Tempat Wisata

Pantai di Thailand: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Kabupaten Simeulue merupakan wilayah kepulauan yang dulunya merupakan bagian dari Aceh bagian barat. Pasca pemekaran Aceh Barat pada tahun 1999, Kabupaten Simeulue terus berbenah memajukan beberapa sektor penting seperti pariwisata, kelautan dan peternakan. Simeulue terdiri dari beberapa kepulauan dan tak heran jika Simeulue memiliki beberapa deretan pantai yang indah dan mempesona, termasuk Pantai Thailand.

Pantai Thailand yang sering dikenal dengan nama Pantai Labuhan Bhakti ini memang pantas mendapat julukan “matahari tersembunyi”. Pantai kecil ini menawarkan hamparan pasir putih bersih dan air laut dengan rona hijau toska yang memukau. Deretan pepohonan hijau yang mengelilingi pantai ini pun memberikan pemandangan yang terlihat asri dan alami.

pantai Thailand

Secara geografis Pantai Thailand terletak di Desa Labuhan Bhakti, Kecamatan Teupah Selatan, Kabupaten Simeulue, Aceh. Untuk menuju pantai ini wisatawan harus berkendara sekitar satu jam dari Kota Sinabang. Namun bila wisatawan datang dari luar kota, diperlukan upaya yang lebih besar untuk menikmati keindahan pantai ini.

Apabila wisatawan datang dari luar Kabupaten Simeulue, maka wisatawan dapat memilih dua jalur yaitu jalur udara dan jalur laut. Jika memilih jalur laut, wisatawan bisa terlebih dahulu menuju Pelabuhan Labuhan Haji di Aceh Selatan lalu menyeberang ke Pelabuhan Sinabang. Jika ingin perjalanan lebih cepat, wisatawan dapat memanfaatkan jalur udara dengan mendarat di Bandara Lasikin di Kota Sinabang.

Pesona pantai Thailand

Pantai Thailand ini terletak di selat yang memisahkan Pulau Simeulue dengan pulau seberangnya. Pantai ini terlihat eksotik karena jika dilihat lebih dekat terlihat seperti teluk kecil yang dikelilingi pepohonan hijau. Deretan pohon bakau terlihat dari kejauhan sekitar pantai ini.

Sesampainya di pantai, wisatawan disambut dengan hamparan rumput hijau dan pepohonan tak jauh dari bibir pantai. Nuansa air laut yang terkena sinar matahari pun berkilauan dengan warna hijau toska yang indah. Pasirnya yang putih lembut seakan tak mau menyerah dalam menyambut wisatawan.

pantai Thailand

Suara deburan ombak yang lembut menyapa telinga pengunjung, wisatawan bisa menemukan bebatuan karang di sepanjang pantai seolah menjadi penghias alami pantai ini. Nama Pantai Thailand sendiri berasal dari masa ketika selat ini berfungsi sebagai dermaga bagi orang Thailand untuk mengangkut kayu gelondongan ke tanah airnya.

Penduduk setempat akhirnya mengenal tempat itu sebagai Camp Thailand. Namun sebelum terjadinya tsunami pada tahun 2004, warga Thailand karena suatu alasan meninggalkan kamp dan menyebarkan kayu tanpa alasan. Sejak saat itu, pantai indah ini dikenal dengan nama Pantai Thailand.

Dengan kedalaman 7 hingga 8 meter, Pantai Thailand juga menawarkan keindahan bawah laut yang mempesona. Ombaknya yang cukup tenang karena tidak berbatasan langsung dengan laut juga menjadi nilai tambah bagi para penyelam dan pecinta snorkeling untuk menikmati beragam biota laut yang hidup di sana.

Wisatawan bisa menikmati keindahan pantai Thailand sepuasnya, bermain di hamparan pasir putih yang luas atau berenang dan mandi di laut. Arusnya yang cukup bersahabat membuat pantai ini cukup aman bagi wisatawan yang ingin piknik bersama anak-anaknya. Pantai ini juga seolah menjadi pantai pribadi yang bebas Anda jelajahi.

Tempat ini sangat cocok untuk liburan panjang. Wisatawan bisa menikmati pemandangan pantai yang tenang sepuasnya, ditemani semilir angin yang berhembus. Padang rumput, pepohonan hijau dan tanaman bakau menjadi fenomena tersendiri di pantai ini yang sangat memanjakan mata.

Fasilitas pantai di Thailand

Fasilitas yang ada di Pantai Thailand cukup lengkap, disekitarnya terdapat beberapa gubuk sederhana yang bisa dimanfaatkan wisatawan untuk beristirahat. Selain itu juga terdapat fasilitas umum seperti toilet, tempat parkir yang luas dan mushola bagi umat muslim.

Di sekitar pantai ini Anda juga akan menemukan berbagai kios yang menjual makanan, mulai dari jajanan hingga olahan seafood yang menggugah selera. Di sini wisatawan bisa mencicipi lobster yang diolah sesuai keinginan pembeli. Kabupaten Simeulue dikenal sebagai salah satu daerah penghasil lobster terbesar di Aceh.

Baca juga:

Pantai ini juga menyediakan pemandu dan perlengkapan pendukung bagi wisatawan yang ingin berselancar atau snorkeling di Pantai Thailand. Di dekat pantai ini terdapat beberapa pantai indah lainnya seperti Pantai Pasir Tinggi dan Pulau Batu Berlayar yang merupakan tempat populer untuk berselancar dan memancing.

Selain itu, di Kota Sinabang juga terdapat beberapa pilihan hotel dan akomodasi bagi wisatawan yang ingin bermalam. Berwisata ke pantai-pantai Thailand menjadi salah satu cara menarik untuk mengisi liburan panjang. Di sini Anda akan menemukan berbagai aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan di sana.

Menikmati keindahan pantai

Saat Anda berkunjung ke Pantai Thailand, Anda akan disuguhkan dengan sebuah pantai kecil yang sungguh mempesona. Pantai yang terletak di selat dan melengkung seperti teluk ini akan memanjakan mata setiap orang yang melihatnya. Di pantai ini Anda akan menemukan padang rumput yang luas, pepohonan, dan hutan bakau yang hijau.

Anda bisa leluasa menikmati pantai ini dengan bermain pasir, berenang dan juga mandi. Ombak di pantai ini cukup tenang karena pantai ini tidak berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Tempat ini sangat cocok bagi anda yang ingin melupakan sejenak hiruk pikuk kota. Jika Anda sedang mencari lokasi bulan madu, Pantai Thailand juga bisa menjadi alternatif menarik. Liburan akan terasa lebih spesial jika kamu bisa berkumpul dengan orang-orang yang kamu sayangi.

berkemah

Anda juga bisa bermalam di pantai ini dengan mendirikan tenda di pinggir pantai. Tentunya menyenangkan menikmati keindahan pantai Thailand di malam hari bersama teman dan orang terdekat. Anda bisa membuat api unggun untuk menghangatkan tubuh saat suhu dingin semakin meningkat.

Mencari ikan lalu membakarnya di api unggun juga menjadi aktivitas seru yang bisa Anda lakukan di sini. Nongkrong di pantai yang indah bersama teman dan orang tersayang di malam yang dingin dan gelap tentu menjadi pengalaman istimewa yang mungkin tidak akan pernah Anda lupakan.

Snorkeling dan menyelam bebas

Pantai Thailand tidak hanya membanggakan pantainya yang mempesona, namun juga pesona bawah lautnya yang sungguh mempesona. Bagi Anda yang senang menyelam atau snorkeling gratis, Anda bisa melihat indahnya terumbu karang, ikan-ikan kecil yang berenang kesana-kemari, serta berbagai jenis biota laut.

Tempat ini menawarkan beberapa spot diving dan snorkeling dengan keindahan berbeda-beda. Jika Anda menggunakan jasa pemandu wisata, Anda akan dibawa ke tempat-tempat terindah di pesisir pantai Thailand. Namun jika kurang nyaman untuk snorkeling atau diving, Anda juga bisa menikmati keindahan pantai dengan wisata perahu nelayan.

Perburuan Foto

Liburan Anda sepertinya belum cukup jika tidak mengabadikan momen indah di pantai-pantai Thailand. Jika Anda gemar fotografi, apalagi gemar memotret pemandangan alam, pantai ini wajib Anda kunjungi. Anda akan disuguhi banyak objek menarik yang bisa Anda potret dengan kamera Anda.

Selain itu, kamu juga bisa berfoto selfie seru bersama teman dan orang terdekat untuk mengabadikan momen kebersamaan. Ada banyak background mempesona yang bisa Anda gunakan untuk fotografi, seperti lautan luas, padang rumput, dan lautan luas. Lokasi ini juga sangat cocok untuk foto prewedding.

Baca juga:

Peta lokasi pantai Thailand

Jam buka dan biaya masuk Pantai Thailand

Saat ini belum ada informasi pasti mengenai tarif masuk Pantai Thailand di Aceh. Kami menyarankan untuk menggunakan jasa travel untuk menikmati wisata tanpa keraguan sedikit pun.

Tips bepergian ke pantai Thailand

  • Sebaiknya mengunjungi pantai ini jika Anda sedang berlibur lebih lama.
  • Bawalah baju ganti dan pakaian renang jika ingin menikmati air laut di pantai ini.
  • Jangan lupa membawa sepatu karena masih banyak bebatuan karang yang licin dan tajam.
  • Berhati-hatilah saat berenang atau snorkeling.
  • Jagalah tempat wisata dengan tidak merusak apa pun yang ada di dalamnya.
  • Jaga kebersihan pantai dan jangan membuang sampah sembarangan.
  • Berdoalah sebelum berangkat agar perjalanan dan liburan Anda berjalan sesuai rencana.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button