Tempat Wisata

Kedung Tolok, air terjun alami dengan keindahan alam yang menakjubkan di Bantul

Terkenal dengan air terjun yang masih asli dan keindahan alam yang memukau, Kedung Tolok di Bantul merupakan destinasi yang tepat bagi pecinta alam dan petualangan.

Harga tiket: Bebas, Jam beroperasi: 06.00 – 18.00 WIB, Alamat: J L. Imogiri Siluk, Kajor Kulon, Kecamatan Selopamioro. Imogiri, Kab.Bantul, DI Yogyakarta; Map: Periksa lokasinya

Indonesia memiliki berbagai destinasi wisata menarik yang sering dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara. Salah satunya adalah Kedung Tolok. Destinasi wisata ini terletak di kawasan Yogyakarta dan sangat terkenal di kalangan warga sekitar. Wisata air terjun ini tidak hanya menawarkan keindahan alam yang indah namun juga udara segar yang menyegarkan.

Oleh karena itu, tidak heran jika objek wisata alam ini sering dikunjungi banyak orang dan menjadi destinasi wisata favorit mereka. Salah satu yang unik dari wisata air terjun ini adalah kemiringan tebingnya yang mencapai kemiringan 60 derajat. Banyak orang yang mengunjungi tempat ini hanya untuk melihat keunikannya. Lalu dimanakah alamat lengkap tempat wisata alam ini?

Hotel murah di Bantul

Daya Tarik Kedung Tolok

Daya Tarik Kedung TolokFoto oleh Adi Riadinooo Hi8oo di Google Maps

Setiap destinasi memiliki daya tarik tersendiri dan memikat hati banyak wisatawan. Sedangkan daya tarik objek wisata alam ini tidak hanya terletak pada keindahan alamnya saja, namun juga terlihat pada sejarah yang ada di dalamnya. Untuk mengetahui objek wisata apa saja yang ditawarkan tempat ini, simak daftarnya berikut ini:

1. Air terjunnya masih alami

Salah satu alasan mengapa udara di Kedung Tolok Bantul masih sangat sejuk dan suasananya masih sangat asri adalah karena air terjun ini berasal dari Gua Cerme, sehingga kejernihan airnya pasti menjadi menarik perhatian banyak orang. Ketinggian tebing di air terjun ini sekitar 15 meter.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Tokopedia 12 12

Tokopedia 12 12

Karena air terjun di sini juga sangat alami, bentuknya pun lebih unik dibandingkan wisata air terjun lainnya. Bentuk air terjun di sini lebar dan disesuaikan dengan kontur alur sungai. Bahkan di puncak air terjun ini juga terdapat saluran kecil bertingkat.

2. Keindahan alam yang menakjubkan

Saat berkunjung ke Kedung Tolok, Anda tidak hanya bisa menikmati indahnya pemandangan air terjun, namun juga menikmati beragam keindahan alam sekitar. Di sekitar air terjun ini terdapat pepohonan rindang yang melindunginya dari sinar matahari langsung.

Paket Tour Jogja 1 Hari (Heha Sea View, Bukit Becici, Hutan Pinus Pengger)

Selain itu juga terdapat air terjun kecil dengan kedung-kedung di sekitar objek wisata alam ini bagi pengunjung yang ingin bermain air di sini. Tentunya dengan hadirnya cadar ini dapat membuat wisatawan semakin betah berada di tempat wisata tersebut. Jadi Anda tidak perlu khawatir tentang apa pun saat berkunjung ke sini.

3. Sejarah Nama Air Terjun Kedung Tolok

Seperti yang kami katakan, pesona tempat ini tidak hanya terletak pada keindahan alam yang mengelilinginya. Namun daya tarik wisata air terjun ini juga terletak pada cerita namanya yang mempunyai arti khusus. Jadi, sebagai pengunjung tempat ini pasti juga mengetahuinya.

Menurut kepala pengelola destinasi wisata, nama air terjun ini diambil karena adanya kolam yang mengeluarkan air di dalamnya. Bahkan, kolam tersebut tetap mengeluarkan air meski musim kemarau tiba. Oleh karena itu, tolak ukur ini pada zaman dahulu biasa digunakan oleh para sesepuh untuk memasak dan mandi.

Paket Tour Jogja 1 Hari (Tumpeng Menoreh, Kebun Teh Nglinggo dan Lainnya)

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Kedung TolokFoto oleh Waone Rakarwan di Google Maps

Sebelum mengunjungi suatu destinasi wisata tertentu, wisatawan harus mencari tahu terlebih dahulu alamat lengkapnya agar tidak tersesat. Hal ini juga berlaku bagi wisatawan yang ingin mengunjungi wisata alam di Yogyakarta. Kedung Tolok terletak di kawasan yang mudah dijangkau yaitu Pedukuhan Godean RT 6, Siluk I, Selopamioro, Kapanewon Imogiri, Bantul, Yogyakarta.

Karena kondisi jalan di sekitar objek wisata alam ini cukup baik, wisatawan dapat mengunjunginya menggunakan kendaraan pribadi. Namun bagi wisatawan yang datang dari luar kota atau luar negeri disarankan menggunakan transportasi umum seperti angkutan umum, bus, atau taksi.

Untuk mencapai lokasi tersebut, ambil jalan menuju Imogiri Timur dan lanjutkan perjalanan menuju Jembatan Siluk. Selanjutnya harus melewati Sungai Oyo dan nantinya akan ada pertigaan jalan. Pastikan untuk mengambil rute yang mengarah ke Selopamioro. Sebentar lagi Anda akan melihat pos patroli dan petunjuk arah menuju wisata air terjun.

Biaya masuk dan jam buka

Sementara beberapa tempat wisata alam lain di Indonesia mewajibkan tiket masuk bagi pengunjungnya, namun Kedung Tolok di Bantul tidak memiliki sistem tiket masuk seperti itu. Pengunjung hanya perlu memasukkan uang kebersihan ke dalam kotak yang disediakan pihak administrasi dengan sejujur ​​​​mungkin.

Namun karena tidak ada biaya tetap yang ditetapkan oleh pemandu wisata, maka besaran biaya yang dikeluarkan pengunjung berbeda-beda. Nantinya, uang pembersihan ini akan digunakan oleh pihak pengelola untuk menjaga kebersihan dan keindahan air terjun dan kawasan sekitarnya.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Kedung TolokFoto oleh Wahyu Riyadi Herjito di Google Maps

Semakin lengkap fasilitas suatu destinasi, maka semakin besar kemungkinannya untuk dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Sedangkan Kedung Tolok sendiri dilengkapi dengan berbagai jenis fasilitas yang sesuai seperti:

  • Tempat parkir luas (mobil dan motor)
  • Toilet
  • Ruang sholat
  • Warung makan dengan menu lezat
  • Penyewaan ban karet
  • Daerah yang tenang

Tips berkunjung ke Kedung Tolok Yogyakarta

Tips berkunjung ke Kedung Tolok YogyakartaFoto oleh Rida Oktavian di Google Maps

Beberapa tips yang kami sebutkan di sini dapat digunakan wisatawan agar perjalanannya lebih nyaman dan aman. Meski tidak ada aturan khusus yang mewajibkan wisatawan untuk mengikuti tips ini, namun tidak ada salahnya untuk menerapkan beberapa tips berikut ini:

Perhatikan cuaca setempat

Jika anda berlibur ke Kedung Tolok Bantul, tidak disarankan datang saat hujan. Disarankan datang saat cuaca bagus, supaya tidak terlalu panas, namun juga tidak hujan. Jika Anda datang saat hujan, ada risiko Anda tidak bisa lebih leluasa bermain air.

Persiapkan semua yang Anda butuhkan

Meski di objek wisata alam ini terdapat warung makan yang menawarkan beragam menu lezat, namun ada baiknya jika Anda membawa bekal sendiri dari rumah. Dengan mengikuti tips berikut ini, Anda bisa lebih berhemat karena tidak perlu membeli makanan dan minuman di tempat wisata yang biasanya menawarkan harga lebih mahal.

Jangan lupa membawa kamera

Untuk mengabadikan momen liburan berharga tersebut, wisatawan disarankan membawa kamera. Namun saat ini kualitas kamera ponsel sudah bagus sehingga Anda bisa memanfaatkan fitur tersebut untuk mengabadikan momen liburan yang berharga.

Kedung Tolok sangat terkenal di kalangan wisatawan lokal. Pasalnya, keindahan alam di sekitarnya cukup berbeda dengan kawasan wisata air terjun lain di Indonesia. Jadi Anda tidak perlu menunggu lama lagi untuk segera berlibur ke objek wisata menakjubkan ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button