Tempat Wisata

Air Terjun Gunung Lengkuas : Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Lokasi

Gunung Lengkuas adalah salah satu tempat antara Tanjung Pinang dan Kijang, Riau, Sumatra, Indonesia. Rute perjalanan menuju tempat ini bisa dilakukan melalui Tanjung Pinang lalu menuju pertigaan sebelum Masjid Nurul Huda belok kanan. Kemudian berkendara lurus ke depan sekitar 500 meter hingga mencapai gang wisata di sisi kanan jalan. Dari sini jarak menuju air terjun sekitar 1 km jalan kaki.

Kendaraan dapat diparkir hanya 1 km dari lokasi air terjun. Oleh karena itu, Anda perlu mengunci dua kali kendaraan Anda dan berjalan kaki sekitar 30 menit menuju lokasi yang kondisi jalannya tidak sepenuhnya mulus. Perhatian disarankan, terutama dalam cuaca hujan.

Gunung Lengkuas sebenarnya merupakan sebuah bukit dengan ketinggian 200 meter di atas permukaan laut. Sebab, debit air terjun yang dihasilkan tidak sebesar beberapa air terjun di Pulau Jawa. Airnya mengalir menuruni bebatuan besar berbentuk undakan setinggi 20 meter. sumber Air Terjun Gunung Lengkuas Hal ini berasal dari hutan yang masih asri dan sangat alami.

Jika Anda berkunjung saat musim hujan, Anda mungkin memperhatikan limpasan air lebih besar dari biasanya. Jadi Anda juga bisa menikmati air terjun dengan mandi di kolam renang yang berada di bawah air terjun. Namun perlu berhati-hati saat mengunjungi air terjun saat musim hujan, karena diketahui daerah pegunungan memiliki risiko longsor yang lebih tinggi dibandingkan daerah dataran rendah.

Peta lokasi air terjun gunung lengkuas

Fasilitas dan akomodasi Air Terjun Gunung Lengkuas belum tersedia sepenuhnya. Secara resmi, tidak ada pengelolaan khusus terhadap objek wisata ini. Jadi Anda harus mengurus barang bawaan dan kendaraan sesuai keinginan Anda dan berangkat ke air terjun tanpa pemandu, seperti halnya beberapa tempat wisata yang memiliki sistem pengelolaan yang baik.

Jika anda berminat untuk penginapan di sekitar Gunung Lengkuas, belum tersedia penginapan seperti homestay dll. Anda dapat menyewa beberapa rumah di sekitar gunung dengan izin khusus dari pemilik rumah karena tidak tersedia rumah khusus di kawasan ini.

Baca juga: Manjakan diri Anda di Aroma River Spa dan nikmati keindahan alam serta kearifan daerah

Tips berwisata ke Air Terjun Gunung Lengkuas

Beberapa tips untuk kunjungan Anda Air Terjun Gunung Lengkuas Barang-barang berikut sebaiknya Anda bawa agar perjalanan Anda lebih menyenangkan, aman dan nyaman. Hal-hal tersebut antara lain:

  • Peta: Gunakan peta untuk menunjukkan akses jalan sehingga perjalanan Anda terasa aman tanpa khawatir tersesat saat Anda memegang peta.
  • Berganti pakaian saat berada di air terjun, pastinya Anda akan bermain air di sekitar air terjun. Pastikan selalu Anda membawa pakaian ganti agar tidak masuk angin saat sampai di rumah karena pakaian basah.
  • Sandal non-slip akan membuat perjalanan Anda semakin nyaman dan memakai alas kaki yang tahan air sehingga langkah Anda tidak berat saat mendaki menyusuri air terjun.
  • Penting untuk menyiapkan air mineral agar Anda tidak kekurangan mineral atau dehidrasi saat bepergian.
  • Kantong kering melindungi barang elektronik Anda dari cipratan air terjun.

Selain mengunjungi air terjun di gunung ini, Anda juga bisa melakukan hiking bersama teman-teman dengan melakukan persiapan sendiri karena beberapa toko lokal hanya menyediakan sebagian dari kebutuhan makanan dan minuman. Kalau soal perlengkapan keselamatan pendakian, Anda bisa mempersiapkannya sendiri.

Jika Anda tertarik untuk mendaki Gunung Lengkuas, ada baiknya Anda melakukan persiapan sebelum melakukan perjalanan pendakian. Anda bisa melakukan persiapan dan menggunakan tips berikut ini agar perjalanan Anda lebih nyaman dan menyenangkan. Beberapa hal tersebut adalah sebagai berikut:

  • Rencanakan perjalanan Anda dengan baik dan cari tahu lebih jauh tempat yang akan Anda daki, misalnya dari pejabat atau warga sekitar Gunung Lengkuas. Pelajari setiap medan dan rute agar Anda tidak kesal dan merasa nyaman dalam perjalanan.
  • Persiapkan diri Anda secara fisik dan mental dengan mempertimbangkan jarak yang akan Anda tempuh dan lama perjalanan. Cocokkan semuanya dengan energi tubuh Anda. Mengatur manajemen logistik dan memastikan bahan makanan mencukupi sehingga Anda tidak kekurangan energi pada performa puncak. Hal ini akan membantu Anda melakukan aktivitas pendakian dengan lancar.
  • Siapkan perangkat yang efektif dan menawarkan manfaat yang jelas. Jangan membawa barang-barang yang mempunyai arti kecil. Misalnya terlalu banyak membawa pakaian, kosmetik, dan lain-lain. Bawalah beberapa lapis pakaian hangat untuk melindungi diri dari cuaca pegunungan yang ekstrem.
  • Hal terpenting saat mendaki gunung adalah jangan merusak alam dan tidak meninggalkan sampah saat berada di sekitar gunung. Lebih baik lagi jika Anda melindungi alam dengan membawa pulang limbah berbahaya bagi lingkungan di jalur pendakian.

Jam buka Air Terjun Gunung Lengkuas dan tarif masuknya

Untuk menikmati objek wisata Air Terjun Gunung Lengkuas, saat ini belum ada informasi akurat mengenai jam buka dan HTM atau harga tiket.

Galeri foto air terjun gunung lengkuas

Potret air terjun Gunung Lengkuas
Potret pengunjung
Lubang kecil di bawah air terjun
Batuan di air terjun Sungai Lengkuas
Berburu foto romantis di air terjun Sungai Lengkuas

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button