Tempat Wisata

Air Terjun Renah Sungai Besar : Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Tempat

Jambi mempunyai banyak sekali potensi alam yang masih sangat alami dan belum banyak terjamah oleh wisatawan. Pasalnya, beberapa tempat wisata berada di kawasan terpencil dan memerlukan upaya ekstra untuk menjangkaunya. Tersembunyi di balik perbukitan, di hutan belantara, dan di pegunungan, masih ada beberapa tempat wisata yang masih belum terjamah seperti air terjun Renah Sungai Besar.

Air Terjun Renah Sungai Besar masih terdengar asing bagi wisatawan luar daerah, namun tidak bagi masyarakat yang tinggal di Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang. Tempat wisata ini sangat populer dan menjadi salah satu tujuan wisata favorit masyarakat setempat. Aliran air yang besar dan air terjun yang cukup mempesona menjadi daya tarik tersendiri untuk melepas kepenatan akhir pekan.

Air Terjun Renah Sungai Besar

Secara administratif Air Terjun Renah Sungai Besar terletak di Desa Renah Sungai Besar, Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi. Untuk menikmati keindahan air terjun ini, wisatawan harus menempuh jarak setidaknya 80 kilometer dari pusat Kabupaten Bungo. Rute ini dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 1,5 jam.

Wisatawan bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat untuk menuju Air Terjun Renah Sungai Besar. Kondisi jalan dari pusat Kabupaten Bungo menuju Desa Renah Sungai Besar cukup baik dan beraspal mulus. Namun sesampainya di Desa Renah Sungai Besar, pengunjung diharuskan memarkir kendaraan dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Pengunjung harus berjalan kaki minimal 30 menit sebelum mencapai air terjun.

Pesona Air Terjun Renah Sungai Besar

Selama bertamasya menuju air terjun, wisatawan tidak akan bosan, karena pemandangan yang masih asri berupa pepohonan hijau di kanan dan kiri jalan setapak. Dalam perjalanan ini Anda akan menemukan tujuh jembatan yang perlu dilintasi. Udara sejuk dan segar akan selalu menemani Anda saat menuju air terjun.

Perjalanan yang cukup menguras tenaga akhirnya terbayar ketika air terjun dengan aliran air yang menderu-deru terhampar tepat di depan mata kami. Udara dingin langsung menusuk tulang saat wisatawan tiba di Air Terjun Renah Sungai Besar. Tak jarang terlihat beberapa anak kecil asyik berenang dan melompat ke sungai dari bebatuan yang mengelilingi air terjun.

Air Terjun Renah Sungai Besar

Air terjun Renah Sungai Besar tingginya mencapai 30 meter dan terdapat kolam alami di bawahnya. Kedalamannya hanya sekitar 2 meter sehingga cukup aman bagi wisatawan untuk berenang atau sekedar mandi di kolam tersebut. Airnya cukup jernih dan segar, rasa lelah yang dirasakan saat berjalan menuju air terjun seakan hilang saat mandi di bawah air terjun.

Faktanya, ada tiga air terjun dengan keindahan mempesona di Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang. Namun sayang, pemerintah setempat terkesan kurang memperhatikan potensi wisata yang ada di kawasan ini. Akses yang cukup sulit dapat menjadi kendala wisatawan untuk mengunjungi tempat wisata di Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang.

Saat ini pengunjung yang datang ke Air Terjun Renah Sungai Besar hanya berasal dari masyarakat setempat dan hanya dari luar daerah. Tidak menutup kemungkinan resor wisata ini jika dikelola secara profesional dapat menghasilkan pendapatan daerah dari sektor pariwisata. Diharapkan pemerintah setempat lebih memperhatikan air terjun ini dengan membangun beberapa fasilitas pendukung pariwisata.

Air Terjun Renah Sungai Besar memancarkan pesona alam yang masih terjaga dan terjaga. Suara gemericik air yang jatuh di bebatuan seakan menenangkan jiwa setiap pengunjung. Udara segar, bebas polusi, dan kicauan burung liar menambah kesempurnaan tempat wisata ini.

Fasilitas air terjun Renah Sungai Besar

Sayangnya fasilitas di Air Terjun Renah Sungai Besar tidak sebanding dengan keindahan yang ditawarkan. Fasilitas yang bisa wisatawan temukan masih sangat sedikit, hanya ada bangunan sederhana untuk berganti pakaian di dekat air terjun. Tidak ada toilet, tempat parkir, dan musala bagi umat Islam yang dibangun di air terjun ini.

Biasanya wisatawan yang berkunjung ke air terjun menitipkan kendaraannya di rumah warga desa sekitar. Pengunjung muslim yang ingin beribadah dapat menggunakan musala yang ada di Desa Renah Sungai Besar. Tidak ada pedagang yang menjajakan makanan atau minuman di sekitar air terjun. Oleh karena itu wisatawan sebaiknya membawa perbekalan sendiri atau membelinya di desa terdekat.

Baca juga:

Jika wisatawan ingin bermalam, terdapat pilihan akomodasi atau hotel yang bisa dipilih di sekitar Muaro Bungo. Setidaknya ada 5 hotel bintang satu hingga tiga yang bisa digunakan bermalam. Saat Anda berada di Kabupaten Bungo, tak ada salahnya mengagumi keindahan Air Terjun Renah Sungai Besar. Berikut beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan di air terjun ini.

Menikmati keindahan air terjun

Saat Anda berkunjung ke Air Terjun Renah Sungai Besar, Anda akan menyaksikan fenomena air terjun yang cukup mempesona, salah satunya adalah suara air yang jatuh dari tebing. Di sini Anda bisa menikmati air terjun sepuasnya dengan mandi dan berenang bersama anak-anak desa. Airnya yang jernih dan segar mampu mengembalikan semangat dan membuat tubuh rileks.

Tak lupa, Anda juga bisa menikmati sensasi pantulan alam dengan berdiri langsung di bawah air terjun dan merasakan air yang jatuh membasahi seluruh tubuh Anda. Pemandangan sekitar yang dipenuhi pepohonan hijau, terlihat asri dan menambah keasrian air terjun ini. Tempat ini sangat bagus untuk bersantai dan menghilangkan stress dalam pikiran anda.

Perburuan Foto

Bagi pecinta fotografi, tempat wisata ini juga bisa dijadikan tujuan berburu foto. Air terjun ini menawarkan berbagai objek indah yang bisa Anda foto dengan kamera. Mereka juga bisa mengabadikan keindahan alam yang masih asri dan terlindungi dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab.

Dengan menjelajahi kawasan sekitar air terjun, Anda bisa menemukan tempat terbaik untuk memotret keindahan alam. Pesona air terjun juga bisa dijadikan background bagi yang gemar memajang foto di akun media sosial. Tentunya tempat wisata ini cukup Instagrammable dan mampu menghasilkan foto-foto menarik.

Jam buka dan harga tiket Air Terjun Renah Sungai Besar

Tiket masuk ke Air Terjun Renah Sungai Besar sepenuhnya gratis bagi wisatawan. Kemudian jam bukanya mulai dari jam 8 pagi hingga jam 6 sore.

Baca juga:

Tips berwisata ke Air Terjun Renah Sungai Besar

  • Jangan memaksakan diri untuk datang saat cuaca sedang hujan karena jalanan akan sangat licin.
  • Berhati-hatilah saat menuju air terjun karena jalannya cukup ekstrim.
  • Bawalah pakaian ganti jika berencana mandi dan berenang di air terjun.
  • Jika ingin memarkir kendaraan di halaman rumah warga, mintalah izin terlebih dahulu.
  • Jagalah kebersihan air terjun dengan membuang sampah pada tempatnya.
  • Berhati-hatilah dalam menjaga kelestarian air terjun dan jangan merusak segala isinya.

Galeri Foto Air Terjun Renah Sungai Besar

Air Terjun Renah Sungai Besar

Potret pengunjung
Bersantailah di dekat air terjun
Berburu foto di bawah air terjun
Mandi di bawah air terjun
Pesona dan keindahan air terjun

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button