Tempat Wisata

Air Terjun Walet, destinasi wisata alam dengan beragam tempat perkemahan menakjubkan di Bogor

Temukan kedamaian di Curug Walet Bogor, permata tersembunyi yang menawarkan suasana alam mempesona. Tempat sempurna untuk berkemah dan pecinta alam.

Harga tiket: Rp10.000, Jam beroperasi: 08.00 – 16.00 WIB, Alamat: Ciasihan, Kec. Pamijahan, Cab.Bogor, Jawa Barat; Map: Periksa lokasinya

Bogor merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang terkenal dengan beragam wisata alamnya yang menarik perhatian. Alamnya masih sangat terjaga sehingga kawasan ini menawarkan suasana sejuk dan menyegarkan untuk menyegarkan diri. Salah satu destinasi wisata air terjun yang belum banyak diketahui orang.

Curug Walet merupakan salah satu destinasi wisata air terjun yang unik karena terdapat Sarang Burung Walet Bogor tepat di puncak air terjun. Pemandangan yang disajikan sangat tenang dan damai untuk penyembuhan. Ingin tahu lebih banyak tentang keindahan alam air terjun ini? Di bawah ini rinciannya.

Hotel murah di bogor

Daya tarik Air Terjun Walet

Daya tarik Air Terjun WaletFoto oleh Rusnadi Adhie di Google Maps

1. Permata tersembunyi yang menenangkan

Keindahan alam air terjun ini sungguh menakjubkan sehingga Anda tidak perlu ragu untuk mengunjungi Air Terjun Walet di Bogor. Pemandangannya sangat indah, air terjunnya mengalir deras dan sangat jernih, cocok untuk berenang. Tebing berbatu yang mempesona menjadikan tur ini serasa surga dari pandangan mata burung.

Selain itu kawasan wisata ini dikelilingi oleh tanaman hijau yang sangat sejuk dan menyegarkan. Seluruh kawasan wisata ini berhawa sejuk dan tidak terasa panas sama sekali. Maka dari itu sangat cocok dijadikan sebagai tempat penyembuhan diri dari hiruk pikuk perkotaan yang sangat melelahkan pikiran.

2. Berenang

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke objek wisata alam Curug Walet dapat berenang. Nikmati pemandangan sambil melakukan berbagai aktivitas yang tepat untuk menyegarkan tubuh. Pemandangan air terjunnya sangat indah, dikelilingi tanaman hijau.

Pengunjung yang ingin berenang di sekitar air terjun diimbau untuk tetap waspada dan menghindari berenang tepat di bawah tempat jatuhnya air. Arus di bawah air terjun sangat deras dan berbahaya. Oleh karena itu, wisatawan disarankan untuk berenang di kawasan yang ditetapkan sebagai zona aman.

Trip ke Air Terjun Hordeng dan Air Terjun Kembar Sentul

3. Mengejar Wisata Curug

Untuk mencapai Curug Walet, wisatawan harus menempuh perjalanan dengan pemandangan yang indah dan memanjakan mata. Pasalnya, wisatawan diajak berjalan-jalan dan berpetualang melintasi hutan dengan tanaman hijau dan pepohonan di sekitar kawasan wisata alam.

Jalan-jalan di alam terbuka tentu memberikan sensasi berbeda karena tempat wisatanya cukup tersembunyi dan wisatawan harus berjalan di jalur yang telah ditentukan. Jalannya sudah cukup memadai dan masih bisa dilalui, Anda juga harus menaiki beberapa anak tangga untuk menuju tempat wisata.

4. Nikmati pemandangan air terjun dari dekat

Sesampainya di Curug Walet, pastikan Anda beristirahat sejenak sebelum melakukan aktivitas lain yang direncanakan. Cobalah untuk menikmati suasana wisata yang mempesona. Upaya berwisata ke objek wisata mempesona ini akan membuahkan hasil.

Pemandangan air terjun sangat indah untuk dinikmati, apalagi air terjun ini juga menawarkan beberapa anak tangga dari bawah ke atas. Wisatawan yang ingin mendaki puncak dapat menggunakan akses tangga yang disediakan untuk keperluan tersebut. Jangan lewatkan untuk mengabadikan momen tersebut dengan kamera.

Trip trekking air terjun cikawah bogor

5. Perkemahan

Bagi wisatawan yang ingin bermalam di kawasan Curug Walet cukup diperbolehkan, begitu juga dengan melakukan aktivitas camping. Untuk menginap, Anda hanya perlu mendapatkan izin dari pengelola objek wisata. Berkemah di luar ruangan akan memberikan pengalaman yang luar biasa dan tak terlupakan.

Pasalnya, berkemah merupakan hal yang sangat seru dan menyenangkan, apalagi jika ditemani oleh keluarga atau teman tercinta. Mendirikan tenda sambil menikmati keindahan dan kesegaran alam bisa menjadi pengalaman yang menenangkan. Bagi wisatawan yang mengalaminya, itu adalah salah satu petualangan hidup yang paling tak terlupakan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun WaletFoto oleh Bocah Dekil di Google Maps

Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi air terjun alami ini, destinasi wisatanya terletak di Desa Ciasihan, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Situs tersebut terletak di kawasan Taman Nasional Halimun Salak, kurang lebih 41,8 kilometer dari pusat kota Bogor.

Wisatawan yang belum pernah berkunjung ke Curug Walet tidak perlu khawatir, bisa menggunakan petunjuk arah melalui Google Maps. Jalur wisata dimulai dari Jl. Raya Pamijahan belok kanan melewati Jl. Jembatan Ciasihan. Jalan lurus hingga mencapai Gunung Menir.

Setelah sampai di Gunung Menir belok kiri menuju Jl. KH. M.Parta. Selanjutnya Anda tinggal mengikuti jalan menuju air terjun itu sendiri. Jika masih bingung, Anda bisa bertanya kepada warga setempat mengenai lokasinya. Jalan tersebut masih dapat diakses oleh mobil dan sepeda motor.

Biaya masuk dan jam buka

Pengunjung yang ingin menjelajahi tempat wisata ini harus membayar biaya masuk sebesar Rp 10.000 per orang untuk memasuki kawasan Desa Ciasihan. Untuk menikmati keindahan air terjun, pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp 20.000 per orang, sudah termasuk akses menuju Curug Payung dan Leuwi Hejo.

Anda akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000 per kendaraan. Beruntungnya saat Anda berkunjung ke destinasi wisata ini tidak ada orang yang berjaga di pos jaga dan Anda bisa masuk ke kawasan wisata tersebut secara gratis. Mengunjungi destinasi wisata dalam suasana cerah merupakan pilihan yang baik.

Air Terjun Walet Bogor buka mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB malam. Dengan waktu luang yang cukup, wisatawan bisa menikmati wisata alam dengan memuaskan mulai hari biasa maupun akhir pekan. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pagi hingga siang hari.

Cobalah untuk mengecek prakiraan cuaca sebelum mengunjungi wisata ini. Pasalnya, saat hujan deras, beberapa akses jalan cukup sulit dilalui karena beberapa bagian jalan becek dan terbentuk genangan banjir. Jalur menuju air terjun ini cukup beresiko jika jalanan licin dan berbatu.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas air terjun waletFoto oleh Muhammad Yoan Al Rasyid di Google Maps

Karena letak objek wisata alam ini yang tersembunyi, objek wisata ini masih memiliki keterbatasan fasilitas pendukung bagi wisatawan. Fasilitas yang dipenuhi saat ini adalah area toilet umum. Untungnya fasilitas toilet bagi wisatawan masih memadai, meski letak toilet cukup jauh dari air terjun.

Sebagai informasi: Toilet umum terletak di dekat gerbang masuk Curug Walet. Oleh karena itu, wisatawan yang berada di dekat air terjun harus kembali ke area pintu masuk wisata untuk menggunakan toilet. Jika Anda ingin merayakan suatu kebaktian, tersedia musala kecil yang menyediakan ruang yang cukup untuk kebaktian.

Pengelola Curug Walet di Bogor juga menyediakan pendopo bagi wisatawan yang ingin bersantai, beristirahat dan menikmati sejuknya pemandangan alam. Jangan khawatir juga lapar karena wisata ini masih dikelilingi oleh beberapa warung makan dengan kuliner yang nikmat.

Harga yang ditawarkan cukup terjangkau namun ramah di kantong. Tidak perlu khawatir bagi wisatawan yang mengunjungi wisata menggunakan kendaraan pribadi. Sebab, pemerintah telah memastikan ketersediaan lahan parkir yang memadai. Demikian informasi menarik tentang tempat wisata alam ini, semoga bermanfaat.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button