Tempat Wisata

Tugu Proklamasi : Harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan lokasi

Sejarah Tugu Proklamasi menjadi salah satu alasan mengapa tugu tersebut mampu menarik banyak wisatawan untuk mengunjunginya. Selain itu, bentuk tugu yang berbeda dari yang lain menjadi daya tarik tersendiri bagi tugu tersebut. Tugu Proklamasi memperingati sejarah perjuangan Kepulauan Riau bergabung dengan Indonesia. Perjuangan ini diawali dengan penjahitan bendera Merah Putih yang pertama kali dikibarkan, dan pembacaan teks proklamasi di Tanjungpinang.

Dari monumen ini diketahui negara-negara Melayu berjuang untuk bergabung dengan Indonesia. Belum banyak yang mengetahui sejarah ini, banyak diantara mereka yang berpendapat bahwa Kepulauan Riau adalah bagian dari wilayah Indonesia seperti yang lainnya.

Sebagai tempat pertama kali pengibaran bendera Merah Putih dan juga pertama kali pembacaan teks Proklamasi akan menarik banyak pengunjung yang ingin mengetahui lebih jauh tentang sejarah Tugu Proklamasi dan pesonanya.

Fasilitas Peringatan Proklamasi

Kini Tugu Proklamasi dipugar dalam bentuk transformasi tanpa menghilangkan nilai sejarah yang melekat pada tugu tersebut. Pemugaran ini dilakukan karena kondisi lokasi Tugu Proklamasi yang terletak di taman kota sudah lama terbengkalai.

Sehingga diharapkan taman kota ini kedepannya dapat berfungsi dengan baik dan mengundang banyak pengunjung untuk berkunjung ke Tugu Proklamasi. Letak tugu sendiri cukup strategis sehingga menarik banyak pengunjung dan meramaikan tugu.

Sejarah Tugu Proklamasi

Monumen ini dibangun untuk mengenang upaya Kepulauan Riau bergabung dengan Indonesia. Selain itu, monumen ini juga menjadi tempat pengibaran bendera Merah Putih dan pembacaan teks Pancasila pertama kali di Tanjungpinang.

Sayangnya belum banyak yang mengetahui kisah pengumpulan dan pembacaan teks proklamasi pertama kali di tanah Tanjungpinang, Malaysia. Karena itulah monumen ini dibangun untuk mengenang pertempuran tersebut.

Mochtar Huserin, Tokoh yang memperjuangkan agar Kepri masuk menjadi wilayah di Indonesia, saat itu terjadi tarik menarik dimana ada pihak yang menginginkan Kepri bergabung dengan Indonesia dan ada pula yang menginginkan Singapura bergabung, yaitu pada saat itu waktu itu dijajah oleh Inggris.

Ada alasan bagus mengapa tarik-menarik ini terjadi di kedua belah pihak. Keinginan menyerahkannya kepada Indonesia didasari oleh sejarah nusantara dan keinginan untuk menjadi bagian dari Singapura yang masih satu keluarga dengan Kepri.

Sehingga saat itu Mochtar Husein berani memaksa Kepri masuk wilayah NKRI melalui Pertempuran Kepri, dan akhirnya mendapat dukungan penuh dari Presiden Soekarno.

Selanjutnya pada tahun 1949, bendera Merah Putih dikibarkan pertama kali di depan gedung daerah pada tiang di pojok kanan gedung. Hanya saja pondasi benderanya berubah setelah pemerintah mendirikan tugu proklamasi yang didirikan oleh Suryatati A Manan selaku Wali Kota Tanjungpinang.

Baca juga: Perkantoran keraton, wisata yang kaya akan nilai sejarah dan warisan budaya

Berburu foto di tur ini

Anda dapat mengambil foto seluruh Tugu Proklamasi dari depan untuk menunjukkan keberadaan tugu yang mempunyai sejarah panjang dengan Indonesia. Monumen ini masih dapat difoto dari berbagai sudut untuk hasil yang lebih baik. Setelahnya, Anda juga bisa berfoto bersama dengan Tugu Proklamasi.

Akses Menuju Tugu Proklamasi

Tugu Proklamasi Letaknya strategis di dekat pintu keluar Pelabuhan Dri Bintan Pura di Tanjungpinang. Jika mengunjunginya tidak terlalu sulit, Anda juga bisa menggunakan kendaraan pribadi agar lebih cepat sampai ke tujuan.

Tips menuju Tugu Proklamasi

Tugu Proklamasi Didirikan untuk menghormati perjuangan yang dilakukan untuk menyatukan Kepulauan Riau dengan Indonesia. Meski Tugu Proklamasi tidak didesain seperti monumen lainnya, bukan berarti dengan merawatnya akan menjadi lebih baik.

Saat berkunjung ke Tugu Proklamasi, alangkah baiknya Anda berhati-hati dengan tidak merusak peninggalan sejarah, misalnya dengan tidak mencoret-coretnya. Namun, Anda harus menghormati monumen di tempat wisata ini.

Sangat disarankan untuk menciptakan kenangan saat berlibur. Oleh karena itu, jika Anda ingin menjadikan kunjungan Anda sebagai kenangan yang tak terlupakan, sebaiknya Anda mengambil beberapa foto dengan beberapa latar belakang yang menampilkan Tugu Proklamasi sekaligus perkenalannya.

Jika siang hari ingin berkunjung ke Tugu Proklamasi, cuaca akan sangat panas karena tidak adanya tempat berteduh. Jadi, Anda harus memikirkannya ketika Anda mengunjungi kami. Di sore hari lebih baik bagi Anda karena matahari tidak terlalu terik.

Jam buka Tugu Proklamasi Kepulauan Riau dan peta lokasi

Lokasi Tugu Proklamasi Letaknya tidak jauh dari Pelabuhan Sri Bintan Pura dan letaknya strategis sehingga tidak ada waktu masuk khusus bagi Anda untuk mengunjungi Tugu Proklamasi. Anda juga tidak akan dikenakan biaya masuk dengan tiket masuknya. Mengunjungi salah satu monumen bersejarah akan memberi Anda informasi sejarah yang berharga.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button