Tempat Wisata

Pantai Lembupurwo Laguna: Objek wisata, petunjuk arah, tiket dan aktivitas

Objek Wisata, Lokasi Rute, Tiket Masuk dan Aktivitas – Pantai Laguna Lembupurwo merupakan destinasi bahari di Kebumen yang menawarkan berbagai atraksi mulai dari gosong pasir hingga laguna yang mempesona.

Harga tiket: Rp2.000, Jam beroperasi: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Lembupurwo, Kec. Mirit, Kab.Kebumen, Jawa Tengah; Map: Periksa lokasinya

Pantai Lembupurwo Laguna merupakan salah satu destinasi terbaik di Kebumen. Saat berkunjung ke pantai ini, wisatawan bisa mengagumi berbagai pesonanya yang mempesona. Pemandangan pantainya sangat mengesankan, dengan air yang tenang dan pasir yang indah. Selain itu, terdapat hutan bakau dan pinus di sekelilingnya.

Karena keindahan alamnya yang mempesona, banyak wisatawan yang mengunjungi tempat ini. Namun perlu diketahui bahwa Pantai Laguna bukan hanya soal keindahan alamnya saja. Namun, ini merupakan tempat yang cocok untuk menghabiskan liburan dan melakukan aktivitas seru.

Namun berenang tidak diperbolehkan di lokasi ini karena ombak pantai relatif tinggi. Jadi lebih diperuntukkan bagi pengunjung yang sekedar ingin bersantai dan melakukan aktivitas ringan di tempat ini. Pantai ini terletak di kecamatan Mirit, Kebumen, merupakan pantai yang banyak dikunjungi terutama saat lebaran.

Temukan penawaran hotel di Probolinggo

Objek Wisata di Pantai Laguna Lembupurwo

Daya Tarik Pantai Laguna LembupurwoFoto: Google Maps/HarRy D’HanDoKo

Banyaknya daya tarik yang ada di Pantai Laguna Lembupurwo membuat kawasan pantai ini ramai dikunjungi terutama pada saat liburan. Beberapa contoh objek wisata yang ada di pantai ini adalah sebagai berikut:

✦ Terdapat hutan pinus udang yang menyegarkan

Hal yang menarik dari pantai ini adalah dikelilingi oleh hutan pinus udang sehingga menciptakan suasana sejuk dan sejuk saat berkunjung ke tempat ini. Wisatawan bisa bersantai di bawah pohon atau makan di warung yang sengaja ditempatkan di bawah pohon pinus. Dengan cara ini, suasana sejuk menjadi tempat terbaik untuk penyembuhan.

✦ Terdapat bukit pasir yang indah

Daya tarik lain dari Pantai Laguna adalah bukit pasirnya yang memiliki ketinggian berbeda dibandingkan pantai lainnya. Menurut informasi, jika bukit pasir tersebut dikelola dengan baik tentunya dapat bermanfaat untuk selancar pasir. Wisatawan menganggap flying fox di bukit pasir sebagai sarana hiburan yang mengasyikkan.

✦ Digunakan sebagai tempat perlindungan penyu

Daya tarik lain yang menarik dari pantai ini adalah digunakan sebagai tempat penangkaran penyu. Alasan mengapa tempat ini dijadikan sebagai tempat perlindungan penyu karena merupakan tempat yang nyaman dan cocok bagi penyu untuk bertelur setiap tahunnya. Dengan begitu, jika pengunjung beruntung bisa melihat penyu di sekitar Pantai Laguna Kebumen.

Paket Arung Jeram Pekalen Probolinggo

✦ Ada acara budaya yang menarik untuk disaksikan

Acara adat ini diadakan pada hari-hari tertentu yang berlangsung sembilan hari setelah Idul Fitri. Acara ini dinamakan Kebudayaan Grebeg Rowo. Selain itu, ada pula budaya sedekah laut yang umumnya berlangsung setiap bulan di Sura. Jika Anda penasaran dengan budayanya, Anda bisa mengunjungi pantai ini pada waktu-waktu berikut ini.

Tentu saja peristiwa budaya ini akan menarik perhatian dan memikat banyak mata yang ingin melihat dan memahami budaya daerah pesisir ini.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Pantai Lembupurwo LagunaFoto: Google Maps/Musyafa’ Akbar Adhi Putra

Pantai indah ini terletak di Desa Lembupurwo, Kecamatan. Mirit, Kab.Kebumen, Jawa Tengah. Untuk mencapai tempat ini jarak dari Kebumen sekitar 29 km. Untuk menuju Pantai Laguna Lembupurwo relatif mudah. Wisatawan dapat mengunjungi pantai ini dari berbagai kota seperti Jogja, Pangandaran dll.

Jika Anda ingin menuju ke sana, Anda akan mendapatkan akses menuju lokasi yang lancar tanpa kendala apapun. Akses yang mudah ini berarti wisatawan dapat membawa kendaraan sendiri atau menggunakan transportasi seperti bus. Untuk menuju ke sana ada beberapa rute yang bisa Anda tempuh. Jika melewati kota Purworejo, Anda bisa mengambil jalur menuju Kutoarjo melalui Stasiun Kereta Api Selatan.

Kemudian lurus saja ke Grabag lalu ikuti rambu ke Kebumen. Setelah memasuki Kabupaten Kebumen silahkan melanjutkan perjalanan melalui Pantai Jetis dan Pantai Ketawang untuk sampai ke Kec. Mirit. Setelah sampai di distrik Mirit, Anda akan menemukan papan petunjuk menuju objek wisata tersebut.

Perjalanan snorkeling ke Gili Ketapang

Biaya masuk wisata bahari

Harga tiket masuk ke Pantai Laguna Lembupurwo tergolong murah karena pantai ini masih alami dan belum dilakukan pembangunan secara signifikan. Namun kealamian inilah yang menjadi daya tarik banyak wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini. Tiket masuknya juga terkadang berubah tergantung kondisi.

Secara umum, jika hari libur atau tanggal merah, harga tiket masuknya mungkin lebih tinggi. Sebab, biaya tersebut digunakan untuk pengelolaan pantai dan oleh karena itu juga termasuk dalam imbalan yang harus dibayarkan.

Namun secara umum harganya relatif murah dan biasanya hanya Rp 2.000 saja. Sangat murah bukan? Selain itu, ada juga tiket parkir yang harganya sama, hanya Rp 2.000 saja. Dengan harga tiket tersebut wisatawan bisa menikmati indahnya pantai dengan lautnya yang biru, hamparan pasir dan juga pemandangan pepohonan pinus yang ada disana.

Kegiatan yang menarik dan mengasyikkan

Aktivitas di Pantai Laguna LembupurwoFoto: Google Maps/Achmad Robangi

Pantai Laguna di Kebumen menawarkan berbagai aktivitas menarik antara lain sebagai berikut:

1. Mainkan Flying Fox

Di sini wisatawan tidak hanya menikmati pemandangan yang indah, namun juga bisa menjajal permainan unik dan menantang. Salah satunya wahana Flying Fox yang memiliki rute terbaik dan menawarkan panorama indah. Saat menaiki wahana ini, Anda dapat menikmati pemandangan laguna dari atas serta beberapa hutan pinus udang dan pantai.

Pemandangan dari atas akan terlihat semakin mengesankan, jadi sangat layak untuk dicoba. Lokasi wahana ini berada di bukit pasir Pantai Laguna Lembupurwo.

2. Melihat pemandangan mangrove di Pantai Laguna Lembupurwo

Selain menikmati pantai, ada juga tempat indah lainnya yaitu tanaman bakau. Jika duduk-duduk dirasa terlalu membosankan, Anda bisa mencoba berjalan-jalan di sekitar pantai ini melalui jembatan bambu. Setelahnya, Anda bisa berjalan menyusuri pantai dan melihat tanaman bakau yang tumbuh di sepanjang laguna.

Selain pemandangan tanaman bakau, beberapa ikan kecil juga berenang di sini. Tentunya dengan pemandangan tersebut menjadi menarik untuk memandangi danau tersebut. Anda juga bisa menikmati pemandangan hutan bakau ini dengan menyewa perahu nelayan terdekat untuk berlayar mengelilingi danau.

3. Foto yang Instagramable

Tentunya aktivitas lain yang bisa Anda lakukan adalah mengabadikan momen tersebut dengan berfoto di pantai Laguna Lembupurwo. Suasana eksotik ini sayang jika tidak diabadikan. Wisatawan bisa berfoto Instagramable karena banyak tempat menarik di pantai eksotik ini.

Contohnya seperti pepohonan pinus, berfoto di atas pasir, berayun-ayun di tepi pantai, hingga melintasi jembatan bakau. Ada juga yang memotret matahari terbit dan terbenam dari pantai laguna ini karena terlihat sangat indah dengan berbagai perpaduan warna yang ditawarkan alam.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Fasilitas di Pantai Laguna LembupurwoFoto: Google Maps/Sigit Prasetio

Fasilitas yang ada di tempat ini dapat memudahkan para wisatawan untuk melakukan perjalanan lebih menyenangkan. Fasilitas pendukung di Pantai Laguna antara lain tempat parkir yang luas, toilet umum, warung makan, dan beberapa spot foto yang banyak digemari pengunjung.

Sesuai dengan namanya, Pantai Laguna Lembupurwo memiliki sebuah laguna. Laguna merupakan sebuah danau payau yang berada di dekat pantai. Keindahan yang eksotis ada di laguna ini karena dekat dengan pantai yang dipisahkan oleh hutan pinus. Hal ini memiliki beberapa kelebihan dan menjadikan kunjungan ke pantai ini semakin menarik.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button