Tempat Wisata

Aek Sipitu Dai, menelusuri legenda dan keajaiban tujuh sumber rasa di Samosir

Temukan kisah unik Aek Sipitu Dai di Samosir, sumber air legendaris dengan tujuh rasa berbeda yang menawarkan pengalaman memadukan sejarah dan misteri.

Harga tiket: Rp10.000, Jam beroperasi: 06.00 – 23.00 WIB, Alamat: Kecamatan Sianjur Mula Mula, Kab.Samosir, Sumatera Utara; Map: Periksa lokasinya

Jika Anda berkunjung ke Pulau Samosir pasti pernah mendengar kata “Aek Sipitu Dai”. Pasalnya, tempat wisata di Samosir ini terkenal dengan pesona keindahannya. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pemandian ini, yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Himbauan Aek Sipitu Dai

Himbauan Aek Sipitu DaiFoto oleh Ridwan Raharjo di Google Maps

Bisa dikatakan Aek Sipitu Dai merupakan salah satu tempat wisata di Pulau Samosir yang sangat terkenal, terutama bagi masyarakat yang menyukai wisata alam. Hal ini tidak mengherankan, karena pemandian ini merupakan sumber mata air yang dikelilingi pemandangan yang sangat memanjakan mata.

Tak hanya pemandangannya yang mempesona, objek wisata alam ini juga mempunyai daya tarik yang tak kalah menakjubkan. Berikut beberapa objek wisata yang membedakan Aek Sipitu Dai Samosir dengan tempat spa atau wisata lainnya:

1. Air memiliki banyak manfaat

Daya tarik pertama yang menonjol ketika mengunjungi objek wisata alam ini adalah di tempat ini terdapat air yang kaya akan manfaat bagi tubuh manusia. Hal ini bukan sekadar legenda atau fiksi belaka, namun telah dibuktikan berkali-kali selama bertahun-tahun oleh masyarakat setempat. Oleh karena itu, efektivitas air di tempat wisata ini sudah tidak perlu diragukan lagi.

Masyarakat setempat percaya bahwa air ini dapat membantu proses persalinan ibu hamil menjadi lebih lancar. Selain itu, air ini disebut-sebut dapat menyembuhkan penyakit tertentu dan membantu membuat tubuh rileks sehingga tidak lagi merasa stres.

2. Air dengan 7 rasa berbeda

Tak hanya memiliki banyak manfaat, air di Aek Sipitu Dai juga dipercaya memiliki rasa yang berbeda-beda. Mata air ini memiliki berbagai macam sumur, dan jumlahnya mencapai tujuh sumur. Menurut keterangan pengunjung, secara bertahap mereka merasakan pancaran air dari mata air tersebut.

Mereka juga menyatakan bahwa ketujuh sumur tersebut sebenarnya memiliki rasa yang hampir mirip dengan rasa minuman. Mulai dari asam, manis, bahkan ada air mancur yang konon rasanya mirip limun.

3. Menjadi sumber air bagi warga

Ternyata Aek Sipitu Dai Samosir sudah menjadi sumber air bagi warga sekitar sebelum menjadi objek wisata populer di berbagai kalangan. Warga sekitar memanfaatkan air dari mata air ini untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Mulai dari air mandi hingga air minum, warga memanfaatkan air untuk memenuhi kebutuhan tersebut karena dianggap bersih. Selain itu, adanya sumber air ini juga membuat warga sekitar tidak perlu terlalu khawatir ketika cuaca sudah memasuki musim kemarau, karena kehadiran objek wisata alam ini selalu memberikan ketenangan.

Legenda Aek Sipitu Dai

Legenda Aek Sipitu DaiFoto oleh Franataa Jun di Google Maps

Legenda seputar tempat wisata populer di Samosir ini bisa dibilang cukup kental dan masih dipercaya banyak orang. Pada suatu ketika ada seorang bernama Ompung Limbung yang berusaha mencari sumber air, kemudian ia berdoa dan menancapkan tongkat yang dibawanya ke dalam tanah.

Saat berdoa, tiba-tiba tongkat itu membentuk mata air yang mengalir deras. Dalam bahasa Batak sendiri, Aek Sipitu Dai berarti udara yang mempunyai tujuh rasa berbeda. Sumber air ini tidak hanya menjadi tempat wisata namun juga merupakan situs sejarah yang memiliki nilai sejarah tinggi khususnya dalam kaitannya dengan perkembangan suku Batak.

Ada juga legenda tertentu mengenai hal mistis di tempat ini, yaitu jika seseorang terjatuh dan kepalanya tertunduk pasti mati. Sedangkan seseorang yang terpeleset dan terjatuh serta mendaki puncak atau Gunung Pusuk Buhit pasti akan selamat.

Kesakralan Aek Sipitu Dai di Samosir, Sumatera Utara, tidak boleh dianggap remeh oleh siapa pun yang mengunjunginya, termasuk warga sekitar. Air tercipta pada titik ini penawaran Dan Pagar, Masyarakat setempat percaya bahwa pesta itulah yang menguatkan kehidupan dan menyembuhkan penyakit.

Ketujuh mata air Aek Sipitu Dai masing-masing memiliki nama yang berbeda namun memiliki arti yang unik. Di bawah ini daftar nama tujuh air mancur yang dapat Anda ketahui beserta artinya:

  • Pancur Aek Sibaso : Orang pintar atau peramal.
  • Pancur Aek Nasae : Ibu yang tidak mempunyai anak.
  • Daging Pancur Aek Ini Mardenggan : Ibu Hamil.
  • Pancur Aek Ini Poso : Bayi yang baru lahir.
  • Pancur Aek Pangulu : Orang yang sudah tua.
  • Pancur Aek Doli: Para Perawan.
  • Pancur Aek Hela : Menantu laki-laki.

Kegiatan yang menarik

Kegiatan Menarik Aek Sipitu DaiFoto oleh Raja Simamora di Google Maps

Jika Anda penasaran dengan keabsahan dan keindahan objek wisata alam ini, Anda bisa segera mengunjungi tempat ini. Namun, sebelumnya Anda mungkin bingung apa saja yang bisa dilakukan di sana. Berikut beberapa aktivitas yang bisa Anda coba di Aek Sipitu Dai Samosir:

Memotret lanskap

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, objek wisata populer ini dikelilingi banyak pepohonan rindang dan udaranya sangat segar. Tentunya dengan suasananya yang tenang dan hijau, ini bisa menjadi tempat yang tepat untuk mengabadikan seluruh pemandangan dengan kamera.

Bahkan, Anda juga diperbolehkan untuk bebas memotret sumber air tersebut. Terdapat patung-patung dan air mancur menarik di sekitar sumber air sehingga terlihat sangat unik. Namun jika ingin mengambil foto saat mandi perlu berhati-hati agar tidak terpeleset dan usahakan menggunakan kamera yang tahan air agar tidak rusak.

Cobalah air mancur di Aek Sipitu Dai

Kekuatan magis yang ada di tempat ini sudah ada sejak lama, sehingga tidak ada salahnya untuk mencoba sendiri air sumur di Aek Sipitu Dai. Anda bisa meminumnya langsung dengan tangan atau juga menyimpan air pancuran di dalam botol atau gelas.

Anda tidak perlu khawatir dengan kebersihan air ini karena sudah pasti bisa diminum. Namun, ketika Anda berada di tempat ini, Anda perlu melepas alas kaki atau sepatu agar kaki Anda bisa berjalan lebih leluasa. Pasalnya di spot ini terdapat lumut yang membuat tempat menjadi licin sehingga berbahaya jika tidak berhati-hati.

Nah itulah beberapa tempat wisata dan informasi menarik tentang Aek Sipitu Dai di Samosir yang bisa anda pertimbangkan saat berkunjung. Tak ayal lagi, sumber air ini begitu mempesona dan sayang sekali jika dilewatkan begitu saja saat berada di Pulau Samosir.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button