Tempat Wisata

Pantai Baruna Semarang – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Tempat Wisata, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Harga Tiket – Pantai Baruna merupakan salah satu tempat wisata pantai unik di Semarang yang layak untuk dijelajahi. Pantai ini menawarkan pemandangan padang rumput pantai dan monumen bersejarah.

harga tiket: Rp 5.000, Waktu aktif: 06:00-19:00, Alamat: Pantai Baruna, Kec. Tanjung Bringin, Kab.Semarang Utara, Jawa Tengah; map: Cek lokasi

Pantai Baruna Semarang merupakan pantai yang pemandangannya dihiasi ilalang dan bebatuan kecil. Pantai Ibi sangat mirip dengan suasana pantai di Eropa. Tempatnya yang landai sangat romantis. Pantai yang dipenuhi rerumputan hijau ini menjadi spot favorit bagi setiap pasangan.

Udara pantai yang lembut ditambah dengan angin segar dari rerumputan hijau membuat suasana menjadi segar dan sejuk. Anda tidak akan menemukan pasir pantai di Pantai Baruna. Namun, dari pantai, air laut langsung terhubung dengan lokasi perbukitan tempat tumbuhnya ilalang.

Pantai rerumputan yang menghadap ke Laut Jawa ini memiliki bebatuan unik berbentuk segitiga di bibir pantainya. Batuan ini menjadi batas antara air laut dan daratan. Selain bebatuan indah ini, Anda akan menemukan banyak spot foto di Baruna. Siapkan kamera dan memori ponsel Anda untuk mengambil foto nanti.

Atraksi Pantai Baruna

Pemandangan pantai barunaSumber gambar: Google Maps Paiman

1. Keindahan pantai

Pantai ini berbeda dengan pantai lainnya pada umumnya. Pantainya indah dengan angin sepoi-sepoi yang menjernihkan pikiran. Jika Anda tidak ingin bermain air dan berjalan-jalan, Anda bisa menikmati keindahan pantainya. Deburan ombak yang tenang dengan semilir angin yang sejuk akan membuat Anda betah berada di pantai ini.

Kawasan Baruna cukup tenang dengan pemandangan yang mempesona. Hewan liar sesekali berkeliaran di pantai yang indah ini. Hal ini membuat Baruna semakin menarik bagi wisatawan. Daya tarik di pantai ini berhasil menarik pengunjung ke Pantai Baruna di Semarang.

Tidak ada pasir lembut di pantai untuk memanjakan kaki Anda. Namun, keindahan pantai dengan deretan pemecah gelombang membuat tempat ini semakin menakjubkan. Tempat ini juga dijadikan sebagai lokasi foto yang banyak dibagikan di media sosial.

2. Pemandangan Skotlandia

Hamparan ilalang dan ladang bunga di situs Baruna menjadi daya tarik tersendiri. Anda tidak perlu jauh-jauh ke Skotlandia untuk menikmati pemandangan indah yang sama di Semarang.

Sebuah padang rumput yang dihiasi dengan bunga liar bisa menjadi tempat yang romantis. Bagi anda yang sedang mencari tempat untuk menyegarkan pikiran dan mencari inspirasi untuk menulis, disinilah tempatnya.

Saat berkendara ke pantai Anda akan melihat jalur rumput liar dengan beberapa pohon yang saling bersilangan. Baruna penuh dengan vegetasi berupa pohon-pohon kecil dan pohon-pohon tinggi.

Di padang rumput yang luas, banyak pengunjung duduk di tepi hingga sore hari. Keindahan pantai yang ditumbuhi rumput liar adalah tempat Anda menunggu matahari terbenam yang sempurna. Sunset yang menghadap ke laut dan padang rumput terlihat sangat sejuk. Gunakan kamera yang bagus untuk mengambil foto yang bagus juga.

3. Monumen Jepang

Tempat Wisata di Pantai BarunaSumber gambar: Google Maps Hibernazi

Ternyata Pantai Baruna Semarang memiliki tempat bersejarah. Di tengah rerumputan ada sebuah monumen yang disebut Monumen Perdamaian Pikiran. Monumen ini didirikan oleh pemerintah Jepang pada masa penjajahan.

Dimana keberadaan tugu ini merupakan sebuah tugu peringatan. Tugu peringatan ini didedikasikan untuk tentara Jepang yang gugur dalam pertempuran. Pemerintah Jepang kemudian mendirikan tugu peringatan di lokasi Pantai Baruna. Keberadaan tugu ini menjadi salah satu daya tarik bagi pengunjung lokasi pantai.

Menurut beberapa cerita dari masyarakat, pembuatan monumen ini memiliki arah dimana keberadaannya secara sadar didamaikan dengan lokasi Tokyo, Jepang. Garis lurus tersebut dapat dilihat dari makna tulisan kanji pada tugu tersebut. Dimana kanji berarti menunjuk ke utara.

Menurut banyak pendapat, pembuatan tugu memiliki makna tersirat. Pembuatan monumen ini ditujukan untuk lokasi Tokyo, Jepang. Sehingga para prajurit yang gugur di tempat ini bisa kembali ke Jepang dengan damai.

Didirikan pada 14 Oktober 1945, monumen bersejarah ini semakin terkikis oleh waktu. Selain itu, monumen ini juga pernah digenangi banjir dan gelombang pasang air laut. Pemerintah setempat kemudian memperbaiki kondisi tugu tersebut dan diresmikan kembali oleh Walikota Semarang pada 14 Oktober 1998.

4. Atraksi lainnya

Pantai Baruna memiliki lokasi yang strategis. Dimana keberadaan pantai ini bersebelahan dengan keberadaan Pantai Marina. Anda hanya perlu berjalan beberapa meter untuk sampai ke tempat wisata lainnya.

Keberadaan tempat ini menjadi daya tarik bagi para pelancong yang ingin menjelajahi banyak tempat wisata. Selain keindahannya, Anda juga bisa menikmati Pantai Marina dalam sebuah perjalanan.

Selain pantai marina, ada juga Pantai Cipta di sekitar objek wisata ini. Untuk menuju lokasi di pantai Cipta ini Anda harus berjalan kaki beberapa meter dari bibir pantai.

Alamat dan rute menuju lokasi Pantai Baruna

Alamat Pantai BarunaKredit foto: Google Maps alin

Pantai Baruna Semarang terletak di Jawa Tengah, Semarang, Semarang Utara. Lokasi tepatnya adalah Pelabuhan Mas, Tanjung Beringin, Tanjung Mas. Lokasi pantai indah ini berada di Baruna, Semarang, dekat Pantai Marina di sisi timur.

Jika Anda ingin mengunjungi pantai unik di Semarang ini, Anda bisa menggunakan mobil, sepeda motor atau kendaraan umum. Tiba dari Semarang atau Simpang Lima. Anda dapat mengambil jalur Gunung Haryono dan mengikuti jalan lurus menuju bundaran Babakan.

Arahkan kendaraan Anda ke Jalan Ronggo Warsito. Saat menemukan perempatan lampu merah, ikuti jalan lurus hingga tiba di kawasan Pelabuhan Semarang.

Pintu masuk ke Pantai Baruna merupakan jalan yang cukup sulit dilalui pada waktu-waktu tertentu dalam setahun. Di musim panas jalan ini kering dan berdebu. Saat musim hujan, jalan ini akan becek seperti melewati jalan berlumpur.

Anda bisa mengunjungi pantai ini kapan saja. Lokasi tempat wisata ini tidak memiliki jam buka. Anda dapat mengakses sesuai keinginan. Pengunjung yang memasuki tempat wisata umumnya membayar tiket masuk yang tulus. Dimana ada pengunjung yang membayar Rp 3.000 atau Rp 5.000.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pantai Baruna

Aktivitas menarik Pantai BarunaKredit foto: Google Maps Henry Andriana

1. Berburu foto

Pecinta selfie akan langsung mencari spot foto unik setibanya di lokasi Baruna. Padang rumput yang luas ini bisa menjadi spot foto yang bagus. Jika ingin melakukan sesi foto sebelum pernikahan, lokasi Pantai Baruna juga sangat cocok.

Selain melihat hamparan rumput liar di lokasi ini, juga menawarkan pemandangan laut biru yang indah dan asri.

Di pantai terdapat bebatuan kecil yang menjadi salah satu spot foto terindah. Di sekitar ilalang juga terdapat beberapa pohon yang dijadikan sebagai lokasi foto keren. Tempat ini adalah tempat terbaik untuk berfoto bersama pasangan.

2. Memancing

Pengunjung yang hobi memancing juga ramai meramaikan Pantai Baruna. Ikan-ikan yang berkeliaran di perairan Baruna tidak hanya mengajak pemancing tetapi juga mengajak para nelayan untuk turun menangkap ikan. Aktivitas ini selalu membuat tempat wisata ini terlihat ramai.

Perahu nelayan kecil berjejer rapi di tepi pantai. Banyak pemancing juga menggunakan perahu nelayan. Pemancing juga memancing bersama nelayan di tengah laut.

Penginapan murah dekat pantai

Hotel murah yang cerdasSumber gambar: Twitter Best Western Airport Inn and Suites Orlando

1. Narra Hotel Semarang

Jarak antara Pantai Baruna dan Narra Hotel adalah 1,5 km. Kamu bisa bermalam di penginapan ini hanya dengan Rp 143.000 saja. Selain dekat dengan pantai, Narra Hotel Semarang Inn juga dekat dengan bandara.

Fasilitas utama adalah sarapan yang disediakan. Selain itu, Narra Hotel dekat dengan tempat wisata lain di Semarang.

2. Hotel Marina Air Port Semarang

Lokasi Marina Inn berjarak kurang lebih 2,1 km dari Pantai Baruna. Anda bisa bermalam di Marina Hotel yang cantik dengan harga Rp 121.000. Hotel budget ini menawarkan banyak fasilitas untuk Anda.

Hotel Marina menawarkan banyak fasilitas umum dan fasilitas kamar yang lengkap. Layanan untuk Anda juga tersedia 24 jam saat Anda membutuhkannya.

3. Hotel hemat yang cerdas

Penginapan ini berjarak 1,6 km dari Baruna. Hanya butuh Rp 140.000 untuk istirahat di hotel. Smart Inn sangat nyaman untuk melepas penat dan penat.

Fasilitas berupa penjemputan dan pengantaran di lokasi dimana anda berada. Ada wifi gratis dan fasilitas umum, fasilitas pribadi lengkap. Layanan juga tersedia untuk Anda.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Baruna Semarang

Fasilitas Pantai Baruna SemarangKredit foto: Google Maps Dedek Masruatul

Baruna belum dikelola secara sempurna oleh pemerintah daerah. Sehingga tempat wisata ini belum banyak dan fasilitas yang kurang memadai. Hanya ada satu tempat parkir di pantai ini, sedangkan fasilitas umum lainnya belum ada. Meskipun demikian, Anda belum bisa menjelajahi keindahan pantai ini.

Itulah sedikit sekilas tentang sejarah Pantai Baruna yang selalu diburu oleh para traveler. Selain indah, keberadaannya sangat strategis. Pantai Baruna adalah tempat wisata yang sangat populer dan memiliki banyak tempat wisata lain di sekitarnya.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button