Tempat Wisata

Pulau Salah Namo, pulau dengan gua unik dan deretan batu merah eksotis di Batu Bara

Pulau Salah Namo di Batu Bara merupakan pulau indah dengan gua-gua unik dan bebatuan merah yang mempesona.

Biaya tur: Mulai dari Rp 20.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Bogak, Kec. Tanjung Tiram, Kab.Batu Bara, Sumatera Utara; Map: Periksa lokasinya

Pulau Salah Namo merupakan sebuah pulau terpencil di Batu Bara, Sumatera Utara. Sesuai dengan namanya, pulau ini rupanya sempat bermasalah dengan penamaannya. Tempatnya juga penuh dengan bebatuan merah yang mengelilingi pulau dan memberikan keindahan tersendiri pada pulau ini.

Pantai berpasir putih dan pepohonan rindang menambah pesona pulau ini. Selain itu, panorama bawah lautnya juga tak kalah mempesona karena dihiasi terumbu karang dan biota laut yang indah dan unik. Untuk mengetahui fakta unik Pulau Salah Nama, simak penjelasannya di bawah ini.

Atraksi yang ditawarkan Pulau Salah Namo

Atraksi Pulau Salah NamoFoto: Google Maps/Zunanet

Sejarah nama

Perlu diketahui bahwa pulau ini awalnya tidak bernama Pulau Salah Nama, namun namanya cukup sulit untuk diucapkan. Pasalnya, penduduk setempat menamai pulau tersebut dengan nama organ intim wanita. Nama ini diberikan karena bentuk pulaunya yang menyerupai organ intim wanita.

Oleh karena itu, penduduk setempat memiliki tradisi menyebut pulau terpencil ini demikian. Hal ini tentunya akan menimbulkan masalah ketika pihak luar menanyakan tentang pulau ini sehingga warga tidak menyebutnya dengan nama vulgar tersebut dan menyebutnya Pulau Salah Namo Batu Bara. Nama pulau baru telah digunakan sejak saat itu.

Batuan merah

Seperti yang sudah dijelaskan, pulau ini terdiri dari banyak bebatuan berwarna merah yang mengelilingi area pulau hingga ke tembok. Meski sebagian besar berada di dalam air, namun warna bebatuannya yang masih merah dan mengkilat memberikan kesan unik yang tidak dimiliki pulau lain. Anda bisa mendekati bebatuan tersebut untuk melihatnya secara langsung.

Panorama laut alami

Ingin mengunjungi tempat wisata alam yang menenangkan? Pulau Salah Nama merupakan objek wisata tepi pantai yang wajib dikunjungi. Anda akan terkesima dengan pemandangan laut yang sangat jernih. Selain itu pengunjung juga bisa melihat ikan-ikan yang ada di pinggir pantai dengan mata telanjang.

Gua yang unik

Suasana pulau ini mempunyai daya tarik tersendiri karena terasa asri dan alami. Selain itu pulau ini sangat bersih dan bebas sampah. Selain pantai, pulau ini juga memiliki gua di tepi pantainya. Gua ini cukup terkenal dengan panorama bebatuan karang tanpa stalaktit atau stalagmit.

Luas 3 hektar

Yang tak kalah menarik dari Pulau Salah Nama adalah luasnya yang mencapai 3 hektar. Cukup lebar untuk Anda berjalan-jalan. Terdapat hutan bakau di sisi timur pulau. Di pulau ini juga terdapat bukit-bukit kecil yang menyuguhkan panorama pulau dan laut yang menakjubkan.

Alamat, lokasi, rute dan tiket masuk

Alamat Pulau Salah NamoFoto: Google Maps/Anggun Lestari

Ingin menikmati keindahan Pulau Salah Namo? Anda bisa mengunjunginya di Desa Bogak, Kec. Tanjung Tiram, Kab.Batu Bara, Sumatera Utara. Dari Pulau Pandang jaraknya hanya sekitar 10 km atau sekitar 1 jam perjalanan. Anda bisa menggunakan sepeda motor dari Kota Medan menuju Tanjung Tiram Kabupaten Batu Bara.

Jaraknya sekitar 145 km dan dapat ditempuh dalam waktu 4 hingga 5 jam. Dari Tanjung Tiram Anda dapat melanjutkan perjalanan melintasi jalur air dengan menggunakan perahu motor. Anda bisa menjualnya karena masih belum ada angkutan umum berupa kapal penumpang ke pulau ini. Waktu tempuh sekitar 1,5 hingga 2 jam, tergantung cuaca.

Untuk menikmati keindahan pulau-pulau eksotik di Sumut, tak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Karena biaya masuknya cukup terjangkau yakni hanya Rp 20.000 per orang pada hari Senin hingga Minggu. Tiket ini juga berlaku untuk dewasa dan anak-anak.

Aktivitas yang menyenangkan

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pulau Salah NamoFoto: Google Maps/Paw

1. Menikmati panorama pulau dan pantai

Sesampainya di Pulau Salah Namo, Anda akan terkesima dengan keindahan laut yang begitu jernih hingga terlihat ikan-ikan kecil berenang di pinggir pantai. Bersantailah dengan semilir angin sepoi-sepoi dan pemandangan pantai yang mempesona. Anda juga bisa melihat jembatan batu yang dihiasi pot keramik kuno.

2. Kunjungi gua-gua di kawasan Pulau Salah Namo

Anda tidak hanya bisa bersantai, tetapi Anda juga bisa menghabiskan waktu luang Anda menjelajahi pulau untuk mengenalnya lebih dekat. Dalam perjalanan Anda akan menemukan sebuah gua di pinggir pantai. Anda bisa memasukinya dan mengambil foto untuk mengabadikan momen spesial dengan latar belakang gua yang penuh bebatuan merah.

3. Bersantai di kabin

Agar aktivitas relaksasi Anda semakin seru dan menyenangkan, Anda bisa bersantai di akomodasi yang telah disediakan. Bersantai ditemani keindahan laut. Jika Anda ingin tinggal di sini, Anda bisa tinggal di sini. Dengan begitu Anda bisa menikmati keindahan dan suasana Pulau Salah Namo sepanjang hari.

4. Snorkeling

Dengan panorama bawah laut yang mempesona, tak ada salahnya menghabiskan liburan Anda dengan snorkeling. Selain itu, Pulau Salah Namo Batu Bara juga menjadi tujuan wisata pecinta snorkeling dan diving. Anda bisa mengamati kehidupan bawah laut yang kaya akan terumbu karang dan berbagai jenis ikan tropis.

5. Menjelajahi hutan mangrove

Selain gua, Anda juga bisa menjelajahi hutan bakau di pulau ini yang menjadi rumah bagi berbagai satwa liar. Dengan cara ini Anda bisa menikmati keindahan alam berupa pulau dan lautan yang spektakuler. Pastinya kegiatan liburan akan menyenangkan dan menjadi momen tak terlupakan.

6. Memancing

Kegiatan selanjutnya yang tak kalah seru adalah memancing. Hal ini tentu menjadi kabar gembira bagi para pecinta atau pengunjung yang mempunyai hobi memancing. Bahkan, Pulau Salah Namo di Batu Bara menjadi tujuan para pecinta mancing karena terkenal dengan spot mancingnya yang bagus. Selain itu, pulau ini terletak di Selat Malaka sehingga banyak terdapat kumpulan ikan.

7. Nikmati makanan lezat

Perut Anda terasa lapar setelah melakukan berbagai aktivitas seru? Anda dapat mencicipi masakan lokal yang lezat di kedai makanan lokal. Menu yang ditawarkan sangat beragam dan didominasi oleh seafood segar khas pesisir Indonesia. Tentunya lidah Anda juga akan dimanjakan dengan rasanya yang unik.

8. Eksplorasi pulau

Biar pengalaman liburanmu semakin seru, kamu bisa menjelajahi Pulau Salah Namo. Selain itu, pulau ini dikembangkan sebagai objek wisata. Pihak pengelola telah melengkapi fasilitas berupa jalan setapak beton yang membelah pulau sehingga Anda bisa menikmati keindahan pulau dengan lebih nyaman.

9. Ambil foto sebanyak yang Anda mau

Selama berkunjung, jangan buang waktu untuk mengabadikan berbagai spot foto alam. Banyak objek mempesona yang bisa Anda jadikan background, seperti jembatan unik, pepohonan rindang, pulau, matahari terbenam, burung terbang, dan gua batu merah.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pulau

Fasilitas Pulau Salah NamoFoto: Google Maps/Anggun Lestari

Saat berlibur ke Pulau Salah Nama, Anda tidak perlu khawatir dengan fasilitasnya karena sudah cukup lengkap. Hal ini membuat pengunjung merasa nyaman dan kebutuhannya selama berlibur pun terpenuhi. Fasilitas yang tersedia antara lain penginapan, musala, toilet, jembatan, tangga beton menuju bukit, tempat duduk, meja istirahat, pondok lesehan dan tempat pemancingan.

Demikian penjelasan mengenai apa saja hal menarik yang ditawarkan Pulau Salah Namo. Dapat disimpulkan bahwa pulau ini menawarkan berbagai objek alam seperti gua, hutan bakau, dan perbukitan yang dapat dijelajahi sekaligus. Selain itu, fasilitasnya cukup memadai dengan biaya masuk yang terjangkau.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button