Tempat Wisata

Air Terjun Gumandar, menyaksikan surga alam tersembunyi di Pasuruan

Air Terjun Gumandar di Pasuruan mempunyai daya tarik yang unik dibandingkan tempat wisata lainnya seperti aliran airnya yang bisa dijadikan perosotan.

Harga tiket: Rp5.000, Jam beroperasi: 07.00-17.00 WIB, Alamat: J L. Raya Ledug, Kecamatan Ledug. Prigen, Pasuruan, Jawa Timur; Map: Periksa lokasinya

Pesona alam Indonesia memang tiada habisnya, salah satu tempat wisata yang paling terkenal adalah air terjun. DI Indonesia, wisatawan banyak menemukan air terjun sebagai tempat wisata, khususnya di Jawa Timur. Ada Air Terjun Gumandar di Pasuruan yang menarik untuk dikunjungi. Air terjun ini memiliki keindahan tersembunyi yang cocok untuk liburan akhir pekan.

Wisatawan bisa menjelajahi tempat wisata indah ini bersama keluarga atau teman. Wisata ini bisa jadi melegakan karena banyak keindahan alam yang bisa dinikmati. Kawasan air terjun Gumandar masih terjaga dengan baik dan alami sehingga cocok untuk penyembuhan dan menghilangkan rasa bosan.

Dengan berkunjung ke sana, wisatawan bisa merasakan pesona alam terbaik yang akan memberikan pengalaman tak terlupakan selama berkunjung ke Kabupaten Pasuruan. Jangan lupa untuk melakukan aktivitas menyenangkan di air terjun ini. Informasi selengkapnya dibahas di bawah ini.

Tur Sehari ke Bromo Sunrise, Air Terjun Coban dan Candi Jago

Objek wisata yang ditawarkan Air Terjun Gumandar

Daya Tarik Air Terjun GumandarFoto: Google Maps/John Wid

Apa sajakah daya tarik Air Terjun Gumandar? Daripada penasaran, berikut akan kami jelaskan satu persatu keunikan air terjun ini dibandingkan air terjun lainnya

✦ Memiliki panorama yang indah

Di air terjun ini Anda bisa menikmati kekayaan alamnya yang mempesona. Airnya yang masih jernih dengan bebatuan di sekelilingnya serta hutan disekitarnya membuat pemandangan ini sangat indah dan mempesona. Keindahan alam yang ditawarkan menciptakan suasana damai dan juga cocok untuk merilekskan tubuh.

✦ Terdapat area untuk digeser

Hal menarik lainnya dari Curug Gumandar dibandingkan air terjun lainnya adalah adanya aliran air yang bisa digunakan untuk meluncur. Kawasan ini dipastikan sangat aman sehingga wisatawan bisa menikmati wahana seru sambil bermain air. Bentuk lanskap ini menyerupai perosotan di kolam renang.

Bedanya, perosotan ini tercipta melalui proses salami dan dimulai dari batu sepanjang 5 meter. Jadi akan menyenangkan menginap di tempat ini.

Serunya wisata camping 2 hari di gunung bromo

✦ Dekat Air Terjun Deleng

Selain pesona alamnya yang menjadi daya tarik, tempat ini dekat dengan Air Terjun Deleng. Tepatnya 11 km dari Kaliandra, pusat pendidikan alam dan budaya. Jadi wisatawan bisa menikmati kedua air terjun tersebut secara bersamaan. Namun air terjun tersebut hanya dapat dilihat pada bulan Februari dan Maret karena aliran air di luar bulan ini rendah dan Anda tidak dapat melihat air terjun tersebut.

Alamat dan rute menuju air terjun

Alamat Air Terjun GumandarFoto: Google Maps/Adhie Cuplish

Bagi yang tertarik mengunjungi Air Terjun Gumandar, harus melakukan pencarian jalan setapak terlebih dahulu dan berjalan melewati hutan. Pasalnya, air terjun mempesona ini berada di kawasan terpencil dan masih tersembunyi sehingga membuat perjalanan melelahkan. Namun sesampainya di sana, Anda tidak akan kewalahan karena bisa menikmati keindahan alam terbaik di Pasuruan.

Alamat tempat wisata populer ini berada di Ledug, Kec. Prigen, Kab.Pasuruan, Jawa Timur. Karena keindahannya yang luar biasa, destinasi wisata ini sangat direkomendasikan bagi para penjelajah. Lebih asyik lagi jika mengikuti wisata ini bersama teman atau keluarga, sehingga semakin seru.

Jika Anda ingin mengetahui jalur wisatanya, Anda bisa menggunakan Google Maps. Dari pusat kota Pandaan jaraknya 17 km dan dapat ditempuh dalam waktu 40 menit. Ada dua jalur yang bisa digunakan yaitu Prigen atau Taman Safari.

Lihat penawaran hotel di Pasuruan

Biaya masuk wisata alam

Air Terjun Gumandar merupakan objek wisata alam terbaik di Pasuruan yang bisa dinikmati setiap pengunjungnya. Keunggulan dari wisata ini adalah biayanya yang relatif murah. Dengan harga masuk yang terjangkau ini Anda bisa menikmati keindahan alam dan bersantai bersama keluarga.

Tiket masuk mengunjungi air terjun ini hanya Rp 5.000 per orang. Dengan tiket masuk tersebut, wisatawan berkesempatan leluasa menjelajahi kawasan dengan aktivitas tertentu. Menariknya, tempat wisata keren ini buka setiap hari dan wisatawan bisa datang ke sana kapan saja. Jam operasionalnya mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas Menarik Air Terjun GumandarFoto: Google Maps/Al Mustaqiym

Di Air Terjun Gumandar wisatawan dapat melakukan banyak aktivitas menarik antara lain sebagai berikut:

1. Fotografi bagi pecinta fotografi

Pemandangan alam tidak boleh disia-siakan hanya dengan melihatnya saja. Bagi Anda yang mempunyai hobi fotografi, Anda bisa mengabadikan semua momen indah di tempat ini dan melakukan aktivitas menyenangkan. Ada beberapa tempat menarik untuk dijelajahi di tempat ini.

Jangan ragu untuk menjelajahi setiap sudut tempat wisata ini untuk mencari gambar. Nantinya wisatawan akan mendapatkan foto-foto keren Coban Gumandar Pasuruan yang membuat pengalaman liburan semakin seru dan berkesan.

2. Berkemah dengan suasana yang menyenangkan

Aktivitas menarik yang sayang untuk dilewatkan adalah berkemah. Aktivitas seru ini cocok untuk berlibur bersama orang tercinta. Berkemah di Air Terjun Gumandar akan menyenangkan karena Anda bisa menikmati eksotisme kawasan ini dan berkumpul bersama keluarga atau teman.

Wisatawan tidak perlu pusing memikirkan tempat untuk berkemah karena telah tersedia tempat perkemahan khusus sehingga dapat berkemah dengan nyaman di tempat ini. Di tempat ini nikmati suasana menyenangkan sambil ngobrol, menyalakan api unggun bahkan mengadakan barbeque.

Namun, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan lokasi perkemahan air terjun eksotik ini agar tetap terjaga kelestariannya. Wisatawan bisa membawa sampah plastik untuk dikumpulkan bersama agar tidak kotor.

3. Bersenang-senang bermain air

Di Air Terjun Gumandar, wisatawan tidak hanya bisa menikmati keindahan alamnya, tapi juga bersenang-senang bermain air. Airnya tidak terlalu deras sehingga cocok untuk bermain air. Jangan lupa membawa baju ganti saat berkunjung ke tempat ini.

Bermain sungai bersama teman pasti akan menyenangkan. Selain itu, kesegaran airnya dapat menyegarkan tubuh dan menjadi tempat yang cocok untuk relaksasi jiwa.

4. Tindak lanjut

Untuk sampai ke air terjun, Anda perlu melakukan tracking terlebih dahulu. Namun hal ini bisa menjadi hiburan bagi wisatawan karena bisa menikmati pemandangan perbukitan hijau di sekitarnya. Ini akan membuat Anda tidak terlalu lelah.

Fasilitas yang tersedia di kawasan air terjun

Fasilitas Air Terjun GumandarFoto: Google Maps/Al Mustaqiym

Setiap kali Anda mengunjungi suatu tempat wisata tertentu, hal utama yang ingin Anda ketahui adalah fasilitas yang tersedia. Wisatawan wajib mengetahui fasilitas apa saja yang tersedia di Air Terjun Gumandar untuk mempertimbangkan berwisata ke sana. Fasilitas yang ada di air terjun ini cukup lengkap sehingga anda bisa memanfaatkan fasilitas yang disediakan dengan baik.

Beberapa fasilitas yang tersedia antara lain tempat parkir kendaraan bagi wisatawan, terdapat lapak wisata di sekitar air terjun, tempat perkemahan, tempat berfoto bahkan toilet umum. Dengan fasilitas pendukung tersebut, wisatawan dapat melakukan aktivitas yang menyenangkan.

Air Terjun Gumandar merupakan salah satu tempat wisata terbaik di Pasuruan yang menawarkan keindahan alam serta aktivitas seru di sekitar air terjun. Wisatawan yang datang ke sana bisa menikmati berbagai fasilitas sekaligus menenangkan hati di tempat ini. Tempat wisata seru ini cocok untuk liburan akhir pekan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button