Tempat Wisata

Pantai Cinta Kedungu, tempat terbaik menikmati keindahan laut sambil mencicipi kuliner khas Bali di Tabanan

Pantai Cinta Kedungu di Tabanan menjadi destinasi yang memikat pengunjung dengan keindahan laut, kuliner lokal yang lezat, dan berbagai spot foto menarik.

Harga tiket: Rp5.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Pantai J L. Kedungu Kecamatan Belalang. Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali; Map: Periksa lokasinya

Bali, sebuah pulau di Indonesia yang terkenal dengan keindahan alamnya yang mempesona, menjadi landmark bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Padahal banyak sekali pantai di Bali seperti Pantai Kuta, Dreamland, Seminyak dan lain-lain yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Namun banyak sekali destinasi wisata yang tak kalah menarik untuk dikunjungi.

Salah satunya adalah Pantai Cinta Kedungu yang terletak di Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali. Berbeda dengan pantai lainnya, pantai ini menawarkan pemandangan indah yang bisa Anda nikmati dari atas bukit. Penasaran ingin tahu seperti apa gambaran singkat mengenai pantai ini? Yuk simak ulasan artikel berikut ini.

➥ Penawaran Hotel di Tabanan Bali

Objek wisata yang ditawarkan Pantai Cinta Kedungu

Objek Wisata: Pantai Cinta Kedungu BaliFoto oleh Fendy Lie / Google Maps

Jika Anda terbiasa menyaksikan matahari terbenam tepat di pinggir pantai, pantai ini berbeda. Pasalnya, daya tarik pantai cantik ini adalah Anda bisa menikmati matahari terbenam dari atas tebing. Selain pemandangan pantai dari atas tebing, Anda juga bisa menikmati indahnya pemandangan persawahan yang hijau dan bebatuan karang yang indah.

Pada dasarnya Pantai Cinta Kedungu di Tabanan merupakan sebuah kafe bertema outdoor yang menyuguhkan pemandangan langsung dari atas pantai. Banyak sekali anak muda yang datang ke pantai ini untuk menikmati senja sore dengan bersantai di bean bag yang disediakan. Tidak hanya wisatawan lokal saja yang datang, namun banyak juga wisatawan mancanegara yang ingin menikmati indahnya pantai di bagian selatan Bali.

Anda tidak perlu khawatir kehabisan spot foto karena berbagai spot foto dengan pemandangan indah akan Anda temukan di pantai yang mempesona ini. Spot foto yang bisa Anda manfaatkan mulai dari hamparan sawah yang hijau, kemudian ayunan dan susunan bambu berbentuk hati yang menghadap langsung ke pantai – kombinasi yang sempurna.

➥ Wisata Bedugul: Bloom Garden & Tanah Lot

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Pantai Cinta Kedungu BaliFoto oleh Herling Bali / Google Maps

Pantai Cinta Kedungu terbentang indah di sepanjang Jalan Pantai Kedungu, di pelukan Desa Belalang yang damai, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali. Perjalanan dari Kota Denpasar menuju kesini akan memakan waktu sekitar satu jam, namun usaha ini pasti akan membuahkan hasil yang luar biasa.

Saat Anda berkunjung ke keajaiban alam Pantai Tanah Lot, jangan ragu untuk meluangkan waktu sejenak menjelajahi pesona Pantai Cinta Kedungu yang tak kalah mempesona. Sebab jaraknya berdekatan, yakni hanya berjarak sekitar 2 km atau sekitar 15 menit waktu berkendara.

Mengakses Pantai Cinta Kedungu Tabanan membutuhkan waktu sekitar 30 menit berjalan kaki dari tempat parkir melalui persawahan yang indah. Meski memakan waktu yang cukup lama, namun worth it karena pemandangan yang ditawarkan.

Karena berada di Bali bagian selatan, memakan waktu yang lama dan jarak yang cukup jauh dari Bandara Ngurah Rai. Selain itu akses menuju pantai ini cukup menantang dan belum beraspal karena letaknya yang berada di atas tebing.

➥ Tiket pertunjukan Kecak dan Tari Api di Pura Uluwatu

Biaya masuk wisata bahari

Jika ingin menjelajahi pesona pantai ini, Anda hanya perlu mengeluarkan sedikit uang untuk biaya parkir. Besaran biaya parkir ini tergantung pada jenis kendaraan yang Anda gunakan. Jika memilih naik sepeda motor, cukup membayar Rp 2.000 saja, sedangkan pengguna mobil cukup mengeluarkan uang Rp 2.000 saja. 5.000 untuk memarkir kendaraan anda.

Selain itu, harga makanan dan minuman di kafe ini juga masih cukup terjangkau yaitu mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 50.000, sangat worth it jika dibandingkan dengan suguhan di pantai yang indah.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi pantai ini adalah sore hari karena jam buka Pantai Cinta Kedungu sekitar pukul 16.00 WITA. Dan pada akhir pekan pantai ini buka lebih awal mulai pukul 15.00 WITA. Selain itu, kapasitas tempatnya terbatas karena lokasi kafenya tidak terlalu besar. Pilih waktu yang tepat dan hindari akhir pekan agar Anda bisa duduk di kafe ini.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas Pantai Kedungu Cinta BaliFoto oleh Anita Maduratna / Google Maps

Pengunjung yang datang ke pantai mempesona ini tidak akan bosan karena banyak aktivitas yang bisa dilakukan di pantai indah ini. Ada berbagai jenis aktivitas dan keseruan yang wajib Anda coba antara lain:

1. Nikmati matahari terbenam

Jika Anda mencari tempat yang nyaman untuk duduk-duduk menikmati matahari terbenam, Pantai Cinta Kedungu Tabanan adalah pilihan yang cocok. Pasalnya yang menjadi daya tarik pantai ini adalah Anda bisa menyaksikan matahari terbenam dari atas tebing.

Pengunjung yang datang juga bisa menikmati makanan dan minuman yang dijual di kafe-kafe sekitar pantai. Pastikan Anda berkunjung pada waktu yang tepat, antara pukul 16.00 dan 18.30, karena setelah waktu tersebut langit semakin gelap dan perjalanan kembali ke tempat parkir menjadi lebih sulit.

2. Bermain air di Pantai Cinta Kedungu

Aktivitas lain selain menikmati matahari terbenam adalah bermain air di tepi pantai. Meski ombak di pantai ini cukup besar, namun Anda tetap bisa bermain air di tepi pantai dan berhati-hati agar tidak berenang terlalu jauh ke tengah.

Bermain air di pantai merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi semua orang. Namun, kehati-hatian harus selalu dilakukan saat bermain di pantai mana pun. Sebelum memasuki air, pastikan untuk memperhatikan kondisi cuaca dan gelombang serta ikuti petunjuk keselamatan yang dipasang oleh staf pantai atau papan informasi.

3. Berselancar

Karena ombak di Pantai Cinta Kedungu yang relatif besar sangat cocok untuk kegiatan selancar. Ombak di pantai ini cocok untuk semua peselancar baik amatir maupun profesional. Waktu terbaik untuk berselancar di pantai biasanya antara bulan April dan Oktober karena ombak biasanya bagus pada saat ini.

Jika Anda bukan peselancar berpengalaman atau tidak memiliki perlengkapan sendiri, Anda bisa menyewa papan dan perlengkapan selancar di dekat pantai. Harga sewa alat selancar mulai dari Rp 100.000.

4. Menunggang kuda di pantai

Jika bosan dengan aktivitas pantai yang itu-itu saja, cobalah menunggang kuda di pinggir pantai. Aktivitas di Pantai Cinta Kedungu ini bisa Anda nikmati dengan merogoh kocek sebesar Rp. 720.000 wisatawan bisa menjelajahi pesona pantai ini dengan menyewa kuda.

Jika Anda seorang pemula dan merasa kurang pengalaman dalam berkendara, maka pilihlah perusahaan rental yang juga menyediakan instruktur atau pemandu. Hal ini tentunya membantu Anda berkendara dengan lebih aman dan nyaman.

5. Bersantai di kursi bean bag

Aktivitas paling populer saat mengunjungi Pantai Cinta Kedungu di Tabanan adalah bersantai di bean bag yang disediakan di kafe terdekat. Untuk menarik pengunjung khususnya anak muda, wisata pantai ini belakangan populer dan viral di media sosial.

Suasana yang relatif tenang di Pantai Cinta Kedungu menjadikannya tempat yang tepat untuk bersantai dan menikmati ketenangan. Namun tetap berhati-hati dalam menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Fasilitas di Pantai Cinta Kedungu BaliFoto oleh JS King / Google Maps

Pantai ini memiliki fasilitas yang berbeda dibandingkan kebanyakan pantai lain di Bali. Pantai Cinta Kedungu di Tabanana memiliki fasilitas yang terbatas. Seperti meja, kursi/beanbag, kios kecil, cafe, toilet dan tempat parkir.

Nah itu saja informasi tentang Pantai Cinta Kedungu. Bali kaya akan pantai-pantai indahnya, pantai yang satu ini wajib Anda coba dan jangan sampai Anda lewatkan. Ingin menambahkan wisata pantai ini ke daftar liburan Anda?

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button