Tempat Wisata

Air Terjun Batu Layang : harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan tempat

Keindahan yang dimilikinya sungguh luar biasa. Air terjun ini bahkan memiliki 3 air terjun sekaligus dan berdekatan. Ketiga air terjun ini juga berasal dari sungai yang sama. Arus air di sungai ini juga sedang dan tidak terlalu deras sehingga membuat tempat ini cukup aman bagi pengunjung yang ingin berenang bebas sambil menikmati segarnya air pegunungan. Kedalaman sungai ini berkisar antara 30 cm hingga 2 meter. Oleh karena itu, bagi Anda yang masih baru dalam berenang, ada baiknya Anda berenang di tempat yang tidak terlalu dalam.

Seperti suasana air terjun pada umumnya, sekeliling air terjun dan sungai dihiasi dengan bebatuan alam berukuran kecil hingga sangat besar dan berbagai bentuk. Hal ini membuat tempat ini terlihat rapi dan sangat nyaman. Keindahan tersebut juga dilengkapi dengan berbagai jenis pepohonan yang hidup di sekitar air terjun ini. Sangat teduh dan menawarkan perlindungan dari terik matahari. Selain itu kehadiran pepohonan tersebut juga menambah suasana alami dan membuat udara di tempat ini sangat segar.

Pengunjung yang beruntung juga dapat bertemu dengan monyet vervet atau monyet Latin Macaca pascicularis. Monyet berekor ini hidup di hutan sekitar air terjun. Pengunjung dapat melihat monyet-monyet ini bergelantungan dari satu dahan ke dahan lainnya, bahkan mengamati monyet-monyet ini sedang minum di tepi sungai. Namun pengunjung juga harus waspada dan menjaga jarak karena biasanya kera datang berkelompok. Tempat ini juga sering dijadikan tempat latihan para pecinta alam (Diksar).

Namun hal ini sangat disayangkan karena tidak adanya perhatian khusus terhadap tempat wisata ini. Walaupun lokasi ini mempunyai potensi wisata yang cukup banyak, namun fasilitasnya sendiri masih belum memadai.

Baca juga: Pantai Muara Kedurang merupakan perpaduan air tawar dan air asin

Selain belum tersedianya berbagai fasilitas pendukung, objek wisata ini sangat cocok bagi Anda yang menginginkan liburan penuh keindahan dan lokasi alam. Jika Anda menikmati sejuknya udara di sini, Anda bisa menghilangkan rasa penat dari pekerjaan sehari-hari.

Akses menuju Air Terjun Batu Layang

Berbicara mengenai akses menuju objek wisata ini bisa dikatakan tidak terlalu sulit namun tetap membutuhkan ketahanan dan tenaga yang ekstra. Seperti halnya tempat wisata lain yang tersembunyi di balik hutan, akses menuju ke sana pasti tidak mudah. Sebab untuk sampai ke air terjun, pengunjung harus berjalan kaki dan perjalanan bisa memakan waktu sekitar satu jam.

Perjalanan ini membawa Anda melewati berbagai tempat, mis. B. menurun atau menurun, melewati hutan dan sungai-sungai kecil. Namun jangan khawatir karena selama perjalanan menuju air terjun anda akan disuguhi pemandangan yang sangat indah dan dijamin pengunjung tidak akan bosan. Perjalanan melewati bukit ini juga menyuguhkan pemandangan indah perkebunan warga. Bahkan tidak jarang pengunjung bertemu dengan para petani yang sedang merawat kebunnya. Selain itu, para petani juga terlihat memanggul hasil kebunnya di pundak hewan ternaknya untuk dibawa pulang.

Sesampainya di lokasi air terjun ini rasa lelah dan penat Anda akan terbayar lunas. Keindahan alam dan kesejukan udara membuat rasa penat hilang seketika. Bak surga tersembunyi di Bengkulu Utara.

Lokasi Air Terjun Batu Layang

Objek wisata air terjun ini terletak di Desa Batu Layang, Hulu Palik, Kabupaten Bengkulu Utara. Jarak air terjun ini dari pusat kota Bengkulu sekitar 55 km. Jaraknya menjadi lebih pendek jika dimulai dari Arga Makmur yang panjangnya sekitar 15 km dan dapat ditempuh dalam waktu 20 menit.

Untuk menuju lokasi dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Kendaraan selanjutnya dapat diparkir di perhentian terakhir yaitu Desa Batu Roto. Kemudian kami melanjutkan dengan berjalan kaki yang memakan waktu sekitar satu jam.

Jam buka Air Terjun Batu Layang dan biaya masuk

Jika anda ingin mengunjungi tempat wisata air terjun ini maka anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun dan anda bisa mengunjunginya kapan saja karena buka 24 jam sehari.

Kiat liburan

  • Pastikan stamina anda cukup karena untuk menuju Air Terjun Batu Layang anda harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki

  • Usahakan untuk mengunjungi tempat wisata ini saat cuaca cerah

  • Bawalah perbekalan seperti makanan dan minuman karena di lokasi tidak terdapat gerai makanan dan minuman

  • Pastikan selalu menjaga alam dengan tidak membuang sampah sembarangan

Galeri foto air terjun Batu Layang

Potret air terjun Batu Layang

Air Terjun Batu Layang
Spot foto di bawah air terjun
Keindahan Air Terjun Batu Layang
Menikmati keindahan Air Terjun Batu Layang

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button