Tempat Wisata

Balai Adat Indra Perkasa : Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Lokasi

Gedung ini juga dimanfaatkan oleh masyarakat setempat sebagai gedung serba guna, misalnya untuk pertemuan atau acara penting. Terkadang kegiatan regional juga berlangsung di dalam gedung. Simak penjelasan lebih detail mengenai bangunan bersejarah di Pulau Penyengat ini. Pesona Balai Adat Indera Perkasa semakin terlihat saat memasuki area bangunan. Di sana Anda akan menemukan aula utama yang berukuran cukup besar, dengan lima aula kecil mengelilinginya di kedua sisinya. Saat masuk melalui pintu depan Anda akan disambut dengan rangkaian puisi Gurindam 12 di dinding.

Dari depan juga terlihat pemandangan langsung ke laut dan dermaganya yang sangat panjang menjorok ke laut. Seperti yang sudah disebutkan di paragraf pertama, bangunan ini menghadap ke salah satu pantai paling terkenal di kota Tanjung Pinang.

Interior bangunannya pun tak kalah mengesankan. Pada dinding di bagian atas bangunan terdapat deretan foto para sultan yang memerintah pada zaman dahulu. Ruang di dalamnya dirancang khusus untuk pernikahan. Maka tak heran jika Anda mendapati panggung pernikahan terasa seperti pasangan yang baru saja menikah di gedung ini.

Biasanya yang melangsungkan upacara pernikahan di gedung ini adalah warga sekitar Pulau Penyengat. Bahkan, tidak hanya satu, melainkan tiga panggung pernikahan dalam satu gedung Balai Adat Indera Perkasa dengan desain khas malaysia.

Disebelah kanan ruang utama terdapat sebuah ruangan di bagian depan yang disebut kamar pengantin. Kamar tidur pernikahan yang dihias dengan warna kuning dengan kelambu berwarna putih dan hiasan kain megah pada dinding ruangan menambah daya tarik bangunan. Bangunan ini mempunyai struktur yang sangat mirip dengan rumah panggung.

Terdapat mata air pada area kolong bangunan. Pengunjung yang datang biasanya membasahi muka atau sekadar berkumur untuk merasakan kesegaran sumber air alami di kota Tanjung Pinang. Perasaan dinginnya mata air melindungi Anda dari panasnya terik matahari.

Baca juga: Saya Menyembelih Sapi, Surganya Pecinta Kuliner Tanah Air

Fasilitas Balai Adat Indera Perkasa

Kalau bicara fasilitas yang tersedia di sekitar gedung ini pasti banyak sekali, mulai dari restoran, akomodasi, pusat perbelanjaan, dan lain sebagainya. Namun lain halnya dengan fasilitas di dalam gedung itu sendiri, hanya ada saja memandu yang setia mendampinginya dan menjelaskan informasi tentang gedung tersebut kepadanya.

Sejarah Balai Adat Indera Perkasa

Dari dulu hingga sekarang, ada Balai Adat Indera Perkasa Digunakan untuk pertemuan formal atau acara penting. Bedanya, saat ini para Sultan sedang berkumpul di dalam gedung untuk membicarakan sesuatu yang penting dan pribadi. Berbeda dari sekarang.

Keberadaan bangunan tersebut mempunyai fungsi tambahan yaitu sebagai objek wisata khas Tanjung Pinang sehingga membuat status bangunan yang sebelumnya tertutup menjadi terbuka untuk umum. Meski demikian, bukan berarti eksklusivitas bangunannya berkurang. Bangunan ini tetap istimewa karena pertemuan-pertemuan atau acara-acara yang diadakan di dalamnya bersifat penting atau sakral.

Berburu foto di tur ini

Pada paragraf di atas dijelaskan bahwa terdapat informasi bahwa di dalamnya terdapat tiga tahapan pernikahan sekaligus. Pada hari-hari biasa atau saat tidak ada acara khusus di dalam gedung, ketiga koridor ini menjadi daya tarik pengunjung, terutama untuk berfoto dengan latar belakang koridor yang bernuansa khas Malaysia.

Tips Menuju Balai Adat Indera Perkasa

Masih ingatkah Anda dengan sumur yang menyimpan mata air di bawahnya? Balai Adat Indera Perkasa dan dijelaskan di subtitle pertama? Kebanyakan masyarakat di sana percaya bahwa mencuci muka dengan air ini mempunyai pengaruh yang baik, yaitu bagi kesehatan dan berkumpul kembali dengan jodohnya.

Namun jika tidak percaya, tidak ada salahnya meminum air dari mata air yang sangat jernih ini karena rasanya sangat dingin dan segar. Akan sangat disayangkan jika hal itu dilewatkan begitu saja.

Peta lokasi Balai Adat Indera Perkasa

Jam buka dan tarif masuk Balai Adat Indera Perkasa

Gedung ini dibuka untuk pengunjung setiap hari mulai pukul 10.00 WIB hingga 17.00 WIB kecuali ada pertemuan atau acara penting yang berlangsung di dalamnya. Anda tidak perlu membayar tiket karena tidak ada biaya untuk memasuki gedung.

Galeri foto balai adat Indra Perkasa

Balai Adat Indra Perkasa
Pintu masuk ke aula adat
Suasana di dalam
Tempat foto di jendela
Potret tempat tidur

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button