Tempat Wisata

Makam Raja Haji Fisabilillah: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan lokasi

Makam Raja Haji Fisabilillah dikelilingi tembok kuning yang tidak terlalu tinggi. Sesampainya di depan makam, Anda akan melihat bangunan makam dengan ornamen khas Melayu. Kompleks makam kerajaan dibagi menjadi 4 kelompok. Makam ini juga berisi makam Habib Syeh yang banyak dikunjungi para peziarah.

Di dalam makam terdapat kubah yang menampung makam Raja Haji Fisabilillah. Ini cukup untuk dibuat dalam keadaan terbuka dan hanya dilengkapi beberapa pilar dan atap. Dengan adanya kubah ini, pengunjung atau peziarah bisa merasa lebih nyaman saat mengunjungi makam. Makam kerajaan terbuat dari marmer dan pintu masuknya berupa relung di bagian barat makam.

Fasilitas makam Raja Haji Fisabilillah

Sekitar Makam Raja Haji Fisabilillah Beberapa fasilitas tersedia untuk menunjang aktivitas jamaah. Makam Raja Haji Fisabilllah terletak di dalam kubah terbuka tanpa dinding sehingga para peziarah dapat dengan mudah berdoa tanpa merasa kepanasan jika datang ke sini pada siang hari.

Selain itu, terdapat lahan parkir di area pemakaman yang dapat digunakan bagi pengunjung dengan kendaraan pribadi. Bagi Anda yang ingin bermalam tidak perlu khawatir karena di sekitar makam terdapat pemukiman penduduk yang juga tersedia beberapa pilihan penginapan.

Di sekitar makam juga banyak terdapat warung yang menjual minuman dan berbagai jenis makanan, baik makanan ringan maupun makanan berat, terutama makanan khas Melayu.

Sejarah Makam Raja Haji Fisabilillah

Raja Haji Fisabilillah merupakan salah satu pahlawan Melayu yang berjuang cukup gigih dalam melawan penjajahan Belanda. Nah, Raja Haji Fisabilillah juga merupakan salah satu pahlawan nasional yang namanya diabadikan sebagai nama sebuah bandara di Tanjungpinang. Bandara tersebut bernama Bandara Internasional Raja Haji Fisabilillah.

Raja Haji Fisabilillah atau dikenal dengan nama Raja Haji Marhum Teluk Ketapang merupakan penguasa muda IV yang mempunyai pengaruh cukup besar terhadap masyarakat Melayu. Raja Haji Fisabilillah pun berhasil membangun Pulau Biram Dewa yang terletak di Sungai Riau Lama.

Karena kegigihannya, ia pun ikut berperang melawan Belanda di Teluk Ketapang hingga akhirnya gugur dalam perang tersebut sebagai pahlawan nasional pada tahun 1784. Pertama, jenazah Raja Haji Fisabilillah dimakamkan di Malaka.

Namun beberapa tahun kemudian jenazahnya dibawa kembali dan dimakamkan di Pulau Penyengat. Letaknya persis di atas bukit di bagian selatan Pulau Penyengat dan hingga saat ini menjadi makam yang selalu dikunjungi para peziarah.

Baca juga: Makam Raja Abdurrahman, Komplek Makam yang Selalu Dikunjungi Peziarah

Berburu foto di makam Raja Haji Fisabilillah

Makam Raja Haji Fisabilillah memiliki ornamen bangunan makam yang cukup unik, sehingga anda bisa berfoto di beberapa tempat di tempat ini. Makam ini menawarkan beberapa keunikan sehingga cocok dijadikan lokasi fotografi. Peziarah dapat mengambil foto di depan makam, di dalam makam, atau di sekitar makam.

Akses menuju makam Raja Haji Fisabilillah

Akses jalan menuju makam Raja Haji Fisabilillah cukup mudah. Anda hanya perlu melintasi pulau ini dengan pompong dari pelabuhan kota Tanjungpinang. Sesampainya di Pulau Penyengat, Anda bisa mencapai makam Raja Haji Fisabilillah dengan menggunakan transportasi darat seperti sepeda motor atau becak motor yang mampu mengangkut beberapa orang.

Tips berwisata ke makam Raja Haji Fisabilillah

Makam Raja Haji Fisabilillah Karena merupakan kawasan wisata religi, umumnya pengunjung ingin berziarah untuk mendoakan arwah para pendahulu. Oleh karena itu, ketika berkunjung ke makam ini sebaiknya juga lebih memperhatikan sopan santun dan sopan santun agar tidak mengganggu aktivitas peziarah lainnya.

Karena makam ini terletak di Pulau Penyengat, sebaiknya Anda mengunjunginya pada pagi atau sore hari. Sebab jika datang pada sore atau malam hari, biaya pompongnya akan lebih mahal karena pada saat itu tarif pompongnya naik drastis.

Peta lokasi makam Raja Haji Fisabilillah

Jam buka dan tarif masuk makam Raja Haji Fisabilillah

Peziarah yang ingin berziarah ke makam Raja Haji Fisabilillah dapat berkunjung pada pukul 07.00 hingga 17.00. Peziarah tidak dipungut biaya untuk masuk ke makam, namun peziarah juga harus bersiap mengisi kotak sumbangan yang ditempatkan di sekitar makam.

Itulah gambaran singkatnya Makam Raja Haji Fisabilillah. Makam Raja Haji Fisabilillah menjadi salah satu tempat wisata religi yang wajib dikunjungi.

Galeri foto makam Raja Haji Fisabilillah

Pulau Penyengat, makam Raja Haji Fisabilillah
Selamat datang di makam Raja Haji Fisabilillah
Potret kuburan

Ziarah dan doa di kuburan
Raja Haji Fisabilillah, pahlawan nasional dalam peperangan laut

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button