolam ini.

Kolam ini dinilai aman untuk dimainkan anak-anak karena tidak terlalu dalam. Oleh karena itu, Coban Binangun cocok untuk wisata anak-anak. Kolam renang ini terletak di depan objek wisata air terjun, sehingga sayang jika dilewatkan oleh wisatawan.

Alamat dan rute menuju air terjun

Alamat Air Terjun Coban BinangunFoto: Google Maps/Misteri Channel

Alamat Air Terjun Coban Binangun terletak di Binangun, Plinlahan, Kec. Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur. Untuk mencapai objek wisata indah ini, wisatawan tidak perlu menempuh jarak yang jauh dari pemukiman penduduk. Setelah sampai di desa tersebut, Anda hanya perlu berjalan kaki beberapa menit saja untuk sampai ke objek wisata yang mempesona ini.

Namun, Anda tetap harus menuruni bukit terlebih dahulu. Anda tidak perlu khawatir dengan kondisi jalan karena untuk mencapai tempat ini akses jalan sudah bagus dan menurun. Selain itu, bebatuan alam yang ditata di sekeliling jalan sehingga memudahkan wisatawan untuk melewatinya.

Karena sudah ada pagar yang menjaga jalan, Anda akan merasa lebih aman. Sayangnya air terjun ini terletak di kawasan tebing yang cukup tinggi sehingga perlu kehati-hatian agar tidak terjadi kecelakaan. Rute dari Surabaya menuju tempat wisata dapat ditempuh dalam waktu 1 jam dengan jarak 55 km.

Untuk mencapai tempat ini menjadi lebih cepat jika melalui jalan tol yang hanya memakan waktu sekitar 40 menit saja. Nanti arah lokasinya ke Prigen, dekat Taman Candra Wilawatita. Kemudian perjalanan menuju desa Plinlahan. Ada banyak petunjuk arah di sana untuk membawa wisatawan menuju air terjun indah ini.

➥ 4D3N Bromo Sunrise, Wisata Air Terjun Ijen & Tumpak Sewu

Biaya masuk wisata alam

Destinasi wisata yang satu ini sangat populer karena memiliki khasiat untuk menghilangkan penat. Wisatawan yang datang kesini bisa mengunjunginya dengan membayar tiket masuk yang murah. Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 5.000 sebagai tiket masuk setiap orangnya.

Dengan harga yang terjangkau tersebut, siapapun bisa datang ke Coban Binangun untuk berlibur. Tempat ini juga sangat cocok untuk liburan keluarga karena terdapat kolam renang di luar lokasi yang aman untuk anak-anak. Banyak pula wisatawan yang datang berkunjung sekadar untuk bersantai.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas di Air Terjun Coban BinangunFoto: Google Maps/Muhammad Zacky

Berbagai kegiatan menarik dilakukan di kawasan ini, antara lain sebagai berikut:

1. Berenang di air jernih

Air terjun populer ini bisa digunakan wisatawan untuk berenang. Dinginnya air terjun Coban Binangun bisa Anda rasakan langsung di tubuh Anda sehingga terasa menyegarkan. Hal itulah yang membuat orang ketagihan datang ke sini. Airnya yang jernih dan segar memungkinkan pengunjung mendapatkan relaksasi yang baik dan menyenangkan.

2. Bersepeda di jalan terbaik kawasan Air Terjun Coban-Binangun

Sesuai dengan daya tarik Coban Binangun, tempat ini memiliki akses jalan menuju perbukitan dengan jalur yang cukup terjal yang terdiri dari perpaduan bebatuan dan tanah. Namun kombinasi tersebut menciptakan akses jalan yang cocok bagi pesepeda. Oleh karena itu, tidak heran jika tempat ini menjadi tempat populer bagi para pecinta bersepeda.

3. Berkemah yang asyik

Bagi backpacker, tersedia pilihan untuk berkemah di kawasan Air Terjun Coban Binangun. Wisatawan bisa menikmati indahnya pemandangan alam ditemani suara alam yang menenangkan. Berkemah di tempat ini menjadi semakin seru bila bersama keluarga dan teman.

Tempat berkemah mudah ditemukan di tempat ini dan wisatawan bisa melihat bebatuan yang ada di sungai. Selain itu lokasi perkemahan ini juga terletak di tempat dimana anda bisa melihat pepohonan rindang disekitarnya sehingga memberikan efek menenangkan dan tidak akan membuat anda bosan. Wisata di Pasuruan ini cocok bagi Anda yang terbiasa dengan hiruk pikuk perkotaan dan ingin menyegarkan diri.

Fasilitas yang tersedia di kawasan air terjun

Fasilitas air terjun Coban BinangunFoto: Google Maps/Henky Dwi

Selain kelebihan dari segi atraksi dan aktivitas menarik yang bisa dilakukan, fasilitas di Air Terjun Coban Binangun juga tersedia. Namun fasilitas ini tergolong sederhana karena dikembangkan oleh masyarakat sekitar dan ingin menjaga kealamiannya. Namun ada beberapa fasilitas pendukung yang tersedia di sana.

Misalnya, untuk meningkatkan keamanan, dibangun tangga di sepanjang jalan menuju air terjun. Selain itu, terdapat juga beberapa UMKM yang beranggotakan warga sekitar sehingga bisa menikmati kuliner di daerah tersebut.

Air Terjun Coban Binangun merupakan objek wisata populer dan menawarkan beberapa tempat menarik untuk dijelajahi. Kawasannya yang masih alami dan asri serta air terjunnya yang jernih membuat banyak orang penasaran untuk mengunjungi tempat ini. Tempat ini melewati pemukiman dan persawahan dengan pemandangan yang indah.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button