Tempat Wisata

Embung Kleco, tempat terbaik menikmati panorama matahari terbenam dan matahari terbit yang mempesona di Kulon Progo

Nikmati panorama perbukitan Embung Kleco Kulon Progo yang menakjubkan, tempat yang tepat untuk merasakan keajaiban panorama matahari terbenam dan matahari terbit yang mempesona.

Harga tiket: Rp3.000, Jam beroperasi: 05.29-19.00 WIB, Alamat: Ngesong, Kecamatan Giripurwo. Girimulyo, Kab.Kulon Progo, DI Yogyakarta; Map: Periksa lokasinya

Embung Kleco merupakan waduk buatan cantik di Yogyakarta yang wajib dikunjungi saat liburan. Saking indahnya, wisata tersebut sontak menjadi viral dan menarik banyak pengunjung dari berbagai daerah yang penasaran dengan keindahannya. Oleh karena itu, waduk populer ini patut dijadikan destinasi wisata yang wajib dikunjungi bersama rombongan.

Menariknya, Waduk Kleco merupakan waduk buatan yang digunakan sebagai sumber irigasi pertanian dan perkebunan lokal. Dengan tampilannya yang terawat dan panoramanya yang indah, kini waduk tersebut menjadi tujuan wisata banyak orang. Untuk lebih menariknya lagi mengenai waduk keren ini, simak penjelasannya di bawah ini.

Paket tour jogja 4 hari 3 malam ke destinasi wisata populer

Daya Tarik Kleco Embung

Daya Tarik Kleco EmbungFoto oleh Nomeri Tahalea di Google Maps

1. Pemandangan matahari terbenam dan matahari terbit yang berbeda

Hampir semua orang menyukai indahnya pemandangan langit saat matahari terbit dan terbenam. Di Embung Kleco Kulon Progo Anda bisa melihat keduanya dalam satu hari karena letaknya di puncak Bukit Menoreh. Di sini pemandangan langit jingga terlihat sangat detail setiap detiknya.

Seberkas cahaya menembus langit yang gelap dan kemudian berubah menjadi warna kuning keemasan cerah. Siapapun yang melihatnya pasti akan terkesima dengan panorama langit ini. Bahkan keindahannya tak kalah dengan pemandangan matahari terbit di tempat wisata alam lainnya.

2. Suasana tenang

Ketenarannya masih belum sebanding dengan tempat wisata di Malioboro kebanyakan. Sebab, suasana masih cukup tenang bagi pengunjung. Inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta suasana tenang. Karena badan bisa rileks dan pikiran menjadi segar kembali.

3. Cerita yang menarik

Waduk seluas 20 hektar ini digunakan untuk mengairi ratusan hektar lahan pertanian dan perkebunan milik warga sekitar. Airnya sendiri berasal dari air hujan yang jatuh langsung ke waduk dan sungai-sungai di sekitarnya. Waduk unik ini pertama kali dioperasikan pada tahun 2017 dan diresmikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Hotel murah di Kulon Progo

Karena lokasinya yang indah, waduk ini sering dikunjungi wisatawan lokal. Karena viralnya wisata buatan di media sosial, Embung Kleco akhirnya menjadi tenar dan dikenal banyak orang. Melihat potensi wisata tersebut, maka pemerintah daerah dan masyarakat menciptakan waduk tersebut sebagai objek wisata baru yang diharapkan dapat bersaing dengan tempat wisata lainnya.

4. Pemandangan perbukitan

Embung Kleco di Kulon Progo terletak di puncak bukit dan menawarkan keindahan bukit yang mempesona. Keindahannya dapat dilihat dari berbagai sudut. Deretan perbukitan hijau berpadu dengan langit biru yang indah. Apalagi panorama Gunung Merapi terlihat semakin jelas di siang hari jika berdiri gagah di sisi timur.

5. Medan yang menuntut adrenalin

Karena lokasinya yang berada di puncak bukit, maka akses ke kawasan wisata ini lebih sulit. Oleh karena itu pengunjung harus melewati jalan pedesaan yang berkelok-kelok, sempit dan menanjak. Sangat disarankan untuk membawa sepeda motor karena jalurnya tidak terlalu lebar dan perjalanan terasa lebih menyenangkan dan mudah.

Medan yang menantang ini pasti menarik bagi para penggemar medan yang menantang. Tak perlu khawatir karena Anda tidak akan bosan selama perjalanan berkat pemandangan alam sekitar yang menakjubkan dengan sawah bertingkat, perbukitan, dan perkebunan. Lamanya perjalanan tidak akan membuat Anda lelah.

Paket Tour Jogja 1 Hari (Tumpeng Menoreh, Kebun Teh Nglinggo dan Lainnya)

Alamat, lokasi, rute dan tiket masuk

Alamat Embung KlecoFoto oleh Andan Dante di Google Maps

Waduk Kleco terletak di Dusun Ngesong, Desa Giripurwo, Kec. Girimulyo, Kab. Kulon Progo, DIY. Akses jalan menuju objek wisata ini banyak tanjakan dan tikungan yang tajam, sehingga pengunjung diharapkan untuk memeriksa mesin kendaraannya terlebih dahulu agar dapat memulai perjalanan.

Ada banyak jalur menuju tempat wisata, termasuk dari pusat kota Jogja. Anda bisa mengarahkan kendaraan ke arah barat menuju Jalan Kyai Moto. Kemudian lurus saja hingga sampai di perempatan dengan Ringroad Barat Demak Ijo. Lurus ke Jalan Godean dan sampai di Pasar Godean.

Sesampainya di Persimpangan Nanggulan, belok kanan ke Jalan Girimulyo hingga mencapai pertigaan Banyan Tree T. Anda bisa langsung menuju pasar Sribit hingga menemukan pertigaan terminal Sribit. Perjalanan dilanjutkan menuju Polsek Girimulyo kemudian menuju Puskesmas Girimulyo. Ambil jalan tengah untuk mencapai kawasan wisata.

Karena masih dalam pengelolaan warga sekitar, harga tiket masuk wisata cenderung sangat terjangkau, hanya Rp 3.000 saja. Dengan harga tersebut, Anda bisa menikmati keindahan waduk, bukit, dan perkebunan sambil berlibur bersama keluarga tanpa mengeluarkan banyak uang.

Kegiatan yang menarik

Kegiatan menarik dari Kleco EmbungFoto oleh Aditya Wicaksono di Google Maps

Menikmati indahnya matahari terbenam di sore hari

Seperti kita ketahui, daya tarik utama Embung Kleco adalah panorama langit matahari terbenam di sore hari. Hal ini tidak boleh Anda lewatkan saat berlibur ke sini, karena dapat memanjakan mata. Anda bisa menikmati pemandangan alam sambil duduk bersama rombongan keluarga atau orang tercinta di objek wisata mempesona ini.

Camping di kawasan Embung Kleco

Apakah Anda menyukai aktivitas di alam? Kleco Embung merupakan salah satu objek wisata alam yang layak dikunjungi untuk berkemah. Karena suasana alamnya masih alami, aktivitas bermalam lebih dianjurkan. Selain itu, pada malam hari Anda akan disuguhkan keindahan kerlap-kerlip lampu kota Kulon Progo, dimana ratusan bintang bersinar di langit.

Nikmati durian segar yang lezat

Bagi pecinta buah harum ini, menyantap durian memang menjadi hal yang sangat nikmat. Lebih enak lagi jika dicoba langsung dari kebun, seperti di Waduk Kleco. Pasalnya di kawasan tersebut banyak terdapat pohon durian yang tumbuh dalam varietas kuning, torehan, dan jambon. Di tengah musim panen, Anda bisa langsung menikmatinya dan menjadikannya oleh-oleh.

Ambil foto sebanyak yang Anda inginkan

Liburan terasa kurang jika gagal mengabadikan momen kebersamaan. Selain itu, Embung Kleco di Kulon Progo memiliki beragam spot foto yang estetik dan Instagrammable. Pemandangan alam dari berbagai sudut bisa dijadikan latar belakang foto. Pastikan Anda membawa kamera dengan ruang penyimpanan yang cukup.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Sistem waduk KlecoFoto oleh Septi Rianto di Google Maps

Meski masih tergolong tempat wisata baru di Jogja, namun pihak pengelola telah menyediakan berbagai fasilitas yang sepenuhnya memenuhi kebutuhan para pengunjung. Tak heran jika wisatawan merasa nyaman berlama-lama di sini dan tidak ragu untuk kembali lagi.

Sesampainya di Embung Kleco, pengunjung dapat memarkir kendaraan pribadinya di tempat parkir yang tersedia. Tempat parkirnya cukup luas untuk menampung banyak kendaraan pengunjung dalam waktu bersamaan. Toilet juga secara umum terlihat terawat dan bersih karena terdapat petugas yang menjaga kebersihan dan kenyamanan saat menggunakan toilet.

Pengunjung yang merasa lapar dan haus dapat mengunjungi warung makan sederhana yang dikelola oleh ibu-ibu di kawasan wisata. Hidangan menu yang beragam sangat lezat dan memanjakan lidah. Selain itu, terdapat pula musala khusus bagi pengunjung muslim yang ingin menunaikan salat. Fasilitas berupa rest area dan gardu pandang juga bisa dimanfaatkan.

Demikian penjelasan Embung Kleco dengan sejumlah hal menarik. Penting untuk diketahui bahwa Anda perlu mempersiapkan berbagai hal sebelum berkunjung, mulai dari kendaraan, kamera, hingga uang untuk tiket. Kegiatan liburan menikmati keindahan alam semakin seru dengan mengajak rombongan keluarga.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button