Tempat Wisata

Rumah Pengasingan Bung Karno di Bengkulu: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan lokasi

Peninggalan ini berasal dari Inggris dan Belanda, antara lain Benteng Marlborough, Makam Inggris, Monumen Thomas Parr, dan Monumen Hamilton. Selain peninggalan tersebut, ada juga peninggalan yang cukup dikenal masyarakat Indonesia yaitu Rumah Pengasingan Bung Karno. Sebelumnya Bung Karno pernah diasingkan oleh pemerintah Belanda, tepatnya pada tahun 1936–1942. Dalam pengasingannya ini, Bung Karno juga bertemu dan kemudian menikah dengan Ibu Fatmawati, putri seorang tokoh Muhammadiyah Bengkulu.

Selama pengasingannya, Bung Karno tinggal di rumah yang kini terletak di Jalan Soekarno-Hatta, tak jauh dari Jalan Simpang Lima. Rumah pengasingan ini mempunyai nilai sejarah yang sangat tinggi dan kini menjadi tempat wisata sejarah yang sangat digemari oleh para pengunjung khususnya warga Bengkulu sendiri.

Rumah tersebut awalnya milik seorang pengusaha Tionghoa bernama Tan Eng Cian. Saat itu, Tan Eng Cian sedang bekerja sebagai pemasok bahan makanan pokok pemerintah Hindia Belanda. Rumah bergaya Eropa ini dibangun pada awal abad ke-20 dan berbentuk persegi panjang dengan luas bangunan sekitar 162 meter persegi. Rumah ini juga berukuran kurang lebih 9 x 18 meter. Rumah ini memiliki atap genteng dan awning berwarna merah serta dinding bercat putih yang terlihat serasi. Di rumah ini Anda bisa melihat teras depan dan area kerja. Ruang kerja saat ini berisi foto-foto dan rencana pembangunan yang dirancang oleh Bung Karno sendiri. Di ruang kerja ini juga terdapat pintu yang bisa masuk ke kamar tidur Bung Karno dan istrinya yaitu Ibu Inggit Garnasih.

Di kamar tidur ini terdapat tempat tidur tiang besi. Selain kamar Bung Karno, masih ada kamar lain yakni kamar putri angkat keluarga ini. Di ruangan lain juga terdapat koleksi Bung Karno lainnya seperti koleksi buku, meja kerja, pakaian dan sepeda, serta perlengkapan pertunjukan teater kelompok Tonil Monte Carlo. Di bagian rumah ini juga terdapat ruangan besar dengan dua buah lemari kayu. Lemari kayu itu berisi pakaian Bung Karno dan Inggit Garnasih, istri kedua Bung Karno.

Selain itu, terdapat pula teras di bagian belakang rumah ini. Terdapat bangunan tersendiri di sisi timur rumah ini dan memiliki ciri khas rumah kolonial. Bangunan merupakan ruangan yang digunakan sebagai ruang pelayanan dan terdiri dari gudang, kamar mandi dan dapur. Di tempat ini juga terdapat air mancur yang konon mempunyai keajaiban atau khasiat yang bisa membuat awet muda. Oleh karena itu tidak heran bila anda berkunjung ke tempat ini anda akan melihat banyak pengunjung yang sedang mencuci muka di air mancur ini.

Baca juga: Bukit Kaba, panorama keindahan kawah di puncak bukit

Hingga saat ini kondisi museum ini masih rapi dan terawat sehingga memberikan kesan nyaman bagi pengunjung saat berkunjung ke tempat wisata bersejarah ini. Ya tentu saja karena rumah ini masih dirawat dengan baik oleh pemerintah daerah dan telah ditetapkan sebagai situs cagar budaya. Selain itu pengunjung juga dapat mengunjungi masjid rancangan Bung Karno yaitu Masjid Jamik. Selain itu pengunjung juga dapat mengunjungi rumah Ibu Fatmawati, istri Bung Karno. Bagi pengunjung yang masih bingung bagaimana cara menghabiskan liburannya, tidak ada salahnya mengunjungi tempat wisata bersejarah ini, selain itu pengunjung juga akan menemukan pusat penjualan dan kios yang menjual oleh-oleh khas daerah Bengkulu. Kios-kios ini juga letaknya tidak jauh dari tempat rumah pengasingan Bung Karno berada.

Lokasi Rumah Pengasingan Bung Karno

Rumah bersejarah ini terletak di Anggut Atas, Bengkulu, Kota Bengkulu, tepatnya di Jalan Soekarno – Hatta. Akses menuju tempat ini juga tidak sulit. Tempat ini juga nampaknya selalu ramai pengunjung, apalagi saat musim liburan panjang.

Biaya masuk dan jam buka

Harga tiket masuk yang ditawarkan pengelola tidak terlalu mahal. Pengunjung hanya dikenakan tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Namun perlu diketahui bahwa harga tiket di sini dapat berubah sewaktu-waktu. Pada jam operasional, kawasan wisata bersejarah ini buka mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WITA.

Tips berlibur di rumah Bung Karno di pengasingan

  • Selalu perhatikan kesehatan Anda saat berlibur

  • Bawalah perlengkapan liburan yang diperlukan saja

  • Bawalah juga kamera untuk menunjang perjalanan liburan Anda dan mengabadikan momen indah bersama anggota keluarga atau teman

  • Selalu menjaga keindahan dan kelestarian lingkungan sekitar dengan tidak merusak fasilitas yang ada dan tidak membuang sampah sembarangan

Galeri Foto Rumah Pengasingan Bung Karno di Bengkulu

Rumah pengasingan Bung Karno di Bengkulu
Potret Rumah Pengasingan
Poster Bung Karno di rumah
Potret sebuah ruangan di dalam rumah
Surat rahasia di rumah
Berburu foto di depan rumah

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button