Tempat Wisata

Telaga Biru Bintan: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Pulau Bintan terkenal memiliki sejumlah pantai berpasir putih yang eksotis. Selain itu, di kawasan ini juga terdapat puluhan resort yang menawarkan panorama alam yang mempesona. Meski demikian, Pulau Bintan sebenarnya masih menyimpan berbagai pesona alam yang masih belum terjamah wisatawan. Tempat wisata ini dikenal dengan nama Telaga Biru.

Telaga Biru di Pulau Bintan tak kalah indahnya dengan telaga di daerah lain. Tempat wisata ini akhir-akhir ini semakin populer dan mampu menarik minat wisatawan domestik maupun mancanegara. Pengunjung disuguhi sebuah danau yang airnya jernih dan biru seperti laut.

Danau Biru

Secara geografis, Danau Biru terletak di Desa Kuala Sempang, Kecamatan Seri Kuala Lobam, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau. Untuk menuju danau ini wisatawan harus menempuh perjalanan yang cukup jauh, sekitar 63 kilometer dari Tanjung Pinang. Perjalanan ini memakan waktu kurang lebih 1 jam 30 menit melalui jalur darat.

Wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan sewa baik sepeda motor maupun mobil, karena tidak ada angkutan umum yang melintasi jalur ini. Setelah sampai di Desa Kuala Sempang, wisatawan harus menyeberangi sungai untuk sampai ke Danau Biru. Perjalanan dari Desa Kuala Sempang memakan waktu kurang lebih 30 menit. Dalam perjalanan, wisatawan disuguhi indahnya panorama Kuala Sempang yang masih alami.

Pesona Telaga Biru

Faktanya, ada beberapa danau di Pulau Bintan yang mirip dan terlihat identik. Airnya yang biru dan juga indah salah satunya ada di Desa Busung yang berbatasan dengan Perbukitan Pasir Bintan. Telaga Biru ini sebenarnya merupakan objek wisata baru yang diresmikan pemerintah setempat pada bulan April 2017 lalu.

Terciptanya telaga ini juga unik karena ternyata telaga tersebut tidak terbentuk secara alami, melainkan bekas lokasi penambangan pasir yang masih beroperasi hingga saat ini. Penambangan pasir menghasilkan lubang yang cukup besar dan luas. Seiring berjalannya waktu, lubang tersebut terisi air hujan dan akhirnya terciptalah sebuah danau yang indah.

Danau Biru

Konon air di telaga ini terletak di atas tanah liat sehingga memberikan warna biru yang eksotis. Wisatawan disuguhi fenomena danau dengan hamparan air biru yang indah. Meski tidak tercipta secara alami, namun telaga ini tetap terlihat alami.

Air di Telaga Biru tidak semuanya berwarna biru, ada juga yang permukaan airnya berwarna kehijauan. Saat danau ini disinari matahari, akan mengeluarkan warna biru muda yang sangat indah bagaikan lautan luas. Sisa-sisa penambangan pasir masih bisa ditemukan di pinggir danau. Pasir putihnya ini pun seolah menambah keindahan danau sehingga terlihat seperti pantai.

Wisatawan bisa menikmati keindahan Danau Biru Bintan dengan bersantai di tepi danau atau berdiri di atas bukit pasir putih di tepi danau. Dari atas bukit pasir ini, pengunjung bisa melihat pemandangan danau eksotik tanpa halangan. Apalagi angin sepoi-sepoi seakan selalu menemani para wisatawan.

Pesona danau seakan tak ada habisnya dengan deretan pepohonan hijau yang mengelilingi danau. Pepohonan ini juga menciptakan suasana lebih natural dan asri yang sungguh memanjakan mata. Dengan diresmikannya Danau Biru sebagai objek wisata, diharapkan kedepannya semakin banyak wisatawan yang tertarik mengunjungi tempat ini.

Fasilitas Danau Biru

Meski termasuk tempat wisata baru, pemerintah setempat nampaknya serius mengelola Telaga Biru Bintan secara profesional. Wisatawan akan menemukan berbagai fasilitas umum seperti toilet, tempat parkir yang cukup luas dan musala untuk kebaktian gereja. Selain itu, terdapat rumah liburan sederhana dimana wisatawan dapat beristirahat.

Kedepannya, pemerintah setempat juga berencana membangun rumah pohon, kafe, dan tempat pertemuan untuk memberikan kenyamanan kepada pengunjung. Selain itu, wisatawan juga bisa menjumpai penjual oleh-oleh yang menawarkan berbagai pernak-pernik sebagai oleh-oleh. Di sekitar tempat wisata, pengunjung dapat menemukan persewaan ATV, rakit, dan kano untuk menjelajahi keindahan Telaga Biru.

Baca juga:

Wisatawan tidak perlu khawatir kelaparan di sekitar danau karena di sini terdapat beberapa penjual makanan dan minuman. Setelah menikmati keindahan telaga, Anda juga bisa berwisata kuliner dan mencoba berbagai masakan khas Bintan seperti gonggong, bawal, cumi dan juga teh tarik.

Jika Anda ingin bermalam, tersedia berbagai hotel dan akomodasi yang bisa Anda manfaatkan untuk bermalam. Hotel dan akomodasi ini dapat ditemukan di sekitar distrik Seri Kuala Lobam. Berwisata ke telaga ini bisa menjadi alternatif menarik di akhir pekan. Berikut berbagai aktivitas yang bisa Anda lakukan di Danau Biru Bintan.

Menikmati keindahan danau

Saat Anda mengunjungi Danau Biru di Pulau Bintan, Anda akan menemukan sebuah danau indah yang airnya berwarna biru muda saat matahari bersinar. Di sini Anda bisa menjelajahi keindahan danau dengan mendaki bukit pasir di tepi danau. Hamparan pasir putih di tepi danau juga memberikan sensasi seperti berada di pantai yang eksotik.

Angin sepoi-sepoi juga akan memanjakan Anda di danau ini. Selain itu, Anda juga bisa menikmati keindahan danau dengan menyewa rakit atau kano. Dengan harga yang cukup terjangkau, Anda bisa menjelajahi tempat-tempat indah di danau ini. Tempat ini juga sangat cocok bagi anda yang ingin refreshing dan melepas penat dari aktivitas sehari-hari.

Perburuan Foto

Jika Anda menyukai fotografi dan terutama mengabadikan keindahan alam, maka tempat ini cocok untuk Anda. Danau Biru Bintan ini menawarkan objek yang sungguh indah yang bisa Anda foto dengan kamera. Banyak anak muda yang juga asyik berfoto selfie dengan latar belakang luasnya danau biru.

Anda dapat menjelajahi lokasi tertentu untuk mendapatkan tampilan dan gambar yang lebih menarik. Tempat ini sangat bagus untuk berfoto selfie dan pastinya Instagrammable. Bagi anda yang memiliki drone, bawalah drone anda ke danau ini. Jika Anda memotret danau dari udara, Anda dapat menikmati pemandangan yang sangat indah.

Jam buka dan biaya masuk Danau Biru

Wisatawan tidak dipungut biaya untuk masuk ke Telaga Biru dan juga tidak gratis. Namun harus disediakan uang, yakni untuk biaya parkir kendaraan. Sedangkan untuk jam bukanya, tempat wisata Telaga Biru di Riau ini buka selama 24 jam penuh.

Baca juga:

Tips berwisata ke Danau Biru

  • Waktu yang tepat untuk mengunjungi danau ini adalah sore hari.
  • Jika datang pada siang hari, jangan lupa membawa topi dan kacamata.
  • Jika Anda belum pernah ke danau ini, ajaklah seseorang yang mengetahui jalan menuju danau ini bersama Anda.
  • Jagalah kebersihan danau dan jangan membuang sampah ke dalam danau.
  • Ikut serta dalam pelestarian danau dan tidak merusak fasilitas dan keindahan danau.

Galeri Foto Telaga Biru Bintan

Potret Telaga Biru di Bintan
Spot foto di jembatan
Foto prewedding di Danau Biru Bintan
Potret gaya dermaga di Blue Lake
Perburuan Foto

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button