Tempat Wisata

Air Terjun Pulo Agung, air terjun eksotik dengan panorama alam eksotik di Bondowoso

Air Terjun Pulo Agung di Bondowoso merupakan sebuah mahakarya alam yang mempesona dengan air jernih beriak yang dikelilingi panorama alam yang eksotik.

Harga tiket: Bebas Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Suko Sawah, Kecamatan Sukorejo. Sumberwringin, Cab.Bondowoso, Jawa Timur; Map: Periksa lokasinya

Air Terjun Pulo Agung merupakan salah satu wisata air terjun yang wajib dikunjungi ketika anda berada di Bondowoso. Air terjun ini jatuh dari ketinggian 30 meter, dikelilingi panorama alam yang masih alami dan indah. Oleh karena itu, suasananya yang tenang berhasil menarik wisatawan dari berbagai daerah. Kebanyakan pengunjung menghabiskan waktunya untuk menghibur diri karena bosan.

Wisata air terjun di Bondowoso ini cocok untuk mengisi waktu luang anda dengan aktivitas liburan khususnya libur panjang. Anda bisa mengajak rombongan keluarga atau teman untuk berlibur sambil menikmati keindahan alam Bondowoso yang tiada duanya. Yang menarik dari wisata ini dapat dilihat pada penjelasan berikut ini.

Cek hotel murah di Bondowoso

Objek wisata yang ditawarkan Air Terjun Pulo Agung

Daya tarik Air Terjun Pulo AgungFoto: Instagram/Andi Eka Mardianto

Keindahan lingkungan

Hal yang paling menarik dari Air Terjun Pulo Agung Bondowoso adalah pesona alam sekitar yang tidak dimiliki oleh wisata air terjun lainnya berkat bebatuan, tebing, pepohonan, dan tumbuhan. Selain itu, objek wisata ini juga memiliki lembah hijau yang tidak terlalu luas. Namun kehadirannya mempercantik pemandangan sekitarnya.

Tingginya mencapai 30 meter

Seperti yang diketahui, air terjun Pulo Agung memiliki ketinggian sekitar 30 meter. Bisa dibilang destinasi wisata ini tergolong baru namun tetap mempertahankan keindahannya. Sebab, wisata tersebut baru dibuat dan dibangun pada tahun 2003 dan dikelola oleh Dinas Pariwisata Seni dan Budaya Bondowoso.

Air jernih dan segar

Air terjun ini mempunyai aliran air yang sangat jernih dan segar. Sebab, kondisi alamnya masih terjaga dengan baik. Karena itulah semua orang akan merasa nyaman berada di sini, bersantai sekaligus menikmati udara segar dan sejuk. Tak heran jika pengunjung merasa nyaman dan ingin berlama-lama berada di sini.

Cocok untuk pecinta alam dan penjelajah

Perlu diketahui bahwa air terjun yang mempesona ini layak dikunjungi bagi pecinta dan penjelajah alam. Pasalnya, keistimewaan alam yang masih bercirikan kealamian dan keasliannya membuat pengunjung serasa berada di tengah petualangan saat menyusuri atau mengelilinginya.

Cek tiket Trans Studio Mini Jember

Alamat dan rute menuju air terjun

Alamat Air Terjun Pulo AgungFoto: Instagram/Nizar Susiawan

Ingin menikmati liburan di objek wisata alam ini? Penting untuk mengetahui alamat lokasi agar dapat sampai ke tujuan dengan benar, baik dan lancar. Air Terjun Pulo Agung terletak di Suko Sawah, Desa Sukorejo, Kecamatan. Sumber Wringin, Kab.Bondowoso, Jawa Timur. Anda dapat menggunakan transportasi umum, namun harus berjalan kaki untuk sampai ke lokasi.

Pengunjung yang datang dari kota Bondowoso tentunya tidak akan bingung lagi jika berkunjung ke sini karena letaknya yang sangat dekat dan mudah ditemukan. Namun pengunjung yang datang dari luar atau luar negeri pasti akan merasa kebingungan. Tak perlu khawatir karena ada pilihan transportasi yang bisa membantu Anda mencapai destinasi wisata alam ini.

Sangat disarankan menggunakan kendaraan pribadi baik mobil maupun sepeda motor. Gunakan bantuan GPS atau petunjuk arah Google Maps untuk wisata Air Terjun Pulo Agung. Hal ini lebih mudah dibandingkan menggunakan angkutan umum karena tidak perlu berhenti di terminal bus kota dan bertanya kepada warga sekitar.

Untuk menuju air terjun ini ambil jalur utama dari Bondowoso yaitu Jalan Kawah Ijen. Jika jalan utama macet, Anda bisa memilih jalur alternatif. Waktu tempuh dari Bondowoso menuju lokasi kurang lebih 44 menit dengan syarat tidak macet. Namun untuk menghindarinya, gunakan jalur alternatif dengan mengecek informasi lalu lintas terkini.

➥ Tiket Pantai Tanjung Papuma Jember

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas Menarik Air Terjun Pulo AgungFoto: Instagram/Taufiqi Rahman

1. Berburu Foto

Mau tahu berapa banyak spot foto yang ada di Air Terjun Pulo Agung? Tentu saja banyak spot foto yang bisa Anda jadikan latar belakang selfie. Pasalnya, objek wisata alam ini menyuguhkan keindahan dan pesona dari berbagai sudut sehingga memungkinkan Anda mengambil foto sebanyak-banyaknya.

Sebagian besar pengunjung menggunakan air terjun sebagai latar belakang foto mereka. Anda dapat berdiri membelakangi air terjun dan berpose di depan kamera bersama sekelompok anggota keluarga atau teman. Tentunya wisata ini cocok bagi Anda yang suka berfoto atau suka selfie. Anda juga bisa membagikan momen spesial di berbagai media sosial.

2. Menikmati panorama Air Terjun Pulo Agung

Tentunya sesampainya di lokasi, Anda akan terkesima dengan keindahan air terjun eksotik tersebut. Anda bisa duduk tenang sejenak dan menikmati keindahannya. Anda bisa memanfaatkan batu-batu di sekitar Anda untuk duduk dan bersantai. Aktivitas ini bisa membuat Anda merasa lebih rileks berkat udara segar dan suara air yang jatuh dan mengalir.

3. Bersepeda

Orang yang suka berpetualang bisa mengendarai sepeda ke tempat-tempat wisata. Tentunya kegiatan ini akan menambah keseruan ekstra dan memberikan pengalaman tersendiri di tengah liburan Anda. Dalam perjalanan, Anda akan menyusuri jalan yang penuh tanaman dan pepohonan di tepi Air Terjun Pulo Agung. Sangat disarankan untuk berhati-hati agar tidak terpeleset karena jalanan licin.

4. Piknik

Kegiatan selanjutnya yang tak kalah seru adalah piknik. Anda bisa membentangkan tikar dan meletakkan makanan dan minuman di atasnya. Cocok bagi Anda yang bepergian bersama rombongan agar liburan terasa lebih semarak dan sibuk. Anda juga bisa menghabiskan waktu membaca novel sambil mendengarkan suara air.

5. Makanlah

Jika Anda merasa lapar setelah melakukan berbagai aktivitas, Anda bisa mengunjungi restoran di sekitar air terjun Pulo Agung Bondowoso. Anda dapat memilih menu lezat dan minuman segar yang disediakan. Santapnya terasa semakin nikmat karena ditemani panorama air terjun.

6. Berjalan di sekitar air terjun

Berjalan-jalan di sekitar air terjun pun tak kalah serunya. Para petualang tentu ingin menerima tantangan menjelajahi alam liar. Anda bisa melakukannya di sini dengan memanjat bebatuan dan menjelajahi jalanan sekitarnya. Namun hati-hati terhadap satwa liar karena banyak terdapat semak liar yang cukup lebat.

Fasilitas yang tersedia di kawasan air terjun

Fasilitas menuju air terjun Pulo AgungFoto: Instagram/Jalan wisata

Sebelum berkunjung, tentu Anda penasaran dengan fasilitas apa saja yang ditawarkan destinasi wisata alam ini. Fasilitasnya cukup lengkap dan terdapat tempat parkir yang cukup luas sehingga Anda bisa memarkir kendaraan pribadi dengan lebih aman. Selain itu, fasilitas berupa toilet umum dapat digunakan untuk buang air kecil maupun besar.

Tentunya fasilitas yang tersedia mampu memenuhi kebutuhan dan kenyamanan pengunjung berlibur. Jika merasa lapar, Anda bisa mengunjungi restoran terdekat yang menawarkan beragam menu lezat yang menggugah selera. Agar objek foto Anda tidak kehabisan, ada juga banyak spot foto yang bisa Anda gunakan.

Namun, pastikan Anda membawa kamera dengan fitur fotografi terbaik dan ruang penyimpanan yang cukup. Beginilah cara Anda mengabadikan momen liburan bersama keluarga. Jangan lupa membawa perlengkapan mandi dan perbekalan kesehatan. Sebelum berangkat, persiapkan aksesoris pendukung lainnya seperti topi dan kamera.

Demikian penjelasan mengenai hal menarik yang ditawarkan Air Terjun Pulo Agung di Bondowoso yang perlu Anda ketahui sebelum berkunjung. Dapat disimpulkan bahwa air terjun ini memiliki pesona alam yang menarik, perpaduan antara air terjun, tebing, lembah dan tanaman disekitarnya.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button