Tempat Wisata

Pantai Pasir Tinggi: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Mengunjungi pantai-pantai di Kepulauan Simeulue mungkin akan memakan waktu yang cukup lama karena banyak sekali pantai-pantai indah yang masih alami. Di kawasan pulau ini masih terdapat sejumlah pantai mempesona yang belum banyak dikunjungi wisatawan sehingga sangat sepi. Meski keindahannya tak kalah dengan pantai lainnya, namun pantai ini adalah Pantai Pasir Tinggi.

Saat Anda berkunjung ke Pulau Simeulue, luangkan waktu untuk mengagumi keindahan Pantai Pasir Tinggi. Pantai ini terletak tepat di Samudera Hindia dan menawarkan pantai berpasir putih di sepanjang pantainya. Kondisi pantainya sangat landai, luas dan bersih. Tempat ini ibarat surga yang terlupakan di Kepulauan Simeulue.

Pantai berpasir tinggi

Secara geografis Pantai Pasir Tinggi terletak di Desa Pasir Tinggi, Kecamatan Teupah Selatan, Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh. Untuk mengunjungi tempat wisata ini, wisatawan perlu menempuh perjalanan setidaknya 40 menit dari Kota Sinabang. Perjalanan ini dapat dilakukan dengan menggunakan bentor, sepeda motor roda dua dan mobil.

Bagi wisatawan yang datang dari luar kota atau luar negeri, Pulau Simeulue dapat dicapai dengan dua cara, yaitu melalui udara dan laut. Jika ingin menggunakan jalur laut, pengunjung bisa naik kapal feri penyeberangan menuju Pelabuhan Sinabang. Namun jika perjalanan lebih cepat, wisatawan bisa menggunakan pesawat Cessna dari Bandara Sultan Iskandar Muda.

Pesona Pantai Pasir Tinggi

Saat wisatawan tiba di Pantai Pasir Tinggi, pemandangan dimanjakan oleh luasnya laut yang tampak menyatu biru dengan langit. Sejauh mata memandang hanya ada lautan, sesekali disela oleh suara deburan ombak. Hamparan pasir putih bersih yang sangat indah dan lembut bagaikan karpet menutupi sepanjang pantai.

Pantai Pasir Tinggi memang sangat indah. Di pinggir pantai, wisatawan bisa menyaksikan hamparan rumput yang ditumbuhi pohon kelapa yang menjulang tinggi. Pepohonan kelapa tampak menari tertiup angin seolah menyambut kedatangan pengunjung yang ingin menikmati keindahan pantai.

Pantai berpasir tinggi

Pantainya yang relatif landai dan sangat luas membuat wisatawan bisa menikmati keindahan pasir putih dan laut sepuasnya. Pantai Pasir Tinggi memiliki ciri ombak yang cukup kuat dan besar, hal ini tidak mengherankan karena pantai ini terletak tepat di Samudera Hindia.

Wisatawan bisa bermain sepuasnya dengan gulungan ombak yang seolah tak henti-hentinya menerjang tepian pantai. Sayang jika melewatkan pasir putih bersih di sepanjang pantai. Ini adalah tempat yang tepat untuk membangun istana pasir atau sekadar berjemur dan mengubur diri di pasir putih.

Berenang di pantai ini juga diperbolehkan, asalkan wisatawan berhati-hati dan tidak melangkah terlalu jauh. Pasalnya, ombak di pantai ini cukup besar sehingga dapat mengancam keselamatan wisatawan.

Pantai Pasir Tinggi memang pantas disebut sebagai salah satu pantai terindah di Pulau Simeulue. Namun anehnya pantai ini sangat sepi kunjungan wisatawan. Penyebabnya masih belum bisa ditebak, mungkin kurangnya iklan dan pengetahuan wisatawan tentang pantai ini menjadi penyebabnya.

Keindahan Pantai Pasir Tinggi yang bak surga namun terlupakan menjadi potensi wisata baru Pulau Simeulue. Pesona yang ditawarkan pantai ini sangat alami, sangat lestari dan alami. Wisatawan akan terkesima dengan fenomena alam yang sungguh mempesona. Lokasi yang tenang dan pengunjung yang sedikit menjadi daya tarik tersendiri.

Fasilitas di Pantai Pasir Tinggi

Fasilitas di sekitar Pantai Pasir Tinggi sebenarnya cukup lengkap dan memadai, tidak jauh dari pantai terdapat beberapa akomodasi dan resort yang juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti toilet, musala, pemandu bahkan persewaan perlengkapan snorkeling dan surfing. Terdapat juga musala dan tempat parkir yang luas di dekat pantai ini.

Tak jauh dari pantai, wisatawan bisa menjumpai berbagai kios yang menjual makanan dan minuman. Selain itu juga terdapat warung yang menjual masakan hasil laut seperti olahan kepiting, udang, lobster, kerang dan masih banyak lagi. Pengunjung bisa berwisata kuliner untuk menggugah selera usai menikmati keindahan Pantai Pasir Tinggi.

Baca juga: Pantai Ganting, pantai indah dengan pasir eksotik di Pulau Simeulue

Sayangnya pemerintah setempat belum mengelola Pantai Pasir Tinggi secara profesional. Tidak ada sistem biaya masuk, sehingga wisatawan bisa masuk ke kawasan pantai secara gratis. Namun jika dikelola dan dipromosikan dengan baik, bukan tidak mungkin pantai ini bisa setenar Pantai Kuta di Bali.

Berwisata ke pantai ini bisa menjadi pilihan yang sangat menarik ketika liburan panjang sudah dekat. Berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan di Pantai Pasir Putih.

Menikmati keindahan pantai

Di hadapan Anda akan terhampar pantai yang mempesona dengan hamparan pasir putih bersih dan laut biru terhampar di depan mata Anda. Pemandangan inilah yang Anda dapatkan ketika berkunjung ke Pantai Pasir Tinggi. Anda bisa menikmati pantai ini dengan duduk santai di tepian pantai dan merasakan hembusan angin serta suara deburan ombak.

Karena ombaknya yang cukup tinggi, Anda tetap bisa merasakan segarnya air laut sambil bermain di pantai atau berenang. Namun hati-hati karena jika terlalu jauh bisa tersapu ombak. Pantai ini memang seperti surga yang terlupakan karena pengunjung pantainya yang tenang. Kondisi ini juga bisa Anda manfaatkan untuk menikmati pantai dengan kepuasan pantai pribadi.

berkemah

Pantainya sangat luas sehingga wisatawan bisa berkemah di pinggir pantai dan menikmati keindahan pantai pada malam hari. Jika tidak ingin terlalu dekat dengan ombak, Anda bisa mendirikan tenda di bawah pohon kelapa yang agak jauh dari bibir pantai. Di sini Anda bisa bermalam sambil memandangi bintang-bintang ditemani sejuknya udara malam.

Ajaklah beberapa teman dan kerabat, akan semakin seru dan tercipta suasana kebersamaan yang tidak akan Anda temukan di tempat lain. Saat malam tiba dan cuaca mulai dingin, Anda bisa menyalakan api unggun dan menikmati secangkir kopi hangat di tangan. Sungguh pengalaman yang tak terlupakan menikmati malam di pantai yang indah.

Perburuan Foto

Anda pasti tidak ingin melewatkan momen dengan memotret keindahan Pantai Pasir Tinggi. Bagi Anda yang mempunyai hobi fotografi, tempat ini sangat cocok menjadi destinasi berburu. Tempat ini menawarkan berbagai objek menarik untuk difoto seperti birunya laut, pasir putih, dan deretan pohon kelapa yang menjulang tinggi.

Anda bisa berjalan kaki ke setiap sudut pantai untuk menikmati objek-objek menarik dan pemandangan berbeda. Kamu juga bisa berfoto selfie di pantai surgawi ini dan mengabadikan momen kebersamaanmu bersama teman atau orang terdekat dengan berpose di depan kamera. Pantai ini juga menjadi tempat yang bagus untuk foto pre-wedding.

Baca juga:

Jam buka dan tarif masuk Pantai Pasir Tinggi

Saat ini belum ada informasi pasti mengenai jam buka dan HTM atau biaya masuk. Anda bisa menikmati keindahan wisata pantai ini dengan menggunakan jasa travel.

Tips Menuju Pantai Pasir Tinggi

  • Bawalah tabir surya karena sinar matahari cukup terik di siang hari.
  • Bawalah pakaian ganti jika Anda berencana mandi di pantai atau bermain air.
  • Kenakan alas kaki karena banyak terdapat bebatuan karang tajam di beberapa tempat.
  • Jaga kebersihan pantai dan jangan mengotori pantai dengan sisa makanan.
  • Memperhatikan kelestarian pantai dan tidak merusak fasilitas dan keindahan pantai.

Galeri Foto Pantai Pasir Tinggi

Potret Pantai Pasir Tinggi di Aceh
Bermain di pantai
Berburu foto romantis di Pantai Pasir Tinggi
Keindahan pasir pantai dan air di Pantai Pasir Tinggi
Keindahan Pantai Pasir Tinggi
Nikmati indahnya ombak kecil di Pantai Pasir Tinggi

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button