Harga Tiket

Harga Anggrek Hitam Asal Papua dan Kalimantan Terkini November 2023

Harga Anggrek Hitam Asal Papua dan Kalimantan Saat Ini – Keindahan bunga anggrek sudah tidak perlu diragukan lagi. Bunga ini menjadi favorit di kalangan pecinta tanaman hias. Selain varietas yang populer seperti anggrek bulan, anggrek hitam juga sering dicari oleh para pecinta tanaman hias. Tentu saja anggrek hitam atau Coelogyne Pandurata sangat dicari karena mempunyai daya tarik yang unik.

Harga Anggrek Hitam Asal Papua dan Kalimantan Terkini November 2023

Meskipun disebut “anggrek hitam”, warna sebenarnya dapat bervariasi, mencakup spektrum dari ungu tua, coklat tua, hingga hitam kehijauan. Tanaman ini berasal dari Asia Tenggara, khususnya Indonesia, Malaysia dan Thailand, serta tumbuh secara alami di daerah pegunungan yang lembab dengan suhu sejuk. Kelompok anggrek hitam termasuk dalam famili Orchidaceae dan daya tarik utamanya terletak pada ukuran dan keindahan bunganya yang mengesankan.

Artikel ini membahas tentang harga anggrek hitam khususnya anggrek hitam asal Papua dan Kalimantan. Selain itu, kami juga akan membahas poin lain seperti ciri-ciri anggrek Papua dan Kalimantan serta cara merawatnya yang benar. Semoga artikel ini memberikan anda informasi yang jelas tentang anggrek hitam Papua dan Kalimantan.

Perbedaan Anggrek Hitam Asal Papua dan Kalimantan

Anggrek hitam dari Papua

Anggrek hitam dari Papua

Banyak simpang siur mengenai bunga anggrek hitam Papua. Terlihat dari bbksda-papuabarat, keberadaan anggrek hitam Papua belum terbukti. Jenis anggrek asli Papua adalah Anggrek Dendrobium Hitam-Darah-Merah atau disebut juga Dendrobium Hitam Darah-Merah (Dendrobium atroviolaceum Rolf). Namun anggrek Dendrobium tidak berwarna hitam.

Masih dikutip dari bbksda-papuabarat: Menurut pakar anggrek asal Belanda, Ed de Vogel dan André, tidak ada satupun dari mereka yang mengetahui menahun tentang anggrek hitam Papua. Yang mereka ketahui adalah anggrek Kalimantan hitam. Selain itu, Jimmy Frans Wanma, dosen Universitas Negeri Papua yang tertarik dengan keluarga Orchidaceae, belum mengetahui secara pasti apa nama sebenarnya dari anggrek hitam Papua. Ringkasnya, Anggrek Hitam Papua yang dimaksud sebenarnya adalah Cymbidium Kiwi Midnight “Geyserland”.

Anggrek Cymbidium Kiwi Midnight “Geyserland” merupakan salah satu jenis anggrek hibrida yang populer pada tahun 2001 hingga awal tahun 2015. Anggrek ini merupakan hasil karya pakar pemuliaan anggrek Cymbidium asal Amerika, Andy Easton. Induk atau induk dari anggrek ini adalah Cymbidium Janet Holland x Cymbidium Khairpour. Informasi lebih lanjut mengenai jenis anggrek persilangan ini dapat ditemukan pada literatur spesialis. Namun perlu diperhatikan bahwa anggrek ini tidak boleh disebut “Anggrek Hitam Papua”. Anggrek tersebut bukanlah jenis anggrek alami yang berasal dari Papua, melainkan persilangan dari Amerika.

Anggrek hitam dari Kalimantan

Anggrek hitam dari Kalimantan

Anggrek Kalimantan hitam berasal dari Semenanjung Malaya, Kalimantan dan Pulau Sumatera. Dikenal sebagai maskot Provinsi Kalimantan Timur, anggrek hitam termasuk dalam kategori spesies langka yang dilindungi secara ketat. Salah satu ciri khas anggrek hitam adalah lidahnya (Labellum) berwarna hitam dengan garis-garis hijau dan bulu. Seiring bertambahnya usia, bunga ini menghasilkan warna hitam yang memikat dan elegan. Anggrek mekar antara bulan Oktober dan Desember. Pada umumnya anggrek hitam memiliki kelopak runcing dengan diameter sekitar 10 cm dan kelopak bunga mencapai lebih dari 14. Kelopaknya runcing dan panjangnya mencapai 5 cm.

Perawatan Anggrek Hitam

Perawatan Anggrek Hitam Berikut ini langkah-langkah merawat anggrek hitam agar dapat tumbuh dengan baik:

  1. Lokasi strategis: Bunga anggrek hitam perlu diletakkan di tempat yang terkena sinar matahari agar tanaman ini mendapat sinar matahari yang cukup. Jangan letakkan di tempat yang terlalu panas atau terlalu gelap. Hal ini dapat mempengaruhi proses pertumbuhan anggrek hitam.
  2. Aplikasi pupuk: Anggrek hitam perlu dipupuk secara rutin. Pasalnya, anggrek hitam memerlukan nutrisi yang cukup untuk proses perkembangannya. Anggrek hitam mendapatkan nutrisinya dari pupuk. Disarankan untuk menggunakan pupuk N (nitrogen) tinggi dan pakan bunga agar anggrek hitam dapat tumbuh maksimal.
  3. Media pertumbuhan: Anggrek hitam lebih baik ditanam pada substrat yang pori-porinya cukup dan lembab sehingga mampu mengikat air yang diserapnya. Media tanam yang cocok untuk anggrek hitam antara lain sabut kelapa, sekam padi dan serbuk gergaji serta stek pakis.
  4. Percikan: Poin yang tak kalah penting dalam merawat anggrek hitam adalah penyiraman. Siram secara teratur. Anda bisa menyiramnya sekali sehari. Jika anggrek hitam Anda masih muda, sirami dua kali pada pagi dan sore hari. Anda juga bisa menggunakan air cucian beras untuk menyiram anggrek hitam. Air cucian beras mengandung unsur hara dan mineral yang sangat dibutuhkan tanaman anggrek hitam.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 7 Tahun 1999 yang diumumkan pada tanggal 27 Januari 1999, anggrek hitam ditetapkan sebagai jenis anggrek yang dilindungi. Hal ini dilakukan karena adanya ancaman terhadap keberadaannya akibat kebakaran hutan dan alih fungsi hutan yang menyebabkan rusaknya habitat aslinya. Seiring berbagai aktivitas manusia yang merusak dan mengurangi kawasan hutan, habitat alami anggrek hitam semakin terkikis. Dampaknya adalah berkurangnya jumlah anggrek hitam yang bisa tumbuh di alam. Sayangnya potensi anggrek hitam sebagai bunga berciri hitam belum bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk kemajuan ilmu pengetahuan karena kondisi lingkungan yang semakin terancam.

Anggrek hitam asal Papua dan Kalimantan harganya sangat bervariasi bahkan bisa mencapai ratusan juta rupiah. Harga tersebut tentu saja karena kelangkaan dan keindahan yang melekat pada setiap varietasnya. Kesimpulannya, keindahan anggrek hitam asal Papua dan Kalimantan merupakan cerminan kekayaan alam Indonesia. Meskipun terdapat tantangan dalam hal perawatan dan pengadaan, minat terhadap anggrek hitam tetap kuat, membuktikan bahwa keindahan alam memiliki daya tarik yang tak tertandingi.

Source: hargacampur.com

Related Articles

Back to top button