Tempat Wisata

Air Terjun Purba Bidadari Tirai, air terjun mempesona yang dikelilingi tebing-tebing eksotis di Probolinggo

Air Terjun Tirai Bidadari Purba di Probolinggo merupakan destinasi wisata alam dengan pemandangan air terjun yang mempesona dan dikelilingi tebing-tebing yang mempesona.

Harga tiket: Rp5.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Bulah Gadung, Anjangg, Kec. Tiris, Cab.Probolinggo, Jawa Timur; Map: Periksa lokasinya

Air Terjun Tirai Bidadari Purba menjadi salah satu pilihan populer bagi pengunjung yang mencari keindahan alam spektakuler di Probolinggo. Terletak di lereng Gunung Lamongan, air terjun ini memiliki air yang jernih dan sejuk. Meski tersembunyi, air terjun ini menjadi objek wisata populer dan banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun lokal.

Air terjun cantik ini selain terkenal keindahannya juga mempunyai keunikan tersendiri yang menjadi daya tarik bagi wisatawan. Penasaran? Simak ulasan Air Terjun Purba Tiari Bidadari pada artikel di bawah ini.

Paket Arung Jeram Pekalen Probolinggo

Objek wisata yang ditawarkan oleh Air Terjun Tirai Bidadari Purba

Objek wisata Air Terjun Purba Tirai BidadariFoto: Google Maps/Samsjul Hudha

Pesona unik Air Terjun Purba Tirai Bidadari terletak pada keberadaan 16 sumber mata air yang memancar dari atas tebing. Dikelilingi hutan hijau dan alami, air terjun ini menyuguhkan pemandangan menakjubkan dan menyegarkan mata. Suara gemericik air yang jatuh dari ketinggian menciptakan suasana yang menenangkan dan segar.

Percikan air yang jatuh dan terkena cahaya membentuk pelangi yang indah, maka dari itu dinamakan air terjun Purba Tirai Bidadari. Selain itu, penduduk setempat menyebutnya air terjun purba karena tebingnya memiliki lengkungan yang membentuk gua atau lorong, seperti suasana zaman dahulu.

Air terjun Tirai Bidadari Purba terletak di dalam kawasan konservasi lokal seluas 36 hektar. Dikelilingi oleh hutan bambu dan vegetasi yang lebat, kawasan ini menjadi habitat berbagai jenis satwa termasuk berbagai jenis burung dan primata. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika kawasan sekitar air terjun masih kaya akan keanekaragaman hayati.

Selain itu, aliran air berwarna hijau yang dikelilingi tebing terjal menanti Anda di sekitar air terjun. Tempat indah ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang.

Perjalanan snorkeling ke Gili Ketapang

Meski lokasinya tersembunyi dan sulit dijangkau, namun banyak wisatawan yang penasaran dan tertarik untuk mengunjungi objek wisata alam ini. Selain itu, terdapat tempat-tempat populer bagi para pecinta olahraga air di sekitar air terjun, seperti area arung jeram.

Mengingat arus sungai yang deras dan tebing terjal, tak heran jika air terjun Purba Tirai Bidadari menjadi tempat yang menarik untuk olahraga air. Pasalnya, banyak pengunjung yang sering menyamakan keindahan tempat ini dengan Green Canyon yang ada di Probolinggo.

Selain menikmati keindahan alam, Anda juga bisa berfoto di ayunan megah setinggi 10 meter yang dibangun di sekitar air terjun ini. Keamanan pengunjung selama berayun terjamin, karena ayunan dilengkapi dengan tali pengaman dan kehadiran petugas yang selalu bersiaga di sekitar area ayunan menambah rasa aman.

Temukan penawaran hotel di Probolinggo

Alamat dan rute menuju air terjun

Alamat Air Terjun Purba Tirai BidadariFoto: Google Maps/Firnanda Eka Prasetya

Air terjun Purba Tirai Bidadari melewati dua desa yaitu desa Ranugedang dan desa ANGKang di Jawa Timur. Jika Anda dari kota Surabaya bisa melalui tol Bangil – Rembang atau tol Gempol – Pasuruan.

Selain itu, jalur dari Desa Ranugedang menuju air terjun masih cukup sulit dan tergolong terpencil. Berbeda dengan Desa Tangang, air terjun ini hanya berjarak 3 km dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki.

Akses menuju air terjun mempesona ini cukup sulit saat pertama kali dibuka. Namun warga sekitar berinisiatif membuka jalan menuju air terjun dengan melakukan pengabdian masyarakat selama 12 hari. Jalur yang dibuka selebar 1,5 meter dari pos masuk objek wisata air terjun ini.

Namun akses roda empat hanya bisa menuju pemukiman warga sekitar di Dusun Lalangan, Desa ANGKang. Selain itu, pengunjung yang datang dapat melalui pintu masuk air terjun dengan kendaraan roda dua maupun berjalan kaki.

Biaya masuk wisata alam

Jika anda berkunjung ke Air Terjun Purba Tirai Bidadari Probolinggo, harga tiket masuknya masih sangat terjangkau yaitu anda hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan saja. Biaya parkir tergantung pada jenis kendaraan. Dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil. Dan jika anda tertarik dengan olahraga air seperti arung jeram, tersedia paket arung jeram mulai dari Rp 299.000 hingga Rp 450.000.

Jika Anda berasal dari luar daerah dan memutuskan untuk bermalam, jangan khawatir karena di sekitar Kawasan Wisata Air Terjun terdapat akomodasi yang bisa Anda gunakan untuk menginap. Penginapan yang ada memiliki harga per malam yang berbeda-beda, mulai dari Rp 100.000 – Rp 265.000, jadi anda bisa menyesuaikan dengan budget anda.

Penduduk setempat percaya bahwa ada mitos tentang air terjun Tiara Bidadari kuno ini. Mitosnya perempuan yang datang terlihat lebih cantik dan laki-laki terlihat lebih muda. Hal inilah yang menjadikan wisata air terjun ini memiliki keajaiban yang tidak dimiliki oleh wisata lainnya.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas Menarik Tirai Air Terjun Purba BidadariFoto: Google Maps/Firnanda Eka Prasetya

Bersantai dan nikmati pemandangan air terjun

Salah satu aktivitas utama di Air Terjun Purba Tirai Bidadari adalah bersantai sambil menikmati indahnya pemandangan air terjun dan alam sekitarnya. Anda bisa duduk bersantai di pinggir air terjun bersama keluarga, sahabat atau orang terdekat.

Jangan lupa membawa makanan dan minuman dari rumah karena tidak ada warung di dekat air terjun. Untuk menciptakan momen tak terlupakan, jangan lupa ambil foto sebanyak-banyaknya dengan kamera ponsel Anda

Bermain di air

Seperti air terjun pada umumnya, pengunjung yang datang bisa berenang, bermain air atau berendam di air terjun. Airnya yang sejuk dan segar ini mampu menghilangkan kepenatan selama perjalanan menuju air terjun.

Namun, hati-hati tentang keselamatan dan ikuti peraturan setempat. Menurut warga sekitar, beberapa sumur di Air Terjun Purba Tirai Bidadari Probolinggo memiliki karakteristik air yang berbeda-beda. Ada yang bersuhu dingin dan hangat, air berbau belerang, dan air berasa asam.

Arung jeram/arung jeram

Jika Anda mencari pengalaman ekstrim, Anda bisa mencoba olahraga air seperti arung jeram atau arung jeram di sekitar air terjun yang mempesona ini. Arus sungai yang deras dan bebatuan menjadikan tempat wisata ini sebagai tempat terbaik untuk arung jeram.

Anda tidak perlu khawatir atau takut untuk mengarungi sungai yang dipenuhi batu karang ini karena sudah tersedia operator atau pemandu arung jeram yang akan memandu Anda menyusuri sungai tersebut. Jika Anda tertarik dengan aktivitas ini, Anda bisa memesan paket rafting di Desa Ranugedang.

Nah itulah ulasan mengenai Hidden Gem dari tempat wisata alam yaitu Air Terjun Purba Tirai Bidadari. Karena terletak di kawasan hutan yang vegetasinya masih lebat, pariwisata ini masih terus berkembang. Aktivitas menarik ditawarkan dan Anda bisa mengunjungi air terjun untuk sekadar bersantai. Pastikan untuk menjaga kelestarian dan kebersihan tempat wisata.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button