Tempat Wisata

Air Terjun Kali Pedati, air terjun eksotis penuh legenda Dewi Rengganis di Probolinggo

Air Terjun Kali Pedati di Probolinggo, air terjun eksotis yang kaya akan legenda tentang Dewi Rengganis, menawarkan keindahan alam dan kisah mistis yang mempesona.

Harga tiket: Rp5.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Kali Pedati, Kalianan, Kec. Krucil, Cab.Probolinggo, Jawa Timur; Map: Periksa lokasinya

Seperti yang Anda ketahui, Probolinggo merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki banyak tempat wisata alam yang mempesona dan indah. Seperti Gunung Bromo, Pantai Bentar dan masih banyak lagi yang lainnya. Air Terjun Kali Pedati merupakan salah satu tempat wisata andalan di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Mengapa air terjun ini menjadi salah satu air terjun yang sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin mengunjungi tempat wisata alam? Sebab tempat ini menyuguhkan pemandangan seperti lukisan yang sangat indah.

Penawaran Hotel di Probolinggo

Lokasi objek wisata Air Terjun Kali Pedati

Lokasi objek wisata Air Terjun Kali PedatiFoto Wisata Air Terjun Kalipedati di Instagram

Wisata air terjun ini berlangsung di Desa Kalianan, Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Namun jika Anda masih belum mengetahui di mana letak objek wisata ini, Anda bisa menggunakan Google Maps dengan mengetik “Air Terjun Kali Pedati Probolinggo”. Maka secara otomatis Anda akan diarahkan ke tempat wisata tersebut.

Jarak Kota Probolinggo ke tempat wisata ini sekitar 40 km arah selatan. Setelah sampai di Desa Kalianan, Anda harus berjalan kaki dengan jarak kurang lebih 1 km. Medan yang panjangnya kurang lebih 1 km ini tidak mudah untuk dilalui karena medannya yang cukup menanjak sehingga cukup menguras tenaga.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Tokopedia 12 12

Tokopedia 12 12

Namun, jangan khawatir karena sepanjang perjalanan Anda akan disuguhi pemandangan indah karena alam di sepanjang perjalanan masih terjaga dengan baik. Arus sungainya yang masih segar dan jernih membuat siapapun yang melihatnya akan terkesima dan tergoda untuk segera menceburkan diri ke dalam air.

Selain itu, tebing-tebing yang menjulang tinggi mengelilingi perbukitan, sehingga perjalanan tidak akan membosankan. Meski harus menempuh jarak sekitar 1 km, namun kelelahan akan terasa di air terjun tersebut.

Wisata Golden Sunrise di Gunung Bromo

Sejauh mata memandang, Anda disuguhkan air terjun yang tampak seperti air yang jatuh dari langit. Air terjun dari tebing ini menghadirkan udara sejuk dan segar serta membuat suasana lebih sejuk dan damai.

Bahkan jika beruntung, Anda mungkin akan menjumpai satwa liar endemik Pulau Jawa saat berkunjung ke tempat ini. Misalnya saja rombongan lutung atau kera, burung bahkan tupai yang bergelantungan di pepohonan di sekitar air terjun Kali Pedati.

Untuk memasuki kawasan wisata ini Anda hanya perlu membayar Rp. Rp 5.000 Kalau mau camping cukup bayar Rp 5.000 saja. 10.000,0. Murah sekali bukan untuk tempat wisata alam yang sangat indah ini?

Sistem yang tulus digunakan saat parkir. Kalaupun ikhlas, bisa dipastikan kendaraan yang Anda titipkan akan dijaga dengan aman.

Serunya wisata camping 2 hari di gunung bromo

Legenda Air Terjun Kali Pedati Probolinggo

Legenda Air Terjun Kali Pedati ProbolinggoFoto oleh Triton Wui di Instagram

Ada legenda yang sangat terkenal tentang Air Terjun Kali Pedati di Probolinggo, yaitu sungai yang mengalir di bawahnya merupakan rel kereta api emas milik Dewi Rengganis. Dewi Rengganis adalah putri Prabu Brawijaya, seorang raja dari Majapahit.

Konon Dewi Rengganis sedang dalam perjalanan menuju puncak Gunung Argopuro di daerah Probolinggo. Saat sedang berjalan di kawasan air terjun, kereta emas Dewi Rengganis terjatuh dan rusak parah. Di sisi lain, Dewi Rengganis justru mencapai puncak air terjun.

Kisah ini sangat diketahui masyarakat sehingga tidak jarang banyak warga sekitar yang menjaga tempat wisata ini. Jika anda ingin berkunjung ke tempat ini, mohon untuk memperhatikan kebersihan dan kesopanan sebagai wujud rasa hormat kepada warga sekitar yang telah mengelola tempat ini selama bertahun-tahun.

Fasilitas yang disajikan

Fasilitas menuju air terjun Kali PedatiFoto oleh Iwans Chandra di Instagram

Sebagai sebuah objek wisata, Air Terjun Kali Pedati Probolinggo tentunya menawarkan beberapa fasilitas untuk dinikmati dan memudahkan wisatawan dalam menikmati objek wisata alam tersebut. Ada 4 paviliun di sini yang dibangun oleh pengelola lokal. Jangan lupa juga terdapat fasilitas sanitasi dan toilet di tempat ini.

Namun untuk ukuran objek wisata, tempat ini masih perlu pembenahan. Seharusnya tempat ini mendapat perhatian penuh dari pemerintah dan pengelola setempat, karena fasilitas yang ada dinilai masih buruk.

Mengapa masih belum cukup? Tentunya pada akhir pekan atau hari libur tertentu, banyak wisatawan yang datang ke tempat ini dibandingkan hari-hari biasa. 4 paviliun yang dibangun sebelumnya ternyata tidak mampu menampung pengunjung yang datang.

Oleh karena itu perlu dibangun paviliun lain atau tempat relaksasi yang sesuai agar para pengunjung yang datang ke tempat ini dapat berlibur dengan nyaman dan aman. Tak lupa, pemerintah dan pengelola juga perlu memperhatikan akses menuju tempat wisata yang bisa dikatakan jauh dari kata mulus.

Tips mengunjungi Air Terjun Kali Pedati

Tips mengunjungi Air Terjun Kali PedatiFoto Asli Probolinggo di Instagram

Sebelum mengunjungi objek wisata Air Terjun Kali Pedati, ingatlah tips berikut ini agar liburan Anda semakin menyenangkan. Berikut tipsnya:

Bawalah makanan dan minuman saat anda mengunjungi tempat wisata ini. Anda bisa menyiapkannya di rumah atau membelinya saat bepergian ke tempat wisata.

Mengapa Anda harus membawa makanan dan minuman? Di tempat wisata Anda tidak akan menemukan satu pun penjual makanan atau warung yang menjual makanan atau minuman.

Untuk menuju tempat wisata ini sebaiknya menggunakan kendaraan bermotor atau mobil. Jangan menggunakan bus besar karena rute menuju ke sana cukup sulit.

Jika Anda membawa kendaraan pribadi seperti sepeda motor atau mobil, sebaiknya titipkan pada warga sekitar objek wisata untuk menjamin keamanan.

Jangan lupa membawa baju ganti, apalagi jika Anda memutuskan untuk bermain di sungai dan air terjun. Tentu kurang sempurna bila Anda datang, namun jangan bermain-main airnya yang terlalu segar.

Sebelum datang ke Air Terjun Kali Pedati pastinya wajib mengecek prakiraan cuaca karena jika tiba-tiba turun hujan dan badai pasti akan sangat mengacaukan waktu liburan Anda bukan? Oleh karena itu, pastikan hari sedang sangat cerah agar kenyamanan liburan Anda tidak terganggu.

Jangan lupa membawa uang untuk transportasi. Seperti yang sudah disebutkan, jarak rumah warga dengan tempat wisata cukup jauh jika ditempuh dengan berjalan kaki. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan jasa ojek warga sekitar sana untuk menuju tempat wisata Air Terjun.

Air Terjun Kali Pedati merupakan salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi ketika anda sedang berlibur atau berwisata ke Kabupaten Probolinggo. Tempat ini sangat cocok jika Anda menyukai tantangan alam. Jangan lupa untuk mengikuti semua tips yang disebutkan dalam artikel ini untuk meningkatkan kenyamanan Anda berlibur!

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button