Tempat Wisata

Pulau Lusi, pulau unik yang terbentuk dari endapan lumpur hasil letusan Lapindo di Sidoarjo

Pulau Lusi di Sidoarjo merupakan pulau unik yang terbentuk dari endapan lumpur akibat letusan Lapindo, menggambarkan interaksi dramatis antara bencana alam dan formasi geografis.

Biaya tur: Mulai dari Rp 150.000, Jam beroperasi: 06.00-17.00 WIB, Alamat: Kupang, Tanjungsari, Kab.Sidoarjo, Jawa Timur; Map: Periksa lokasinya

Pulau Lusi, pulau baru yang tercipta akibat bencana lumpur Lapindo berskala nasional. Meski nama pulau ini agak asing bagi sebagian orang, namun destinasi wisata ini menjadi destinasi wisata terpopuler kedua di Indonesia. Kawasan yang awalnya hancur akibat bencana tanah longsor, kini menjadi objek wisata yang mendongkrak perekonomian masyarakat setempat.

Penduduk setempat menyebut pulau ini Pulau Sarina, yang merupakan hasil proses sedimentasi semburan lumpur yang meletus 17 tahun lalu. Destinasi wisata ini tidak hanya unik namun juga menawarkan banyak tempat wisata menarik. Simak ulasan Pulau Lusi pada artikel informatif di bawah ini.

Hotel murah di Sidoarjo

Atraksi yang ditawarkan Pulau Lusi

Daya Tarik Pulau LusiFoto: Google Maps/Moch. Fazir Alfian

Terbentuk dari endapan lumpur Lapindo, pulau ini mempunyai keunikan tersendiri. Pulau ini pertama kali ditemukan bernama Pulau Sarinah yang kemudian diubah menjadi Pulau Lusi yang berasal dari kata “Lumpur Sidoarjo”. Nama ini diberikan oleh Susi Pudjiastuti yang saat itu menjabat Menteri Kelautan dan Perikanan.

Seluas sekitar 93,4 hektar, kawasan ini merupakan salah satu destinasi wisata berbasis ekowisata di Kabupaten Sidoarjo. Masyarakat setempat berusaha menanam mangrove di pulau ini dan akhirnya berhasil. Pohon bakau yang ingin kami tanam tumbuh subur di pulau ini.

Daya tarik wisata ini adalah konsep perancangan wisata pulau mengambil pendekatan lanskap ekologis, sehingga perancangan fasilitas yang digunakan tidak merugikan ekosistem Wanamina.

Di pulau ini Anda dapat menemukan beberapa biota satwa khas ekosistem mangrove seperti kepiting bakau, kerang, lumpur dan berbagai jenis burung yang ada di kawasan ini. Tak heran jika pulau unik ini menjadi salah satu tempat wisata alam yang fokus pada edukasi.

Cek tiket masuk Kraton Waterpark Sidoarjo

Karena Pulau Lusi Sidoarjo tergolong destinasi wisata baru, namun masih menawarkan panorama yang masih alami. Pengunjung bisa bersantai dan berfoto selfie dengan latar belakang hutan bakau yang rindang. Selain itu, Anda juga bisa menikmati matahari terbenam jika datang pada sore hari.

Di sekitar kawasan ini juga terdapat gubuk-gubuk dan jembatan kayu yang dibangun di atas air dengan dikelilingi pepohonan bakau. Jembatan ini menjadi spot favorit pengunjung karena pemandangan pepohonan bakau yang hijau dan rindang.

Alamat, lokasi, rute dan tiket masuk

Alamat Pulau LusiFoto: Google Maps/Icank Aerobusser

Pulau Lusi terletak di Tlocor, Tanjungsari, Daerah Kupang, Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur. Dari kota Surabaya perjalanan menuju pulau ini memakan waktu 2 jam termasuk naik perahu.

Begitu pula akses jalan dari pusat Kabupaten Sidoarjo menuju pulau unik ini sudah beraspal sehingga memudahkan akses pengunjung yang ingin mencapai destinasi wisata ini.

Cek tiket Trans Studio Mini Sidoarjo

Untuk menuju pulau ini Anda dapat menggunakan transportasi perahu reguler dengan biaya Rp. 15.000 untuk tumpangan ke tempat wisata dan kembali ke dermaga Tlocor. Pengunjung yang datang juga bisa menggunakan speedboat untuk menuju tempat wisata. Harga yang dihitung adalah Rp 150.000 untuk 5 orang.

Sedangkan tiket masuk Pulau Lusi di Sidoarjo adalah Rp 3.000 per orang. Untuk menggunakan fasilitas yang tersedia di pulau ini seperti jet ski, Anda harus membayar biaya sekitar Rp 150.000 per orang.

Jam operasional objek wisata Pulau Lusi ini setiap hari mulai pukul 06.00 hingga 17.00 WIB. Disarankan untuk mengunjungi objek wisata ini pada pagi atau sore hari agar panas matahari tidak terlalu menyengat.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pulau

Fasilitas menarik di Pulau LusiFoto: Google Maps/Muhammad Yusuf

Tentunya guna menunjang pengembangan destinasi wisata Pulau Lusi di Sidoarjo, pihak pengelola telah mempersiapkan fasilitasnya dengan baik. Seperti tempat wisata pada umumnya, pulau ini juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Dengan adanya fasilitas yang cukup lengkap tersebut, tidak heran jika pariwisata ini semakin berkembang.

Terdapat beberapa fasilitas yang ada di pulau menarik ini antara lain speedboat untuk menuju lokasi syuting, dermaga, jalan setapak, ruang pertemuan, rumah jaga, tangki air, toilet, musala dan fasilitas lainnya. Namun sarana dan prasarana lain seperti jalan, listrik, dan sanitasi masih dalam tahap pengembangan.

Di tur ini juga tersedia kabin yang bisa Anda gunakan untuk bersantai setelah menjelajahi tempat wisata ini. Dengan beragam fasilitas yang tersedia, tetap jaga kebersihan dan keamanan dengan menggunakan fasilitas sesuai kebutuhan.

Akomodasi tersedia di sekitar Pulau Lusi

Karena tempat wisata ini merupakan tempat wisata yang populer dan unik, banyak pengunjung dari luar daerah yang tertarik dan penasaran dengan keindahan pulau ini. Oleh karena itu, banyak pengunjung dari luar yang memilih bermalam di sekitar Pulau Lusi.

Terdapat akomodasi di sekitar pulau yang dapat disewa pengunjung untuk bermalam, antara lain Chiaro Hotel and Café. Properti ini terletak di Jalan Trunojoyo No. 17, Sidoklumpuk, Sidokumpul, Kec. Sidoarjo, Kabupaten Sidoarjo.

Harga menginap di properti ini mulai dari Rp 200.000 per malam. Pulau Lusi menawarkan fasilitas yang berbeda-beda tergantung tipe kamar yang dipilih pengunjung. Fasilitas umum yang tersedia untuk Anda antara lain akses Wi-Fi, ruangan ber-AC, pelayanan yang ramah dan fasilitas lainnya.

Fakta menarik tentang Pulau Lusi

Fakta menarik tentang Pulau LusiFoto: Google Maps/Muhammad Yusuf

1. Juara Kedua Destinasi Wisata Populer menurut Api Awards.

Seperti kita ketahui, destinasi wisata Pulau Lusi yaitu Sidoarjo menjadi destinasi wisata populer di tahun 2019 ini. Destinasi wisata ini awalnya hanya berupa pulau buatan yang tandus dan kosong, namun kini telah disulap menjadi kawasan wisata dengan daya tarik tinggi.

Penganugerahan penghargaan sebagai destinasi wisata populer ini menunjukkan bahwa eksistensi wisata ini diakui dari berbagai sisi. Tentu saja penghargaan ini dapat diraih apabila pihak manajemen dan masyarakat memberikan pengembangan lebih lanjut yang sebesar-besarnya.

2. Hutan bakau

Meski awalnya pulau ini tandus dan tidak ada tanda-tanda kehidupan, namun upaya dilakukan untuk menanam tanaman bakau di endapan tanah hasil sedimentasi. Namun perlu waktu yang cukup lama untuk mengetahui hasilnya.

Namun seiring berjalannya waktu, penanaman mangrove di pulau ini membuahkan hasil. Seperti yang bisa kita lihat, Pulau Lusi saat ini ditumbuhi tanaman bakau yang lebat. Hal ini tentu saja menjadi daya tarik tersendiri dari pulau buatan ini.

3. Sungai yang indah dan bersih

Fakta menarik selanjutnya adalah pulau ini memiliki sungai yang indah dan bersih. Pengunjung yang datang ke pulau ini secara alami menyeberangi sungai dari Taman Wisata Trocor menuju pulau yang mempesona ini. Selama melintasinya, Anda akan disuguhkan keindahan sungai yang bersih. Sungainya bersih karena kawasan wisata ini masih alami dan terawat sehingga tetap terjaga keberadaannya.

Itu dia ulasan singkat tentang Pulau Lusi di Sidoarjo, Jawa Timur. Kami berharap informasi ini dapat menjadi referensi sebelum mengunjungi tempat wisata ini. Jangan lupa abadikan momen melalui foto saat mengunjungi objek wisata ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button