Tempat Wisata

7 Destinasi Wisata Paling Populer di Türkiye Selatan

Turki tidak hanya terkenal dengan lanskap Maya Sophia atau Masjid Biru dan Istana Topkapi saja. Terletak di wilayah selatan negara yang berbatasan dengan Asia dan Eropa ini penuh dengan keindahan yang patut untuk dikunjungi.

Beberapa kota seperti Adana, Konya, Demre, Myra dan Antalya merupakan beberapa contoh kota di kawasan selatan Turki yang tidak hanya menawarkan pemandangan menarik namun juga memiliki peninggalan sejarah dan artefak yang mengesankan. Apa yang kamu tunggu? Cari tiket Turki sekarang dan nikmati keindahan dan pesona negara Euro-Asia ini.

1. Ulu Camii, Adana

Ulu artinya besar dan Camii artinya masjid jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Dibangun pada abad ke-16, masjid ini memegang rekor sebagai masjid terbesar di Adana selama 450 tahun sebelum Sabanc? Merkez Camii dibangun. Ulu Camii menggunakan keramik yang sama dengan Masjid Biru. Masjid ini dulunya merupakan tempat sekolah yang lebih dikenal dengan madrasah. Kini gedung madrasah telah menjadi tempat peristirahatan para pensiunan dan para lansia, dimana mereka dapat menghabiskan waktu menunggu waktu sholat sambil menyeruput teh Turki yang disajikan dalam gelas unik yang biasa mereka sebut dengan “Wanita Seksi”.

2. Cennet & Cehennem

Cennet dan Cehennem atau lebih dikenal dengan Surga dan Neraka terletak di Mersin, Turki. Di puncak bukit ada dua jurang yang sangat dalam. Mereka biasa menyebutnya Cennet dan Cehennem. Ngarai pertama merupakan surga yang bisa dicapai wisatawan dengan menuruni 450 anak tangga (dan total 900 anak tangga kembali). Tidak jauh dari sana ada jurang kedua yang mereka sebut neraka. Luasnya lebih kecil dari langit. Mengapa? Karena menurut sejarah, masuk surga memerlukan usaha yang lebih besar dibandingkan masuk neraka. Hmm, itu juga benar. Jadi, kamu lebih suka yang mana? Maksudnya, ingin memulai liburan di destinasi wisata mana saja?

3. Jembatan Taköprü

Jembatan Taköprü digunakan untuk menghubungkan rute dari Mediterania dan terletak di Sungai Seyhan di kota Adana. Jembatan Taköprü digunakan untuk menghubungkan rute dari Mediterania. Pada tahun 2007, Jembatan Taköprü ditutup untuk kendaraan bermotor. Dan sejak saat itu jembatan ini hanya digunakan oleh pejalan kaki. Nilai plusnya, dari tengah jembatan ini wisatawan bisa melihat dengan jelas Sabanci Merkez Camii yang dikenal sebagai masjid terbesar di Adana.

4. Sabanci Merkez Camii

Turki adalah negara berpenduduk mayoritas Islam di Eropa, sehingga terdapat banyak masjid indah di seluruh wilayah, termasuk Masjid Pusat Sabanci. Masjid ini memiliki 6 tiang di bagian luarnya sedangkan masjid biasanya hanya memiliki 4 tiang. Sabanci Merkez Camii memiliki interior yang sangat indah dan megah serta terletak di tempat yang sangat strategis karena dikelilingi oleh jalan raya dan rel kereta api.

5. Teater Aspendos

Di kota Demre, Antalya, Turki, terdapat sebuah amfiteater yang dibangun pada zaman Yunani dan masih terawat dengan baik. Awalnya, amfiteater ini dibangun sebagai hasil kompetisi raja untuk memilih suami bagi putrinya. Bagian dalam amfiteater ini menampung patung dewa-dewa Yunani, yang sebagian besar kini disimpan di museum. Tak jauh dari sini terdapat bangunan Aquaduct terdaftar yang digunakan untuk mengalirkan air dari pegunungan langsung ke warga desa. Pada tahun 2006, teater ini masih dapat digunakan oleh Opera dan Balet Negara Ankara serta Opera dan Balet Negara Mersin untuk pertunjukan opera dan balet.

6.St. Gereja Nicholas

Gereja ini dinamakan St. Nicholas karena konon di sinilah tempat suci berada. Nick, atau lebih dikenal dengan Santa Claus, menjalani hidupnya. Kualitas mural di dinding dan keramik di lantai masih tetap terjaga di gereja ini. Di sudut gereja ini terdapat makam St. Nickholas dari Myra yang banyak dikunjungi wisatawan dalam dan luar negeri.

7. Makam Myra

Tidak jauh dari St. Nicholas, terdapat sisa-sisa amfiteater lainnya. Karena letaknya yang berada di sebelah perbukitan, terdapat juga kuburan leluhur di permukaan batu. Konsep kuburan di bukit ini adalah semakin tinggi status sosialnya maka otomatis bukitnya juga akan semakin tinggi sehingga bisa lebih dekat dengan para dewa.

Source: mytrip123.com

Related Articles

Back to top button