Tempat Wisata

Mini Niagara Falls, air terjun bertingkat dengan sumber air panas alami di Bondowoso

Temukan pesona tersembunyi Air Terjun Niagara mini di Bondowoso, sebuah mahakarya alam dengan air terjun yang mempesona. Dan nikmati relaksasi unik di sumber air panas alami.

Harga tiket: Rp5.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Plalangan II, Kecamatan Kalianyar. Ijen, Kab.Bondowoso, Jawa Timur; Map: Periksa lokasinya

Air Terjun Niagara mini di Bondowoso, Jawa Timur memang tidak setinggi dan selebar Air Terjun Niaga di perbatasan Kanada-Amerika Serikat. Namun keindahannya tidak boleh dianggap remeh. Anda bisa menjadikannya sebagai alternatif destinasi refreshing untuk menghilangkan penat.

Terletak di tengah desa di kaki Pegunungan Ijen, Anda tak perlu jauh-jauh bepergian ke luar negeri untuk melihat keindahan air terjun dengan bentuk unik seperti Air Terjun Niagara. Selain itu, warga setempat telah merancang kawasan tersebut agar layak menjadi objek wisata. Penasaran dengan apa? Datang dan saksikan atraksi The Little Niagara.

Hotel murah di Bondowoso

Atraksi Air Terjun Mini Niagara

Atraksi Air Terjun Mini NiagaraFoto: Google Maps/Bayu CandraFirdaus

1. Air terjun yang mempesona

Meski tinggi The Little Niagara hanya sekitar 6 hingga 10 meter, namun bentuknya yang unik berhasil menarik banyak wisatawan. Air terjunnya terbentang bertingkat-tingkat sekitar 20 meter, sehingga banyak aliran air di sana. Air terjun ini berasal dari Kalipait yang juga mengalir melalui Air Terjun Blawan, air terjun yang terletak tidak jauh dari Air Terjun Mini Niagara di Bondowoso.

Meski awalnya tidak terlalu terawat, The Little Niagara kini menjadi salah satu tempat wisata paling populer di Bondowoso. Hal ini berkat masyarakat setempat yang menjadikan kawasan tersebut menjadi destinasi wisata yang indah karena melihat potensi air terjun yang mirip dengan Air Terjun Niagara.

2. Pemandian air panas

Perlu diketahui, air yang mengalir melalui mini Niagara Falls terasa pahit karena Kawah Ijen mengeluarkan air yang mengandung belerang. Oleh karena itu, pengunjung diimbau untuk tidak berenang atau mandi langsung di bawah arus. Apalagi aliran airnya sangat deras.

Namun jangan khawatir karena di kawasan ini terdapat sumber air panas untuk pengunjung. Jadi Anda bisa menikmati pemandian air panas sekaligus dimanjakan dengan pesona keindahan alam sekitar. Oleh karena itu, jangan lupa membawa baju ganti.

Cek tiket Trans Studio Mini Jember

3. Jembatan Besi sebagai spot foto favorit

Untuk lebih menikmati keindahan Air Terjun Mini Bondowoso, ada pilihan lain selain langsung terjun ke kolam di bawahnya. Caranya adalah dengan pergi ke tengah jembatan besi yang ada di depan air terjun. Pihak pengelola sengaja membangun jembatan ini untuk pengunjung.

Meski wisatawan tidak bisa bermain langsung di bawah air terjun, namun keindahannya bisa dinikmati dengan jelas dari atas jembatan. Jembatan di atas sungai yang bermula dari air terjun ini juga menjadi salah satu spot foto yang paling digemari pengunjung. Di sini Anda bisa mengambil foto-foto keren dengan latar belakang air terjun yang indah.

4. Taman bunga di atas air terjun

Di atas air terjun, di sekitar sungai, Anda bisa melihat taman bunga indah yang menghiasi kawasan tersebut. Keberadaan taman bunga ini menjadi daya tarik tersendiri. Apalagi saat bunga-bunga sedang bermekaran, background fotomu pasti akan semakin indah jika diambil di atas jembatan.

Cek tiket Pantai Tanjung Papuma Jember

Alamat dan rute menuju air terjun

Alamat Air Terjun Mini NiagaraFoto: Google Maps/Rodney Hill

Air Terjun Mini Niagara terletak di Desa Belawan, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso, Provinsi Jawa Timur. Letaknya di kaki Pegunungan Ijen, tidak jauh dari objek wisata Kawah Ijen. Letaknya juga tidak jauh dari pabrik pengolahan kopi Arabika PTPN XII.

Dari pusat Kabupaten Bondowoso, Anda perlu menempuh perjalanan sekitar 56 kilometer atau sekitar 1-2 jam untuk mencapai objek wisata tersebut. Namun Anda tidak akan merasa lelah menempuh perjalanan jauh karena Anda akan melewati jalur yang sangat indah menuju Gunung Ijen.

Selain itu, aksesnya cukup mudah dan dapat diakses dengan berbagai kendaraan karena jalanannya mulus. Anda dapat menggunakan angkutan umum atau pribadi, namun disarankan untuk menggunakan kendaraan sendiri karena tidak banyak angkutan umum yang tersedia. Alternatifnya, Anda bisa menyewa kendaraan terlebih dahulu di pusat kota.

Biaya masuk wisata alam

Harga tiket masuk mini Niagara Falls sangat terjangkau. Cukup membayar Rp. 5.000, Anda sekarang dapat mengakses lokasi ini. Biaya tambahan parkir sebesar Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat dan Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua. Tidak mahal, bukan? Jadi destinasi ini bisa menjadi solusi jika ingin menghabiskan liburan hemat bersama keluarga atau teman.

Perlu diketahui bahwa harga di atas dapat berubah sewaktu-waktu dan tanpa pemberitahuan sebelumnya karena keputusan manajemen. Itu sebabnya yang terbaik adalah selalu memiliki sisa uang, untuk berjaga-jaga. Selain itu, kawasan ini menawarkan restoran dan kafe dengan berbagai menu makanan dan minuman.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas Menarik Air Terjun Mini NiagaraFoto: Google Maps/Rike Virgoestini

Rendam dalam air panas

Meski tidak bisa berenang langsung di bawah Air Terjun Mini Bondowoso, bukan berarti Anda tidak bisa menikmati bermain air di sini. Karena sumber air panas tersedia untuk pengunjung. Mandi air panas di alam seperti ini akan memberikan banyak manfaat bagi Anda. Misalnya saja menghilangkan stres pada tubuh, melembabkan kulit, dan meningkatkan sirkulasi darah di otak.

Bagi Anda yang tidak ingin mandi air panas, jangan khawatir. Karena ada juga kolam pemandian air biasa yang segar karena berasal dari sumber alami. Artinya, Anda bisa memilih sendiri kolam pemandian sesuai selera masing-masing.

Nikmati pemandangan dari Kafe di Mini Niagara Falls

Usai berenang di kolam renang, Anda bisa menikmati indahnya pemandangan sekitar dengan duduk-duduk nyaman di kafe. Beberapa kafe kecil telah didirikan tidak jauh dari air terjun dimana pengunjung dapat duduk-duduk sambil minum kopi sambil menikmati indah dan sejuknya suasana alam disekitarnya.

Menu kopi di kafe ini adalah yang terbaik karena didatangkan langsung dari pabrik pengolahan kopi terdekat. Jadi pastikan untuk mencobanya. Jika tidak suka kopi, Anda juga bisa memesan minuman lainnya. Terdapat banyak variasi makanan dan minuman yang bisa dipilih, yang bisa Anda pesan sesuai selera.

Ambil selfie

Saat ini sudah menjadi hal yang lumrah bagi wisatawan untuk berfoto selfie saat berlibur. Apalagi jika datang ke objek wisata alam yang indah seperti mini Niagara Falls, pastinya tidak akan senang jika pulang tanpa berfoto satupun. Spot foto yang paling digemari pengunjung adalah jembatan besi melengkung. Karena The Little Niagara terlihat jelas di latar belakangnya.

Fasilitas yang tersedia di kawasan air terjun

Fasilitas mini di Air Terjun NiagaraFoto: Google Maps/Rodney Hill

Didesain oleh warga setempat, kawasan Niagara Mini dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung sehingga menjadikannya tempat wisata yang layak untuk dikunjungi. Fasilitas yang bisa Anda temukan antara lain tempat parkir, toilet, musala, dan restoran atau kafe.

Memang tidak berlebihan, namun setidaknya bisa memenuhi kebutuhan wisatawan saat berkunjung. Tidak menutup kemungkinan bahwa fasilitas tambahan akan dibuat di masa depan. Buktinya kini ada sebuah jembatan yang menjadi spot foto populer. Padahal sebelumnya jembatan itu belum ada.

Alternatifnya, jika Anda penasaran dengan keindahan Air Terjun Niagara yang sudah mendunia, Anda bisa datang ke Air Terjun Niagara mini di Bondowoso. Air terjun ini memiliki bentuk berundak yang tak kalah indahnya. Selama kunjungan Anda, Anda tidak hanya dapat mengagumi keindahannya tetapi juga menikmati pemandian air panas. Kedengarannya sangat menarik, bukan? Ayo segera rencanakan liburan ke sini!

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button