Tempat Wisata

Pantai Muara Kedurang: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Panorama dan pesona pantai ini sungguh indah. Air laut yang tenang dengan warna biru yang menyejukkan mata. Dipadukan dengan langit yang cerah dan dipadukan dengan langit biru yang dihiasi gugusan awan putih dalam bentuk abstrak. Ini adalah pemandangan yang dapat dinikmati oleh setiap orang yang mengunjungi tempat ini. Kawasan yang dikelilingi pepohonan hijau menjamin kesejukan dan ketenangan. Deburan ombak yang silih berganti menerjang tepian pantai penuh keindahan dan bagaikan melodi alam yang menenangkan jiwa.

Keindahan ini akan mencapai puncaknya saat hari menjelang malam. Saat matahari terbenam di ufuk barat dan langit bersinar merah kuning. Ibarat cermin, air laut tampak memantulkan cahaya matahari. Sungguh momen yang sangat indah dan sayang jika keindahan alam ini dilewatkan.

Panorama keindahan unik Pantai Muara Kedurang

Pantai ini tidak hanya menyuguhkan panorama keindahan yang eksotis, namun juga menawarkan keindahan lain yang mungkin tidak ditawarkan oleh pantai lain. Pantai ini sendiri memiliki muara sungai. Perpaduan alam pantai dan muara sungai menjadi daya tarik tersendiri dari objek wisata ini. Di muara sungai ini pengunjung juga bisa berenang dengan bebas karena dulunya tempat ini juga digunakan sebagai kolam renang alami. Pengunjung tempat ini terpesona dengan keindahan dan keunikan pantai ini.

Pantai ini terletak di hilir Sungai Kedurang. Mengingat lokasinya yang dekat dengan hilir sungai, pantai ini bukanlah pantai biasa. Di pantai ini pengunjung dapat menyaksikan keindahan pantai berpadu dengan air terjun. Air terjun di atas Sungai Kedurang ini berasal dari Sungai Sebiris dan mengalir ke Pantai Kedurang. Sebelum akhirnya air sungai ini mengalir ke laut, membentuk genangan besar seperti kolam renang alami. Terdapat bebatuan alam di pinggir kolam ini yang menambah keindahannya. Pengunjung bisa berenang di kolam ini dengan menggunakan ban yang bisa disewa. Selain itu, pengunjung juga tampak asyik melompat dari air terjun hingga ke dasar sungai. Sunagi juga memiliki air yang jernih dan warnanya agak kehijauan.

Jika bosan berenang di sungai, Anda bisa beralih ke air laut yang asin. Perpaduan air asin dan air sungai ini juga bisa dinikmati di muara sungai. Air muara sungai ini juga cukup dangkal sehingga membuat berenang di tempat ini sangat aman untuk anak-anak. Dimana air sungai berhubungan langsung dengan air laut. Sangat menakjubkan dan sangat fantastis. Oleh karena itu pantai ini dinamakan Pantai Muara Kedurang.

Baca juga: Air Terjun Kucing, keindahan objek wisata alam yang masih alami

Objek wisata bahari ini juga kerap ramai dikunjungi pengunjung yang sengaja datang kesini untuk menghabiskan waktu liburannya. Tak hanya pengunjung dari daerah sekitar saja, ada juga beberapa pengunjung yang sengaja datang ke kawasan Bengkulu hanya sekedar untuk merasakan dan melihat sendiri keindahan alam yang ada di tempat ini. Keunikannya terletak pada perpaduan air sungai dan air laut yang mungkin sudah sangat jarang kita temukan. Namun agak disayangkan karena situs ini tidak dikelola dengan baik dan fasilitasnya sendiri tidak disediakan secara maksimal.

Lokasi dan akses menuju Pantai Muara Kedurang

Pantai Muara Kedurang terletak di jalur Simpang Tiga antara Kota Manna jalur Sumatera Barat dan kawasan Kedurang. Pantai ini juga tidak jauh dari pusat kota Bengkulu, hanya berjarak sekitar 25 km dan waktu perjalanan sekitar 30 menit. Pantai ini juga memiliki dua jalur akses, pertama di kawasan Desa Tanjung Aur di Kecamatan Bunga Mas dan kedua di Desa Lubuk Lade di Kecamatan Kedurang Ilir. Jadi jika anda berangkat dari Kota Manna, pantai ini berada tepat di depan Jembatan Kedurang di Desa Tanjung Aur, Kecamatan Bunga Mas dan pintu masuk kedua berada di belakang jembatan yaitu Desa Lubuk Charge.

Bagi anda yang berkunjung ke tempat ini dengan kendaraan pribadi, kendaraan anda bisa diparkir di lahan milik warga sekitar karena kawasan wisata ini belum memiliki fasilitas yang memadai seperti tempat parkir. Dan hanya dengan modal sekitar Rp 5.000 saja, Anda sudah bisa leluasa menikmati keindahan Pantai Muara Kedurang.

Biaya masuk ke pantai Muara Kedurang

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang

Biaya masuk ke destinasi wisata ini dapat berubah sewaktu-waktu. (Pembaruan November 2023)

Jam buka Pantai Muara Kedurang

  • Buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore

Kiat liburan

  • Sebaiknya datang ke tempat ini saat cuaca sedang cerah

  • Bawalah perlengkapan liburan seperti baju ganti, makanan, dan minuman

  • Jagalah alam dengan tidak membuang sampah sembarangan

Galeri Foto Pantai Muara Keduran

Potret Pantai Muara Kedurang
Bersantai dan nikmati keindahan pantai
Perburuan Foto
Keindahan pantai dengan bebatuan kecil
Kombinasi air tawar dan air asin
Potret pengunjung di pantai

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button