Tempat Wisata

Vihara Dharma Sasana : Harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan lokasi

Pernahkah Anda berpikir untuk berdoa saat liburan? Kunjungan ini sangat direkomendasikan bagi umat Buddha Vihara Dharma Sasana (Vihara Senggarang) di Kepulauan Riau. Lebih spesifiknya, tempat ibadah umat Buddha ini terletak di pinggir Pantai Senggarang, Kota Tanjung Pinang, Pulau Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia.

Keajaiban Vihara Dharma Sasana (Viahara Senggarang)

Begitu memasuki halaman vihara, pemandangan menyegarkan menanti Anda, sejauh mata memandang terdapat tanaman hijau, yakni terdapat taman yang sering dijadikan tempat peristirahatan para pengunjung. Kemudian jika ditelusuri lebih dalam lagi, Anda akan menemukan banyak jenis patung khas Buddha.

Misalnya saja patung naga, patung salah satu tokoh pejuang terkuat yaitu Sun Go Kong, patung dewi Kuan Im dan beberapa patung lainnya yang turut meramaikan vihara ini. Di dalam biara Anda juga akan melihat sebuah kuil yang sebenarnya sudah ada sejak abad ke-17 namun masih berdiri kokoh hingga saat ini.

Fasilitas Vihara Dharma Sasana (Vihara Senggarang)

Karena merupakan vihara tempat peribadatan bagi pemeluk agama Budha, maka fasilitas yang disediakan tentunya merupakan sarana peribadatan yang menunjang terlaksananya peribadatan di vihara ini, seperti sesaji atau pembakaran dupa dan lain-lain.

Ada sedikit cerita tentangnya Vihara Dharma Sasana (Vihara Senggarang). Dahulu kala, vihara ini dibangun oleh seorang pendatang dari daratan Tiongkok. Kompleks vihara juga terdiri dari 4 bangunan induk, 3 diantaranya berupa candi yang semuanya menghadap ke laut.

Kuil pertama diberi nama Kuil Fu De Zheng Shen. Kuil kedua diberi nama Kuil Tian Hou Sheng Mu dan kuil terakhir diberi nama Kuil Yuan Tien Shang.

Sehingga bangunan keempat ini masih stabil bahkan dijadikan sebagai objek wisata selain fungsinya sebagai tempat ibadah yaitu vihara yang dibangun pada tahun 1988 atau sekitar 43 tahun setelah Indonesia merdeka.

Baca juga: Biara Avalokitesvara Graha, biara terbesar di Asia Tenggara

Berburu foto di tur ini

Taman hijau di depan vihara bisa Anda jadikan salah satu subjek foto Anda. Selain itu, Anda juga bisa masuk ke dalam dan melihat hal-hal unik yang ada di dalamnya Vihara Dharma Sasana (Vihara Senggarang). Misalnya saja berbagai patung yang disebutkan di awal, beberapa di antaranya bisa Anda abadikan di kamera Anda.

Akses ke Vihara Dharma Sasana (Viahara Senggarang)

Apabila anda melakukan perjalanan dari atau berangkat dari luar Kepulauan Riau, sangat disarankan agar anda memilih terlebih dahulu jalur laut dan menggunakan angkutan laut dengan tujuan di pelabuhan besar di Tanjung Pinang. Begitu Anda sampai di sana, segalanya menjadi lebih mudah karena Anda memiliki dua cara alternatif untuk menggabungkan perjalanan.

Pilihan pertama merupakan pilihan yang direkomendasikan, yaitu menaiki perahu pompong atau jenis perahu kecil dengan waktu tempuh sekitar 15 menit. Jika terpaksa karena perahu Pompong sudah penuh dipesan, Anda masih bisa melanjutkan perjalanan melalui jalur darat.

Lalu mengapa jalur darat ini tidak lebih direkomendasikan dibandingkan jalur laut atau menggunakan jasa perahu Pompong? Sebab jika anda memutuskan untuk melalui jalur darat, mau tidak mau harus memutar balik terlebih dahulu, sehingga perjalanan pasti akan memakan waktu lebih lama dibandingkan jika menggunakan perahu pompong yang perjalanannya hanya memakan waktu 15 menit saja.

Tips Berwisata ke Vihara Dharma Sasana (Viahara Senggarang)

Subjudul “Photo Hunt” menjelaskan bahwa pengunjung juga dapat mengambil foto di dalam kuil atau biara. Namun, Anda harus berhati-hati agar aktivitas tersebut tidak mengganggu orang lain. Ingat kembali bahwa fungsi utama dari Vihara Dharma Sasana (Vihara Senggarang) Ini adalah tempat ibadah bagi umat Buddha.

Oleh karena itu, bagi pengunjung yang menganut agama selain Buddha dimohon untuk maklum dan tidak menimbulkan gangguan, terutama saat mencari foto. Peran saling menghormati – menghormati dan meningkatkan toleransi terhadap agama lain – diperlukan di sini.

Peta lokasi Vihara Dharma Sasana (Viahara Senggarang)

Jam buka dan biaya masuk Vihara Dharma Sasana (Viahara Senggarang)

Vihara ini buka mulai pukul 08:00 WIB hingga 17:00 WIB dan tidak dipungut biaya masuk karena lagi-lagi fungsi utama tempat ini adalah sebagai tempat peribadahan umat Buddha. Mengenai biaya masuk mengunjungi tempat ini, belum ada informasi pasti mengenai biayanya.

Demikian sekilas informasi dan isinya Vihara Dharma Sasana (Vihara Senggarang). Bagi yang beragama Buddha, sangat disarankan untuk meluangkan waktu mengunjungi biara bersejarah ini dan merasakan perbedaan ibadahnya.

Galeri Foto Vihara Dharma Sasana

Selamat datang di Vihara Dharma Sasana
Vihara Dharma Sasana
Potret patung di biara
Potret pengunjung

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button