Tempat Wisata

Puncak Segoro, tempat terbaik untuk foto dan menikmati panorama matahari terbenam di Gunung Kidul

Nikmati keindahan alam Puncak Segoro di Gunung Kidul, destinasi yang tepat untuk berburu spot foto yang luar biasa dan nikmati momen matahari terbenam terindah.

Harga tiket: Rp5.000, Jam beroperasi: 08.00-18.00 WIB, Alamat: Wiloso, Girikarto, Kab. Bakar, Kab.Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Periksa lokasinya

Puncak Segoro merupakan salah satu tempat wisata di Gunung Kidul yang wajib anda kunjungi ketika liburan tiba. Tak heran jika menjamin keindahan alam dari berbagai sisi. Pesona lautan menjadi daya tarik tersendiri yang menarik pengunjung. Letaknya yang berada di ketinggian membuat pesonanya semakin sempurna.

Karena lokasinya yang berada di perbukitan kapur, objek wisata ini selalu menjadi tujuan wisatawan dari berbagai daerah. Tujuan Anda biasanya mencari spot foto dengan background alam yang indah. Suasananya sangat menyenangkan, berbeda dengan kawasan sekitar pantai yang sebagian besar kering. Tempat ini juga cocok untuk menyaksikan fenomena matahari terbenam.

Gunung Kidul menawarkan banyak tempat wisata yang berhubungan dengan alam. Salah satu kabupaten di Jogja yang sering dijadikan tujuan wisata. Apalagi yang kita bahas kali ini menawarkan pesona yang luar biasa. Suasana perbukitan sangat terasa diiringi angin kencang dan suara deburan ombak bagaikan nyanyian alam.

Daya tarik Puncak Segoro

Daya Tarik Puncak SegoroFoto oleh Faisal A di Google Maps

Meski memang bukan pantai, namun pesona lautan masih bisa Anda saksikan jika berkunjung ke Puncak Segoro Gunung Kidul. Pasalnya, letaknya berada di pinggir lautan, lebih tepatnya di tebing kapur. Dari atas Anda bisa melihat berbagai objek wisata yang menarik untuk dikunjungi.

1. Keindahan alam yang menakjubkan

Daya tarik wisata Gunung Kidul yang populer adalah keindahan alamnya yang nyaris sempurna. Meski bukan pantai, namun hamparan Samudera Hindia terlihat sangat jelas. Bahkan lebih kentara dibandingkan wisata bahari, karena kali ini Anda berada di ketinggian. Ombak yang datang berukuran relatif besar dan menghantam tebing tempat Anda berdiri.

Namun tak perlu khawatir karena cipratan air tidak bisa mencapai Puncak Segoro. Pasalnya, ketinggian puncaknya mencapai ratusan meter, meski belum diketahui secara pasti berapa jumlahnya. Angin yang bertiup cukup kencang membuat suasana semakin romantis. Tempat wisata ini cocok dikunjungi bersama pasangan untuk bercinta.

Namun banyak juga wisatawan yang berasal dari keluarga. Selain itu, ada juga kelompok remaja yang tujuannya mencari spot foto. Terdapat vegetasi hijau di sekitar puncak, menaungi kawasan sekitarnya. Selain laut, Anda juga bisa melihat hamparan sawah hijau yang luas.

2. Perasaan seperti restoran di atas tebing

Puncak Segoro menawarkan lebih dari sekedar keindahan alam untuk dinikmati seluruh pengunjungnya. Konsep tempat wisata ini unik karena memadukan alam dengan restoran. Di puncak terdapat banyak kafe yang menawarkan menu makanan dan minuman yang berbeda-beda. Anda bisa menikmati pemandangan alam sambil makan dan minum.

Mungkin Anda pernah makan dan minum di beberapa tempat dan sering menikmatinya. Namun, Anda mungkin belum pernah menikmati nikmatnya makan sambil mengamati panorama alam yang nyaris sempurna. Selain itu, menu yang ditawarkan di sini harganya relatif murah. Dijamin kantong Anda tidak akan kosong untuk beberapa makanan yang Anda pesan.

3. Tempat matahari terbenam terbaik

Daya tarik Puncak Segoro Gunung Kidul selanjutnya adalah pesona keindahan matahari terbenam. Anda bisa menikmati panorama yang terbuka setiap hari di mana saja. Namun tidak seperti tempat yang kita bicarakan kali ini. Pasalnya, lokasinya yang berada di ketinggian membuat pesona matahari terbenam tampak semakin sempurna.

Dari atas terlihat cahaya oranye perlahan tenggelam dan menghilang. Keindahannya semakin terlihat saat cuaca cerah, yakni saat langit berwarna biru dan terdapat awan putih. Perlahan tapi pasti matahari yang semula menyinarinya seakan menghilang ke garis cakrawala di tengah lautan.

4. Tersedia spot foto khusus

Alasan wisatawan berkunjung ke Puncak Segoro dan betah berlama-lama bukan hanya karena keindahan yang ditawarkannya. Selain itu, di sini juga terdapat tempat khusus bagi yang menyukai fotografi. Bahkan, setiap sudut tempatnya cocok dijadikan tempat mengabadikan momen liburan, baik dalam bentuk foto maupun video yang bisa dijadikan konten.

Hanya saja pihak pengelola melengkapi fasilitasnya dengan membuat spot khusus. Salah satunya adalah bangku panjang yang mengarah langsung ke hamparan lautan luas. Ada juga yang berbentuk persegi seperti kereta kuda. Anda bisa duduk di kereta dan mengambil foto sambil sedikit berpose untuk hasil terbaik.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Puncak SegoroFoto oleh Tommy Tjahjono di Google Maps

Jika melihat gambaran singkat di atas, dapat disimpulkan bahwa lokasi Puncak Segoro berada di tepi lautan. Lebih spesifiknya, objek wisata alam ini terletak di Desa Wiloso, Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jarak ke pusat kota memang jauh, namun koneksi cukup baik dan mudah sekali.

Jika berangkat dari Alun-alun Wonosari, Anda harus menempuh jarak sekitar 35 kilometer. Jarak ini biasanya dapat ditempuh dalam waktu lebih dari satu jam dengan kecepatan rata-rata kendaraan. Ada banyak jalur yang bisa ditempuh, salah satunya melalui Jalan Raya Panggang Wonosari. Agar lebih mudah, jadikan RSUD Saptosari sebagai patokan berikutnya.

Perjalanan menuju Puncak Segoro memang panjang, namun yang pasti tidak akan membosankan. Dalam perjalanan menuju tempat tersebut Anda bisa melihat banyak keindahan alam. Sawah dan perkebunan lokal adalah suatu keharusan. Silakan gunakan aplikasi Google Maps untuk mempermudah perjalanan.

Biaya masuk dan jam buka

Seperti tempat wisata pada umumnya, terdapat tiket masuk bagi wisatawan yang ingin berkunjung. Namun jangan khawatir, harganya masih sangat terjangkau untuk semua orang. Anda hanya perlu menyiapkan biaya sebesar 5.000 rupiah untuk pengunjung. Biaya tambahan parkir tergantung kendaraan yang dibawa.

Sepeda motor dan mobil tentunya berbeda dan harganya masing-masing 2.000 dan 5.000 rupiah. Harga masuk Puncak Segoro Gunung Kidul di atas belum termasuk spot foto yang disediakan. Tempat kursi panjang, ayunan kayu dan ayunan besi harganya 15.000 rupiah. Sedangkan Flying Horse Spot lebih mahal yakni 25.000 rupiah.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas menarik di Puncak SegoroFoto oleh Arnosr 471 di Google Maps

Konsep wisata yang diusung memastikan tempat ini tidak pernah sepi. Selain itu, banyak pula atraksi yang seolah menjadi magnet wisata. Kalau bicara aktivitas yang bisa Anda lakukan, masih banyak lagi yang sudah menanti Anda.

Nikmati pemandangan alam

Puncak Segoro menawarkan keindahan alam yang menakjubkan, terutama hamparan lautan luas. Dengan semua pemandangan tersebut Anda bisa melupakan kehidupan sehari-hari sejenak. Deburan ombak yang datang, angin yang berhembus serta nuansa hijau di sekitar tempat ini dijamin akan membuat pikiran semakin rileks.

Carilah spot foto di Kawasan Puncak Segoro

Spot foto yang disediakan semakin melengkapi aktivitas yang bisa dilakukan di sini. Ada beberapa tempat yang sudah kami sebutkan yaitu kereta kuda, bangku panjang dan ayunan. Silakan pilih lokasi yang sesuai dengan selera Anda. Semua lokasi mengarah langsung ke keindahan alam, artinya memiliki latar belakang pesona yang luar biasa.

Wisata kuliner

Aktivitas menarik selanjutnya saat berada di Puncak Segoro Gunung Kidul tak lain adalah berburu kuliner. Konsep wisata alam ini mencakup panorama alam yang dipadukan dengan café atau restoran. Ada banyak menu yang bisa dipilih, silakan pilih sesuai selera. Soal harga, Anda tidak perlu khawatir karena dijamin relatif terjangkau.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Puncak SegoroFoto oleh Puncak Segoro di Google Maps

Tempat wisata yang patut dikunjungi tidak hanya menyediakan atraksi tetapi juga fasilitas yang lengkap. Tersedia tempat parkir yang luas ketika Anda mengunjungi tempat ini. Terdapat juga toilet, musala, dan kafe. Spot fotonya juga dilengkapi fasilitas penting dan sejalan dengan konsep wisata yang diusung.

Jogja, kawasan yang tak pernah gagal memanjakan wisatawan. Ada banyak jenis wisata yang bisa Anda kunjungi untuk memperkaya liburan Anda. Puncak Segoro di Gunung Kidul salah satunya yang memiliki daya tarik beragam, tiket masuk murah dan fasilitas yang disediakan lengkap.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button