Tempat Wisata

Pulau Penyengat: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Jika Anda sedang berada di Tanjungpinang, sayang sekali jika tidak mengunjungi Pulau Penyengat yang memiliki nilai sejarah yang tinggi. Ada beragam destinasi wisata yang menceritakan kisah sejarah pada masa Kerajaan Riau.

Sesampainya di dermaga Pulau Penyengat, Anda akan disambut dengan spanduk bertuliskan “Selamat Datang di Pulau Penyengat”. Di lokasi ini Anda juga akan menjumpai beberapa operator yang menawarkan jasa pengiriman ke berbagai tujuan di Pulau Penyengat dengan menggunakan becak bermotor.

Masyarakat yang ramah tinggal di Pulau Penyengat. Selain itu, masih banyak bangunan bersejarah di pulau ini yang bisa Anda kunjungi, seperti masjid, bangunan penyimpanan senjata atau bahkan makam tokoh penting pada masa Kerajaan Riau.

Fasilitas Pulau Penyengat

Pulau Sengatan merupakan pulau dengan nilai sejarah yang tinggi. Karena pulau ini juga merupakan pulau berpenghuni, maka fasilitas yang ada di pulau ini cukup memadai. Ada berbagai destinasi wisata sejarah dan religi yang bisa Anda kunjungi di pulau ini. Masjid kebanggaan warga ini bisa Anda manfaatkan untuk beribadah atau wisata religi.

Jenis warungnya pun bermacam-macam, berbagai jenis masakan khas Melayu bisa Anda temukan di pulau ini. Selain itu, bagi Anda yang ingin bermalam di Pulau Penyengat, tersedia beberapa akomodasi yang bisa Anda sewa. Beberapa warga juga menawarkan akomodasi untuk disewa.

Sejarah Pulau Penyengat

Mengingat namanya yang unik, pulau ini juga memiliki sejarah yang unik. Menurut sejarah, Pulau Penyengat pada zaman dahulu banyak dikunjungi oleh para pelaut untuk mengambil air tawar sebagai bekal pelayarannya, karena sumur di pulau ini menghasilkan air tawar yang dapat diminum.

Saat itu ada saja pelaut yang melanggar batasan yang berlaku. Maka segerombolan hewan mirip lebah muncul dan menyengat pelaut tersebut. Hewan ini akhirnya dijuluki Binatang Berduri, dan kemudian pulau ini dijuluki Pulau Penyengat.

Pada masa Kerajaan Riau, pulau ini dikenal dengan nama Pulau Penyengat-Inderasakti. Pulau Penyengat juga dikenal sebagai mahar yang diberikan Sultan Mahmud kepada istrinya Engku Putri (Raja Hamidah).

Berburu foto di Pulau Penyengat

Pulau Sengatan Memiliki pesona yang indah karena di dalamnya terdapat berbagai jenis bangunan bersejarah. Jadi banyak tempat bagus yang bisa dijadikan kesempatan berfoto. Anda bisa mengunjungi berbagai tempat wisata di pulau ini untuk mendapatkan foto yang Anda harapkan.

Baca juga: Pulau Basing, pulau bersejarah tak berpenghuni

Akses ke Pulau Penyengat

Untuk menuju Pulau Penyengat dapat dilakukan dengan pompong dari kota Tanungpinang. Dengan menyewa pompong seharga Rp 7000,- Anda dapat melintasi pulau ini dalam waktu sekitar 15 menit kemudian memasuki Pulau Penyengat.

Moda transportasi yang biasa digunakan untuk menjelajahi keindahan Pulau Penyengat adalah becak sepeda motor. Dengan menyewa becak motor seharga Rp 30.000 per jam, Anda bisa pergi ke berbagai tempat di Pulau Penyengat yang Anda inginkan.

Tips berwisata ke Pulau Penyengat

Jika Anda berencana berkunjung Pula PMenyengatSebaiknya mengunjungi pulau ini pada pagi hari agar Anda bisa menikmati penjelajahan pulau kecil yang memiliki nilai sejarah tinggi ini. Tidak ada salahnya untuk mencoba kuliner khas Melayu yang dijual di warung-warung di Pulau Penyengat.

Saat Anda berkunjung ke Pulau Penyengat, sebaiknya Anda mengunjungi berbagai tempat wisata yang memiliki nilai sejarah agar Anda bisa mempelajari sejarah Kerajaan Riau lebih detail. Selain itu, wisata religi juga tidak boleh Anda lewatkan dan berziarah ke makam tokoh-tokoh penting yang dimakamkan di pulau ini.

Peta lokasi Pulau Penyengat

Jam buka dan biaya masuk Pulau Penyengat

Pulau Penyengat terbuka untuk siapa saja, kapan saja. Wisatawan dapat mengunjungi Pulau Penyengat pada pagi, siang, sore atau malam hari. Namun untuk menuju pulau ini sebaiknya pastikan ada pompong yang akan membawa Anda ke Pulau Penyengat.

Biaya masuk ke pulau ini nol rupiah, jadi gratis. Anda tidak perlu membayar tiket masuk, Anda cukup menyiapkan uang untuk menyewa atau membeli berbagai kebutuhan di Pulau Penyengat.

Demikian penjelasan singkat mengenai hal tersebut Pula PMenyengat yang berlokasi di Tanjungpinang, Kepulauan Riau. Pulau ini sangat cocok bagi pecinta wisata sejarah dan religi.

Galeri foto Pulau Penyengat

Selamat datang di Pulau Penyengat

Masjid Agung Sultan Riau di Pulau Penyengat
Makam Raja Hamidah Engku Putri
Balai Adat Melayu karya Indra Perkasa
Potret pengunjung Masjid Agung Sultan Riau

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button