Tempat Wisata

Sungai Krueng Isep: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Nagan Raya merupakan sebuah kabupaten yang wilayahnya merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Leuser. Selain itu, kawasan ini masih menyimpan berbagai obyek wisata keindahan alam yang tetap terjaga kelestariannya. Sungai Krueng Isep merupakan salah satu destinasi wisata alam yang digemari masyarakat Nagan Raya dan sekitarnya.

Sungai Krueng Isep memiliki keindahan alam berupa sungai dengan air jernih yang berasal dari mata air alami di Pegunungan Leuser. Aliran sungai yang seolah dilindungi pepohonan rindang dan perbukitan hijau menambah keindahan alam tempat wisata ini. Pemandangan berupa pegunungan pun tak kalah indahnya bagi pengunjung.

Sungai Krueng Isep

Secara geografis Sungai Krueng Isep terletak di Kecamatan Beutong, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh. Sungai ini terletak sekitar 44 kilometer dari ibu kota Kabupaten Nagan Raya yaitu Suka Makmue. Wisatawan harus menempuh perjalanan setidaknya satu jam untuk sampai ke sungai ini. Namun dari pusat Kecamatan Beutong jarak menuju objek wisata hanya sekitar 4 kilometer.

Untuk menuju Sungai Krueng Isep perlu upaya khusus karena jalanan masih belum beraspal dengan baik dan terkadang menjumpai tanjakan yang sangat terjal dan jalan berkelok-kelok. Wisatawan diharapkan berhati-hati, karena kelalaian sekecil apa pun dapat membahayakan keselamatan pengemudi. Namun perjalanan yang penuh tantangan dan melelahkan tersebut akan segera terbayar ketika wisatawan tiba di tempat sungai yang indah dan alami ini.

Pesona Sungai Krueng Isep

Pesona Sungai Krueng Isep

Suara gemericik air yang menghantam bebatuan di tepian sungai seakan menjadi sambutan selamat datang bagi wisatawan. Segarnya udara khas dataran tinggi sepertinya tak luput dari perhatian saat menyambut wisatawan. Ini benar-benar situs alam yang menakjubkan dan patut dilestarikan.

Wisatawan bisa menikmati segarnya air Sungai Krueng Isep dengan mandi, berenang atau bermain air di tepi sungai. Arus sungai ini tidak terlalu deras dan cukup bersahabat bagi wisatawan. Oleh karena itu, cukup aman bagi keluarga yang ingin berenang di sungai ini bersama anak-anaknya. Namun sangat disarankan untuk berhati-hati dan memakai jaket pelampung demi keselamatan wisatawan.

Sungai Krueng Isep

Selain sebagai tempat wisata yang sangat populer dan sering dikunjungi warga sekitar, Sungai Krueng Isep juga memiliki keunggulan lain yaitu sebagai sumber pengairan sawah di kabupaten Nagan Raya. Sungai yang bersumber dari mata air di Pegunungan Leuser ini tidak pernah kering, meski di musim kemarau.

Jika senang berenang dan bermain air tawar, wisatawan bisa mencari ikan di sungai untuk santap siang yang nikmat. Ada berbagai jenis ikan yang bisa dikonsumsi di Sungai Krueng Isep. Wisatawan dapat memancing atau menangkapnya dengan cara tradisional. Setelah mendapat ikannya, pengunjung bisa langsung memanggangnya dan mencicipi ikan segar yang baru dibakar.

Keindahan pemandangan sekitar Sungai Krueng Isep juga patut untuk dikunjungi. Di sepanjang tepian sungai dihiasi pepohonan yang tumbuh subur dan hijau. Bahkan dari kejauhan terlihat deretan perbukitan dan pegunungan yang semakin mempercantik panorama sungai ini. Sayangnya, banyak pohon di sekitar sungai yang ditebang oleh orang yang tidak bertanggung jawab, sehingga saat ini banyak ditemukan pohon yang gundul.

Sayangnya Sungai Krueng Isep sudah tidak lagi dikunjungi wisatawan. Karena banyaknya sampah dan pengelola setempat yang rupanya tidak peduli dengan keberlangsungan keberadaan resor wisata ini. Meski dulunya tempat ini selalu dikunjungi oleh wisatawan dalam dan luar kota, namun wisatawan bahkan harus antri untuk menikmati objek wisata di Nagan Raya ini.

Fasilitas di Sungai Krueng Isep

Jembatan Sungai Krueng Isep

Fasilitas di Sungai Krueng Isep sebenarnya sudah cukup memadai, meski agak terbengkalai karena kurang terawat. Di tempat ini terdapat fasilitas seperti toilet umum, musala dan juga tempat parkir yang cukup luas. Selain itu, taman bermain anak juga dibangun di dekat sungai.

Selain itu, di tempat wisata ini juga terdapat warung dan kafe sederhana yang menjual berbagai makanan dan minuman. Jadi wisatawan tidak perlu khawatir jika tidak membawa bekal dari rumah. Pengunjung dapat mencicipi masakan khas Aceh seperti Mie Aceh dan makanan lainnya seperti kacang rebus, jagung bakar dan masih banyak lagi.

Baca juga:

Bagi wisatawan yang menginap, Anda bisa mencari hotel dan akomodasi yang dekat dengan tempat wisata. Yang terdekat berada di pusat Kecamatan Beutong yaitu Keude Seumot. Menjelajah Sungai Krueng Isep bisa menjadi pilihan seru jika ingin merasakan keindahan alam Aceh. Di bawah ini adalah aktivitas yang bisa Anda lakukan di tempat wisata.

Nikmati keindahan alam

Jika Anda ingin berwisata alam di Aceh, Sungai Krueng Isep adalah tempatnya. Anda bisa menikmati keindahan alam sekaligus merasakan kesegaran sungai yang berisi air dari mata air alami Pegunungan Leuser. Berenang dan mandi adalah hal yang wajib Anda lakukan di sungai ini.

Namun jika tidak ingin basah-basahan, Anda juga bisa menikmati panorama sungai dengan duduk santai di atas bebatuan besar sambil memandangi alam yang masih terjaga. Pepohonan tumbuh subur, bukit-bukit yang berjejer rapi dan gunung-gunung tinggi menjadi fenomena tersendiri yang patut Anda nikmati.

Perburuan Foto

Tak lengkap rasanya bila sampai di Sungai Krueng Isep, namun tak mengabadikan keindahan alamnya melalui foto. Tempat ini juga bisa anda manfaatkan sebagai kesempatan berfoto bagi anda yang suka mencari foto pemandangan. Berfoto selfie bersama teman dan orang terdekat wajib hukumnya. Anda bisa berfoto dengan latar pemandangan alam atau di atas bebatuan sambil menikmati gemericik air sungai.

Jika Anda ingin merasakan sensasi yang benar-benar berbeda saat berburu foto, Anda bisa menggunakan drone untuk mencari sudut yang lebih baik. Memotret keindahan Sungai Krueng Isep dari atas merupakan sebuah kepuasan tersendiri yang seolah menonjolkan pesona sejati sungai di Kabupaten Nagan Raya ini.

Kayak atau arung jeram

Anda juga bisa bermain kayak atau arung jeram menyusuri Sungai Krueng Isep di sini. Bagi Anda penyuka olah raga yang memacu adrenalin, terdapat jeram yang menantang di beberapa tempat. Sayangnya peralatan sewaan untuk kegiatan ini belum tersedia sehingga Anda perlu membawa peralatan sendiri dari rumah.

Jika bertualang dengan menggunakan kayak atau kolek, Anda bisa menjelajahi keindahan Sungai Krueng Isep lebih jauh lagi. Anda akan merasakan sensasi petualangan yang sangat seru ditemani pepohonan rindang di kanan dan kiri sungai serta pemandangan perbukitan dan pegunungan di sepanjang sungai.

Baca juga:

Peta lokasi Sungai Krueng Isep

Jam buka dan tarif masuk Sungai Krueng Isep

Untuk menikmati keindahan tempat wisata Sungai Krueng Isep ini anda bisa mengunjunginya kapan saja dan tidak perlu membayar tiket masuk artinya gratis.

Tips Berwisata di Sungai Krueng Isep

  • • Berhati-hatilah saat menuju lokasi sungai karena jalan belum beraspal dan banyak tanjakan dan tikungan.
  • •Berhati-hatilah saat berenang dan bermain di sungai.
  • •Bawalah pakaian ganti bagi anda yang berencana berenang dan bermain air.
  • • Berhati-hatilah saat berjalan di bebatuan sungai karena cukup licin.
  • •Jaga kebersihan sungai dan jangan membuang sampah sembarangan.
  • •Melestarikan sungai dan tidak merusak apapun yang ada di dalamnya.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button