Tempat Wisata

Air Terjun Ceuraceu: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan tempat

Kabupaten Bireuen tidak hanya menawarkan wisata pantai dan kuliner saja, namun juga pesona alam yang tersembunyi di balik hutan dan tebing yang menjulang tinggi. Banyaknya tempat wisata alam yang seakan masih belum terjamah karena tempatnya yang sulit dijangkau dan belum banyak wisatawan yang mengetahuinya. Salah satunya adalah air terjun Ceuraceu yang masih alami dan terjaga kelestariannya.

Air Terjun Ceuraceu merupakan air terjun bertingkat yang indah dengan air jernih yang mengalir dari pegunungan. Wisatawan bisa menikmati berbagai tingkatan mulai dari tingkat terendah hingga tertinggi, sehingga totalnya ada 7. Pesona alam sekitar yang indah dan udara segar menjadi fenomena tersendiri yang sayang untuk dilewatkan.

Air terjun Ceuraceu

Secara geografis Air Terjun Ceuraceu terletak di Desa Samagadeng, Kecamatan Pandrah, Kabupaten Bireuen, Provinsi Aceh. Untuk mencapai lokasi air terjun ini, wisatawan harus menempuh jarak minimal 8 kilometer dari Jalan Banda Aceh-Medan. Sebenarnya air terjun ini cukup dekat dengan jalan utama, namun karena medan yang sulit dan lokasinya yang tersembunyi, air terjun ini tidak banyak diketahui orang.

Diperlukan usaha khusus untuk menikmati gemuruh air Air Terjun Ceuraceu. Dari Jalan Banda Aceh-Medan wisatawan bisa menuju Bendungan TUMIBA09. Meski awalnya jalan sudah beraspal baik, petualangan sesungguhnya baru dimulai dari bendungan.

Saat musim kemarau, wisatawan akan menjumpai jalan setapak yang masih kotor dan berdebu. Saat musim hujan tiba, jalanan menjadi becek dan penuh genangan air. Hutan belantara yang dipenuhi pepohonan hijau mendominasi di sisi kiri dan kanannya. Setelah 3 kilometer jalur menjadi lebih sempit dan tidak dapat dilalui kendaraan lagi. Wisatawan terpaksa berjalan kaki menuju air terjun Ceuraceu.

Pesona air terjun Ceuraceu

Saat wisatawan tiba di Air Terjun Ceuraceu, fenomena air terjun indah menanti mereka dengan gemericik air yang jatuh ke bebatuan dari atas. Keindahan air terjun ini seakan menghipnotis mata para pengunjung sehingga membuat mereka langsung menikmati dinginnya segarnya air di tempat wisata ini.

Keunikan Air Terjun Ceuraceu adalah tingkat air terjunnya terpisah satu sama lain, namun masih dalam satu kawasan. Wisatawan bisa menjelajahi keindahan air terjun dengan mencari tingkatan yang menawarkan daya tarik tersendiri. Bebatuan sungai yang licin seolah menjadi kendala kecil yang harus dilalui wisatawan untuk menikmati keindahan air terjun ini.

Air terjun Ceuraceu

Air Terjun Ceuraceu juga membentuk kolam alami tepat di bawah air terjun. Di kolam ini, wisatawan bisa mandi, berenang atau sekedar duduk di atas bebatuan dan mencelupkan kaki ke dalam air tawar. Perjalanan panjang yang ditempuh wisatawan serasa hilang seketika dan terkompensasi dengan keindahan air terjun ini.

Pemandangan alam sekitar yang berada di tengah hutan belantara yang masih alami juga menjadi nilai tambah bagi air terjun Ceuraceu. Banyak pepohonan dan tumbuhan hijau yang sangat memanjakan mata. Namun hati-hati, di tempat ini juga banyak terdapat tumbuhan yang dapat menyebabkan gatal-gatal pada kulit wisatawan.

Sayangnya objek wisata ini tidak dibuka untuk umum. Wisatawan harus terlebih dahulu menanyakan kepada penduduk desa setempat sebelum menuju ke air terjun. Sebab, tujuannya untuk mencegah tindakan maksiat. Selain itu, pesona Air Terjun Ceuraceu memang patut untuk dikunjungi.

Air Terjun Ceuraceu memang sangat cocok bagi wisatawan pecinta wisata alam. Tempat ini sangat terawat dan masih belum terjamah oleh tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab. Pemandangan alam disekitarnya masih sangat asri dan alami. Kicau burung yang hinggap di dahan pepohonan seakan menjadi sahabat setia pemecah kesunyian belantara.

Fasilitas air terjun Ceuraceu

Sayangnya fasilitas yang ada di Air Terjun Ceuraceu tidak bisa dibandingkan dengan keindahan yang ditawarkannya. Wisatawan tentu tidak akan menemukan fasilitas umum seperti toilet, tempat parkir yang aman, atau musala untuk kebaktian gereja. Hal ini cukup dimaklumi mengingat lokasi tempat wisata ini berada di tengah hutan belantara.

Selain itu, masih belum ada warung yang menjual makanan di sekitar air terjun. Wisatawan disarankan untuk membawa makanan dan minuman sendiri dari rumah atau membelinya terlebih dahulu di kota. Apalagi jalur menuju air terjun ini cukup ekstrim dan masih belum beraspal. Tidak ada petunjuk arah sama sekali, sehingga wisatawan bisa tersesat.

Baca juga:

Jika ingin bermalam, wisatawan bisa menginap di Bireuen. Ada beberapa hotel dan penginapan yang bisa disewa untuk bermalam. Di akhir pekan, berkunjung ke Air Terjun Ceuraceu bisa menjadi pilihan menarik. Berikut aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan di tempat ini.

Menikmati keindahan air terjun

Air Terjun Ceuraceu benar-benar akan memanjakan mata Anda dengan pesonanya yang menakjubkan. Saat Anda berkunjung ke tempat wisata di Bireuen ini, Anda bisa menikmati setiap tetes air yang jatuh di bebatuan. Anda juga bisa merasakan sensasi berdiri tepat di bawah air terjun dan menikmati setiap percikan air yang membasahi tubuh Anda.

Selain itu, Anda juga bisa bermain, berenang, dan mandi dengan bebas di air di kolam alami yang berisi air dari pegunungan. Tempat ini sangat cocok bagi anda yang mendambakan tempat wisata yang tenang dan damai untuk menyegarkan diri.

Perburuan Foto

Keindahan Air Terjun Ceuraceu sayang jika tidak diabadikan dalam kamera. Anda bisa mengambil foto pemandangan alam di sekitar air terjun atau mengambil foto di tingkat air terjun lainnya. Semuanya cukup bagus untuk difoto sebagai fotografi lanskap.

Selain itu, jangan lupa untuk berfoto selfie bersama teman-teman Anda di air terjun. Anda bisa menjadikan air terjun sebagai backdrop fotografi atau duduk-duduk di bebatuan sungai yang mengelilingi air terjun. Namun selalu hati-hati karena bebatuannya licin sehingga bisa terpeleset dan terjatuh ke sungai.

Biaya masuk air terjun Ceuraceu

Wisatawan untuk memasuki Air Terjun Ceuraceu tidak dipungut biaya sama sekali, alias gratis.

Jam buka air terjun Ceuraceu

Anda bisa mengunjungi tempat wisata ini mulai pukul 08:00 hingga 17:00.

Baca juga:

Tips menuju Air Terjun Ceuraceu

  • •Yang terbaik adalah meminta izin dari penduduk desa sebelum menuju ke air terjun.
  • •Persiapkan kondisi fisik Anda karena perjalanan menuju air terjun cukup berat.
  • •Bawalah perbekalan sendiri karena pastinya tidak ada penjual makanan dan minuman di air terjun.
  • • Hati-hati dalam perjalanan karena jalannya cukup terjal dan melewati hutan belantara.
  • • Berhati-hatilah saat berada di air terjun karena bebatuan sungai licin jika terkena air.
  • •Jangan meninggalkan sampah di air terjun, namun siapkan kantong plastik dan buang sampah di sana.
  • • Memelihara air terjun dengan tidak merusak segala isinya.

Galeri foto air terjun Ceuracecu

Potret air terjun Ceuraceu
Spot foto di bawah air terjun
Bermain di bawah air terjun
Bersantai dan nikmati keindahan air terjun
Potret pengunjung air terjun

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button