Tempat Wisata

Pulau Teupah: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Kabupaten Simeulue merupakan wilayah kepulauan yang terdiri dari banyak pulau besar dan kecil. Di antara sekian banyak pulau kecil yang ada di Simeulue, terdapat beberapa pulau yang mempunyai potensi wisata bahari yang memukau. Salah satu pulau tersebut adalah Pulau Teupah yang menawarkan keindahan berupa pantainya yang mempesona.

Pulau Teupah merupakan sebuah pulau kecil di sebelah barat daya Pulau Simeulue. Pulau ini hanya mempunyai luas sekitar 780 hektar. Pulau kecil yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia ini menawarkan sejumlah pantai alami yang masih alami dan belum terjamah wisatawan asing. Kondisi pulau yang masih sangat asri dan bersih membuatnya sangat cocok dijadikan destinasi liburan.

Pulau Teupah

Secara geografis Pulau Teupah terletak di Kecamatan Teupah Barat, Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh. Diperlukan upaya tambahan bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam pulau ini. Pengunjung harus melintasi perempatan tersebut minimal dua kali jika datang dari luar Simeulue. Penyeberangan dari Simeulue menuju Teupah sendiri dapat dilakukan dengan menggunakan perahu dengan waktu tempuh sekitar satu jam.

Namun wisatawan harus ke Simeulue terlebih dahulu sebelum menuju Pulau Teupah. Untuk menuju Kabupaten Simeulue sendiri wisatawan dapat memilih dua jalur transportasi yaitu jalur laut atau jalur udara. Jika memilih jalur laut, pengunjung bisa memanfaatkan kapal penyeberangan feri menuju pelabuhan di Sinabang. Namun jika ingin lebih cepat dan efisien, traveler juga bisa menggunakan rute penerbangan.

Pesona Pulau Teupah

Keindahan alam Pulau Teupah seolah menjadi fenomena langka. Di pulau ini wisatawan bisa menjumpai berbagai pantai indah dengan pasir putih bersih dan air laut berwarna biru kehijauan yang sangat jernih. Deretan pohon kelapa yang tinggi pun menambah keindahan pulau ini.

Garis pantai Pulau Teupah sendiri sepanjang 88 kilometer membuat wisatawan bisa leluasa menjelajahi setiap jengkal keindahan alam pulau kecil ini. Terletak tepat di Samudera Hindia, sebagian besar pantai memiliki ombak yang cukup kuat. Meski demikian, wisatawan tetap bisa bermain air atau berenang di laut yang jernih.

Pulau Teupah

Sebagian besar pantai di tempat ini didominasi oleh pantai karang seperti yang ada di Pulau Siumat. Berbagai jenis terumbu karang hidup menghiasi keindahan alam bawah laut Pulau Teupah. Wisatawan tidak hanya bisa menjumpai karang warna-warni, tapi juga puluhan spesies ikan yang berenang bebas di laut. Selain itu juga terdapat berbagai jenis biota laut seperti bintang laut, alga dan masih banyak lagi.

Di kawasan pantai, wisatawan juga banyak menjumpai pohon kelapa yang menjulang tinggi. Di pulau ini tidak terdapat tumbuhan bakau yang berperan sangat penting dalam mencegah erosi dan abrasi. Hal ini pula yang menjadikan Pulau Teupah sangat rentan terhadap bencana tsunami.

Namun sayangnya pulau cantik ini masih belum dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat. Melihat potensi wisatanya, Pulau Teupah bahkan bisa menjadi destinasi wisata baru di Indonesia yang mampu menarik minat wisatawan mancanegara. Sulitnya transportasi menuju pulau ini juga menjadi kendala bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke pulau tersebut.

Pulau Teupah menawarkan pesona wisata bahari yang indah, alami dan masih alami. Meski tempat ini belum dikelola, namun keindahan alam yang ditawarkannya sayang untuk dilewatkan. Wisatawan masih sedikit dan pulau yang seolah tak berpenghuni ini menjadi magnet wisatawan yang mendambakan kedamaian dan ketenangan.

Fasilitas Pulau Teupah

Fasilitas yang ada di pulau ini cukup memprihatinkan, faktor ini juga menjadi kendala bagi sektor pariwisata Pulau Teupah, bahkan di pulau ini masih terdapat permasalahan air bersih pada musim kemarau. Fasilitas kesehatan seperti puskesmas dan listrik juga terdapat di pulau ini.

Salah satu fasilitas yang perlu ditingkatkan adalah fasilitas transportasi yang menghubungkan Pulau Teupah hingga Simeulue. Keberangkatan kapal menuju Teupah dan sebaliknya sangat sulit diprediksi. Selain itu, jika cuaca hujan, perjalanan bisa tertunda karena perahu yang digunakan masih berupa perahu motor sederhana.

Baca juga:

Selain itu, di Pulau Teupah belum ada akomodasi atau resort yang bisa dijadikan tempat menginap wisatawan. Ada juga musala dan masjid bagi umat Islam di pulau itu. Di pulau ini wisatawan bisa berwisata kuliner dan mencicipi berbagai hidangan seafood seperti kepiting, udang, ikan bakar dan lain-lain.

Mengunjungi Pulau Teupah bisa menjadi salah satu daya tarik wisata yang menarik jika Anda mencari tempat yang tenang dan jauh dari hiruk pikuk kota. Berikut beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan di pulau mungil ini.

Nikmati keindahan pulau itu

Saat Anda berkunjung ke Pulau Teupah, Anda akan disuguhi sejumlah pantai indah dan mempesona yang keindahannya masih terjaga dan alami. Pantai berpasir putih akan menjadi pemandangan yang akan Anda lihat dan juga birunya laut tampak indah seolah menyatu dengan langit.

Anda bisa menikmati lembutnya pasir pantai, berenang di airnya yang jernih, dan bermain-main dengan gulungan ombak. Tempat ini juga terasa istimewa karena masih belum banyak wisatawan. Tempat ini sangat cocok jika anda sedang mencari objek wisata untuk berbulan madu bersama pasangan. Selain itu, keheningan dan ketenangan Pulau Teupah menjadi tempat yang tepat bagi Anda yang ingin sejenak melupakan aktivitas sehari-hari.

Snorkeling dan menyelam

Pulau Teupah tidak hanya menawarkan keindahan pantai, namun juga alam bawah laut yang menakjubkan. Anda bisa melakukan aktivitas snorkeling atau diving untuk menikmati keindahan biota yang hidup di laut. Pantai-pantai di pulau ini banyak didominasi oleh pantai karang, karang-karang ini juga menjadi habitat ikan dan hewan laut lainnya.

Jika ingin snorkeling, Anda perlu membawa perlengkapan sendiri karena belum ada persewaan peralatan snorkeling di pulau ini. Anda bisa bertanya kepada penduduk setempat di mana tempat terbaik untuk snorkeling. Bersikaplah sopan dan sopan karena penghuninya akan berperilaku sama terhadap Anda.

Perburuan Foto

Bagi anda yang suka mencari tarian dan barang-barang indah maka datanglah ke Pulau Teupah. Di sini Anda akan dipuaskan dengan banyaknya tempat berfoto yang mempesona, Anda juga bisa memotret keindahan bawah laut seperti warna-warni terumbu karang dan ribuan ikan yang berenang.

Jadi bawalah kamera bawah air jika ingin mengambil foto di bawah air. Di sini kamu juga bisa berfoto selfie bersama teman dan orang terdekat. Sebagai background foto, Anda bisa menggunakan hamparan pasir putih, deretan pohon kelapa, atau air laut yang jernih.

Baca juga:

Jam buka Pulau Teupah dan harga tiket masuk

Saat ini belum ada kepastian jam buka maupun harga tiket masuk Pulau Teupah

Tips Berwisata di Pulau Teupah

  • Periksa jadwal pelayaran dari Simeulue ke Pulau Teupah karena keberangkatan kapal tidak dapat dikonfirmasikan.
  • Perhatikan cuaca terlebih dahulu, karena jika hujan penyeberangan menjadi cukup berbahaya.
  • Bawalah perlengkapan yang cukup seperti pakaian, tabir surya, kamera, sepatu, dll.
  • Bersikap ramah dan sopan kepada penduduk setempat.
  • Jagalah kebersihan pulau dan jangan pernah membuang sampah sembarangan.
  • Jagalah pulau ini dan jangan sampai merusak keindahan pulau tersebut.

Galeri Foto Pulau Teupah

Potret Pulau Teupah di Aceh
Potret pantai dengan perahu nelayan

Berburu foto di pantai
Berlayar ke Pulau Teupah
Berselancar di perairan Pulau Teupah
Potret Pulau Teupah dari udara

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button