Tempat Wisata

Desa Wisata Tinalah memadukan pesona alam dan kekayaan budaya yang ada di Kulon Progo

Temukan keajaiban tersembunyi di Desa Wisata Tinalah Kulon Progo, dimana pesona alam dan kekayaan budaya berpadu memberikan pengalaman liburan yang autentik.

Harga tiket: Rp30.000, Jam beroperasi: 08.00 – 16.00 WIB, Alamat: J L. Kode No. KM 5, Sendang Sari, Purwoharjo, Kec. Samigaluh, Kab.Kulon Progo, DI Yogyakarta; Map: Periksa lokasinya

Kawasan Kulon Progo terkenal dengan pesona alamnya yang indah dan menawarkan banyak desa wisata menarik sebagai destinasi liburan. Salah satunya adalah Desa Wisata Tinalah yang lebih dikenal dengan nama Dewi Tinalah. Wisata alam ini menawarkan beragam atraksi wisata menarik yang akan membuat liburan Anda semakin tak terlupakan.

Misalnya outbond, camping, pertemuan dan arisan masyarakat. Sejak Dewi Tinalah ditetapkan sebagai desa wisata pada tahun 2013, Dewi Tinalah telah menjadi tujuan liburan populer bagi banyak wisatawan dari seluruh Indonesia dan luar negeri. Penasaran keseruan apa saja yang akan kamu rasakan di desa wisata ini?

Cek hotel murah di Kulon Progo

Daya tarik Desa Wisata Tinalah

Daya Tarik Desa Wisata TinalahFoto oleh Sarah Stefanie di Google Maps

Asal Usul Nama Dewi Tinalah

Bukan tanpa alasan desa wisata ini kemudian disingkat menjadi nama Dewi Tinalah. Dengan namanya yang terdengar unik dan indah, Dewi Tinalah mampu menggambarkan sosok sahabat yang menyampaikan ketenangan dan rasa aman. Hal ini sesuai dengan semboyan desa.

Mottonya adalah mengembangkan konsep desa wisata yang memancarkan keindahan alam dan kekayaan budaya. “Tinalah” sendiri berasal dari kata dasar “Talah” yang berarti “cepat” atau “segera” dalam bahasa Jawa.

Oleh karena itu, “Tinalah” dapat diartikan sebagai ajakan untuk segera berkreasi dan memperbaharui. Keberadaannya menjadi simbol kehidupan, mirip dengan sungai Tinalah yang mengalir dan membawa berkah bagi warga setempat.

Puncak Kleco

Sembari menjelajahi Desa Wisata Tinalah, Anda berkesempatan mengunjungi Puncak Kleco. Puncak Kleco merupakan destinasi tertinggi di desa ini, sehingga Anda bisa menikmati pemandangan alam yang menakjubkan. Di sana terdapat viewpoint dengan backdrop hijau yang sangat indah untuk dilihat.

Banyak juga spot foto yang bisa Anda coba seperti ayunan, sepeda tua, bunga, miniatur kapal dan masih banyak lagi. Ini pasti akan memenuhi keinginan fotografi Anda. Jika Anda hanya ingin bersantai, Anda bisa melakukannya karena di sekitar Puncak Kleco terdapat pendopo.

One Day Tour ke Wisata Bahari Jogja

Gua Sriti

Selain Puncak Kleco, ada juga gua bernama Goa Sriti di Desa Wisata Tinalah. Gua ini pernah menjadi markas Pangeran Diponegoro pada masa Perang Jawa. Jadi menjelajahi gua tersebut tentu dapat membantu wisatawan untuk mengetahui lebih jauh tentang sejarahnya.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Desa Wisata TinalahFoto oleh Fani Herminingsih di Google Maps

Dewi Tinalah terletak di Jalan Persandian, Kilometer Lima, di Desa Purwoharjo, Kawasan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Letaknya di kawasan Bukit Menoreh pada ketinggian sekitar 117 meter di atas permukaan laut. Dari pusat kota Jogja jaraknya sekitar 25 kilometer dan dapat ditempuh dengan segala jenis kendaraan pribadi.

Mulai dari sepeda motor, mobil, hingga bus, Anda bisa mencapai lokasi desa wisata tersebut. Anda bisa memulai perjalanan dari Tugu Jogja atau Tugu Pal Putih sebelah barat Yogyakarta. Koneksi jalan mudah dan perjalanan hanya memakan waktu sekitar 1 jam.

Tour Jogja 1 Hari: Candi Borobudur, Svargabhumi, Sungai Mudal dan Pule Payung

Biaya masuk dan jam buka

Biaya masuk Desa Wisata Tinalah tergantung paket wisata mana yang Anda pesan. Desa wisata ini menawarkan banyak paket wisata menarik kepada pengunjungnya. Misalnya saja jika Anda hanya mengunjungi Puncak Kleco, harga tiket masuknya hanya Rp 6.500 saja.

Sedangkan harga tiket mengunjungi Goa Sriti adalah Rp. 30.000 per orang. Oleh karena itu, biaya yang dikeluarkan saat menjelajah Dewi Tinalah bisa berbeda-beda. Biaya parkirnya sendiri umumnya bertarif normal yaitu Rp 2.000 untuk tiket sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas Menarik di Desa Wisata TinalahFoto oleh Eti Purnaningrum di Google Maps

1. Berkemah

Dewi Tinalah menawarkan area dengan lahan berumput luas untuk berkemah. Jadi Anda bisa menikmati keindahan alam Yogyakarta dengan mendirikan tenda di lokasi perkemahan. Di sekitar lokasi perkemahan banyak terdapat pepohonan hijau yang menjulang tinggi sehingga menciptakan suasana sejuk.

Udaranya sangat segar apalagi di pagi hari sehingga badan terasa lebih bugar saat beraktivitas disini. Anda juga bisa menyaksikan keindahan matahari terbit dari atas bukit yang sangat memanjakan mata. Menariknya lagi, Desa Wisata Tinalah memiliki layanan paket camping keluarga yang akan membuat waktu camping Anda semakin menyenangkan.

2. Penerbangan outbound menuju kawasan Desa Wisata Tinalah

Desa Wisata Tinalah merupakan tempat yang cocok untuk berkumpul dan berkumpul. Karena disini kami menawarkan paket outbound yang mengedepankan wisata petualangan. Pengelola wisata akan menyiapkan berbagai kegiatan yang melibatkan anggota kelompok sehingga pengunjung dapat mempererat kekompakan tim sekaligus mengasah kemampuan berpikirnya.

Jika Anda memilih paket outbound di Desa Wisata Tinalah, Anda dapat menikmati beragam aktivitas team building dan permainan yang menyenangkan. Jadi jangan lewatkan kegiatan ini jika Anda datang ke sini bersama rombongan, baik rombongan keluarga maupun rombongan kantor.

3. Tabung aliran

Sungai Tinalah yang jernih bisa menjadi arena bermain yang menyenangkan. Sungainya juga cukup lebar, jadi river tubing sangat bisa dilakukan di sini. Saat volume air sedang banyak variasi jeramnya banyak sehingga terasa sangat memacu adrenalin. Pemandangan indah di kiri dan kanan menemani Anda saat river tubing di Sungai Tinalah.

4. Kehidupan dan pendidikan

Selain berkemah di desa, Anda juga bisa menginap di homestay atau bersama penduduk setempat untuk mengetahui lebih jauh aktivitas individu masyarakat setempat. Misalnya kegiatan pertanian, perkebunan, peternakan, kerajinan tangan dan produksi aneka jajanan untuk dijual di pasar.

Program Immersive Education di Desa Wisata Tinalah mengambil pendekatan experiential learning. Proses pendidikan di sini dirancang untuk menonjolkan aspek pengalaman langsung dan mengatasi tantangan, diikuti dengan proses refleksi mendalam atas pengetahuan yang diperoleh melalui pengalaman tersebut.

Inisiatif ini dinilai ideal untuk institusi pendidikan mulai dari tingkat dasar hingga universitas. Anda juga bisa mengajak keluarga Anda untuk merasakannya.

5. Lukisan batu

Jangan lupa untuk mencoba aktivitas unik seperti melukis batu saat Anda mengunjungi Dewi Tinalah. Masyarakat telah menekuni seni lukis batu sejak tahun 2019. Konsep lukisan bebatuan muncul karena banyaknya bebatuan alam di sepanjang Sungai Tinalah. Kini karya seni unik tersebut dijual masyarakat dengan harga ratusan ribu.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Desa Wisata TinalahFoto oleh Kembara Dwipa di Google Maps

Sebagai desa wisata yang menawarkan banyak paket menarik bagi pengunjungnya, fasilitas di Dewi Tinalah bisa dikatakan sangat memadai. Tempat parkir khusus telah disediakan bagi pengunjung yang datang dengan kendaraan pribadi. Areanya juga luas sehingga Anda tidak perlu khawatir jika bepergian bersama rombongan menggunakan bus.

Spot foto terdapat di beberapa lokasi wisata, misalnya di sekitar Puncak Kleco. Ini memungkinkan Anda mencari foto sebanyak yang Anda inginkan di area tersebut. Lalu ada tempat perkemahan dengan toilet dan musala. Intinya semua kebutuhan bisa tercukupi selama liburan.

Jika tak ingin berkemah dan ingin bermalam dengan lebih nyaman, terdapat homestay di kawasan tempat tinggal warga. Banyak juga kios yang menjual berbagai makanan dan minuman. Di Desa Wisata Tinalah dijamin betah berlama-lama.

Nah, menurut Anda paket wisata mana yang ingin Anda coba saat berkunjung ke Dewi Tinalah? Banyak aktivitas seru menanti Anda di desa wisata ini yang akan membuat liburan Anda tak terlupakan dan tak terlupakan. Ayo rencanakan liburanmu ke Dewi Tinalah sekarang.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button