Tempat Wisata

Puncak Genting: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Sebagian wilayah Kabupaten Gayo Lues merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Leuser yang didominasi oleh dataran tinggi. Di balik perbukitan tersebut terdapat beberapa tempat wisata yang menjadi tempat persinggahan penting bagi warga lokal maupun luar kota untuk menikmati keindahan alamnya, termasuk Puncak Genting.

Puncak Genting atau sering disebut Genting Highland menawarkan keindahan alam berupa perbukitan hijau dan persawahan yang luas. Di sini wisatawan bisa menikmati sejuknya udara perbukitan yang masih bebas polusi. Di tempat ini wisatawan tidak hanya bisa menikmati keindahan alam namun juga mencicipi kopi Gayo Luwak yang terkenal nikmat.

Puncak Genting

Secara geografis Puncak Genting terletak di Kecamatan Pining, Kabupaten Gayo Lues, Provinsi Aceh. Untuk menuju tempat wisata ini wisatawan perlu menempuh perjalanan minimal 16 kilometer dari kota Blang Kejeran atau bisa juga ditempuh dengan berkendara selama 30 menit. Tempat ini juga tidak jauh dari pintu masuk para pendaki di Leuser.

Belum ada angkutan umum yang mengantarkan wisatawan menuju Puncak Genting, sehingga pengunjung harus menggunakan kendaraan pribadi. Selama perjalanan, traveler dihadapkan pada jalan menanjak dan berkelok-kelok, untungnya jalan tersebut beraspal mulus. Dalam perjalanan menuju puncak, pengunjung disuguhi pemandangan alam berupa persawahan, perbukitan, dan perkebunan milik warga yang sangat memanjakan mata.

Pesona Puncak Genting

Selama berada di Puncak Genting, wisatawan disuguhi pemandangan alam yang sangat mempesona. Deretan persawahan hijau milik warga, deretan perbukitan yang tampak asri, hingga deburan awan bagai ombak di laut menjadi fenomena yang sayang untuk dilewatkan. Sajian yang kontras dengan suasana ibu kota yang ramai.

Sebelum Puncak Genting menjadi destinasi wisata populer masyarakat sekitar Gayo Lues, merupakan tempat persinggahan sementara para pengendara yang melewati Distrik Pining. Namun karena keindahan alamnya, lambat laun tempat ini mulai dilirik sebagai objek wisata.

Puncak Genting

Diperkirakan wisatawan akan sampai di Genting Peak yang berada di ketinggian sekitar 1.100 meter di atas permukaan laut. Anda akan merasakan udara sedingin es khas dataran tinggi. Secangkir kopi Gayo Luwak dengan mie instan menjadi pendamping yang tepat menikmati indahnya panorama alam di tempat wisata ini.

Kabupaten Gayo Lues dikenal sebagai salah satu daerah penghasil kopi Gayo. Namun kopi Gayo di daerah ini terasa istimewa karena kopinya terbuat dari kotoran luwak yang difermentasi. Hal ini pula yang menjadi alasan mengapa kopi luwak gayo memiliki nilai jual yang lebih tinggi dibandingkan kopi gayo biasa.

Di Puncak Genting, wisatawan bisa menyusuri perkebunan kopi luas yang mengelilingi puncak. Selain itu, pengunjung juga bisa melihat hewan-hewan fenomenal tersebut sehingga membuat cita rasa kopi semakin istimewa. Kesempatan ini tentu bisa menjadi pengalaman tersendiri bagi wisatawan.

Genting Peak memang menjadi salah satu tempat wisata populer yang tidak pernah sepi. Saat akhir pekan tiba, tempat ini menjadi tempat yang tepat untuk berlibur bersama keluarga atau teman. Perpaduan antara keindahan alam dan nikmatnya cita rasa kopi Gayo Luwak menjadi nilai jual yang mampu menarik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Fasilitas Puncak Genting

Fasilitas di Puncak Genting cukup lengkap dan memadai, meski belum sepenuhnya dikelola oleh pemerintah. Di tempat ini terdapat fasilitas untuk wisatawan seperti toilet umum, musala dan juga tempat parkir yang cukup luas.

Wisatawan juga tidak perlu khawatir jika merasa lapar karena terdapat beberapa warung dan toko yang menawarkan beragam makanan. Pengunjung bisa memesan makanan dan mencoba kopi Gayo Luwak yang tersedia di sini dengan harga cukup terjangkau. Usai memesan, wisatawan bisa duduk santai menikmati panorama alam yang indah.

Baca juga:

Fasilitas karaoke keluarga juga telah didirikan di Puncak Genting yang ditawarkan oleh pemilik toko dan warung. Wisatawan tidak hanya bisa menikmati keindahan alam saja, namun juga mengolah suara bagi yang mempunyai hobi bernyanyi. Hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp70.000 per jam, wisatawan sudah bisa menikmati fasilitas karaoke keluarga ini bersama teman dan kerabat dekat.

Bagi yang ingin bermalam, wisatawan tidak perlu khawatir karena terdapat penginapan di sekitar Puncak Genting dan pintu masuk pendakian Gunung Leuser. Jika menginginkan akomodasi atau hotel yang lebih nyaman, wisatawan dapat menuju ke kota Blang Kejeran yang menawarkan pilihan lebih lengkap.

Berwisata ke Puncak Genting bisa menjadi alternatif jalan-jalan di akhir pekan. Berikut beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan setelah mencapai puncak.

Nikmati keindahan alam

Jika anda mencari tempat wisata yang jauh dari hiruk pikuk kota, maka Puncak Genting adalah pilihan yang tepat untuk mengisi waktu liburan anda. Anda akan disuguhkan pesona alam berupa perbukitan hijau, perkebunan kopi dan persawahan yang masih terjaga kelestariannya.

Anda akan merasakan sejuknya udara khas dataran tinggi dan dimanjakan dengan alam yang begitu alami. Bagi Anda pecinta kopi, mencoba nikmatnya kopi Gayo Luwak ini adalah suatu keharusan. Tempat ini sangat cocok untuk menyegarkan diri dan sejenak melepaskan diri dari kehidupan sehari-hari yang membosankan.

Perburuan Foto

Bagi Anda yang menyukai fotografi lanskap, lokasi ini juga bisa menjadi destinasi berburu Anda selanjutnya. Di sini Anda bisa memotret keindahan alam seperti perbukitan, persawahan, perkebunan dan juga barisan pegunungan. Disini kamu juga bisa berfoto selfie seru bersama teman-teman, karena banyak tempat menarik yang bisa kamu jadikan background foto kamu.

Jika Anda ingin mencari objek wisata untuk foto prewedding, Puncak Genting juga bisa menjadi pilihan. Jangan lupa membawa kamera yang bagus agar hasil fotomu bisa maksimal. Jika Anda memiliki drone, Anda bisa memotret dan merekam keindahan alam yang ditawarkan tempat ini dari udara.

Nikmati kopi Gayo Luwak

Bagi pecinta kopi, tempat ini sepertinya menjadi surga yang wajib dikunjungi. Banyak wisatawan yang datang kesini setiap minggunya hanya untuk menikmati nikmatnya kopi Gayo Luwak. Hanya dengan mengeluarkan uang Rp 10.000 per gelas, Anda sudah bisa menikmati nikmatnya hangatnya kopi Gayo Luwak di tengah dinginnya pahit.

Baca juga:

Selain itu, Anda juga bisa melihat langsung luwak yang dipelihara oleh penjaga toko. Musang liar ini dikumpulkan dari hutan dan dipelihara untuk dijadikan kopi luwak. Tak hanya bisa jalan-jalan, Anda juga bisa belajar tentang hewan-hewan yang menaikkan harga kopi.

Jam buka dan biaya masuk Puncak Genting

Sedangkan untuk jam bukanya, Anda bisa datang sejak pagi hari untuk menikmati indahnya suasana pegunungan. Saat ini belum ada informasi lengkap yang tersedia untuk HTM.

Tips berwisata di Puncak Genting

  • Berhati-hatilah saat berkendara karena jalanan menanjak dan berkelok-kelok.
  • Sebaiknya membawa pakaian hangat karena udara di puncak sangat dingin.
  • Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen di atas.
  • Jaga kebersihan dengan membuang sampah.
  • Perhatikan kelestarian puncak dan jangan merusak apapun yang ada di puncak.

Galeri Foto Puncak Genting

Selamat datang di Gayo Lues, tempat dimana Puncak Genting berada
Pemandangan indah dari Puncak Genting
Spot foto di pohon pinus
Berburu foto di Genting Peak
Sepeda motor ke Puncak Genting

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button