Tempat Wisata

Pantai Kuala Raja: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Berada di Bireuen, tak lengkap rasanya jika tidak menyempatkan diri mampir dan menikmati deretan indah pantai yang ada di kawasan ini. Bireuen tidak hanya terkenal dengan kulinernya yang lezat, namun juga menawarkan wisata bahari yang indah berupa pantainya. Salah satunya adalah Pantai Kuala Raja yang menjadi favorit baru masyarakat setempat.

Pantai Kuala Raja memang tidak setenar pantai lainnya di Aceh, namun tempat wisata ini masih menjadi daya tarik wisatawan dari Bireuen, Lhokseumawe, Sligi dan sekitarnya. Seperti halnya Pantai Kuala Terjang, pantai ini memiliki pasir berwarna kecoklatan sehingga terlihat eksotis. Pantai ini tidak pernah sepi apalagi saat ada hari libur atau akhir pekan.

Pantai Kuala Raja

Secara geografis Pantai Kuala Raja terletak di Desa Kuala Raja, Kecamatan Kuala, Kabupaten Bireuen, Aceh. Lokasi pantai ini juga sangat dekat, wisatawan perlu menginap minimal 3-4 kilometer dari pusat kota Bireuen. Lokasinya cukup mudah ditemukan karena tidak jauh dari jalur antarprovinsi Jalan Banda Aceh-Medan.

Terdapat berbagai moda transportasi yang bisa dipilih wisatawan, seperti taksi, becak motor, atau lapi-labi. Pengunjung juga bisa mengunjungi pantai ini dengan menggunakan kendaraan pribadi. Sebelum menikmati keindahan Pantai Kuala Raja, wisatawan juga bisa terlebih dahulu mengunjungi Kota Bireuen, menikmati pesona Kota Bireuen dan berbelanja.

Pesona Pantai Kuala Raja

Hamparan pasir bersih berwarna kecoklatan menyambut wisatawan saat tiba di Pantai Kuala Raja. Garis pantai yang panjang dan landai juga menjadi fenomena tersendiri yang bisa dinikmati. Wisatawan bisa leluasa merasakan lembutnya pasir pantai dan menikmati setiap jengkal keindahan pantai di Bireuen ini.

Tak jauh dari bibir pantai, wisatawan akan menjumpai pepohonan pinus yang lebat. Suasana rindang dan asri langsung terlihat saat wisatawan berdiam di bawah pepohonan. Selain untuk mempercantik pantai, pepohonan pinus juga dimanfaatkan wisatawan untuk berteduh saat matahari bersinar terik.

Pantai Kuala Raja

Ombaknya seolah tak kenal lelah saling menerjang di tepian pantai. Angin sepoi-sepoi yang berhembus menjadi sahabat setia yang selalu menemani wisatawan menjelajahi keindahan Pantai Kuala Raja. Dari kejauhan terlihat perahu-perahu kecil dan perahu nelayan yang sedang mencari ikan di tengah laut.

Ombak di Pantai Kuala Raja dinilai tidak berbahaya sehingga cukup aman bagi wisatawan yang sekedar ingin berenang dan menikmati segarnya air laut. Di sekitar pantai juga terdapat tanggul piramida dr batu karang yang menjorok ke laut dan tampak seperti dermaga kecil. Banyak pengunjung yang memanfaatkan tempat ini sebagai tempat memancing, namun ada juga wisatawan yang duduk santai menikmati deburan ombak.

Usai menikmati keindahan Pantai Kuala Raja, wisatawan bisa beristirahat di gubuk-gubuk sekitar pantai dan mencicipi berbagai kuliner lezat. Pantai ini memiliki deretan warung yang menjual hidangan laut yang lezat. Saat perut mulai keroncongan, tidak ada salahnya untuk memesan makanan dan menikmatinya sambil memandangi hamparan pemandangan laut.

Pantai Kuala Raja memang menjadi salah satu tempat wisata terpopuler dan cocok untuk liburan keluarga. Tempat ini menawarkan keindahan berupa pantai yang tertata rapi serta wisata kuliner yang nikmat. Tak heran jika pantai ini seolah menjadi favorit baru masyarakat Bireuen dan sekitarnya. Bukan tidak mungkin pantai ini bisa menandingi pantai-pantai lain di Aceh yang terkenal di seluruh belahan dunia.

Fasilitas di Pantai Kuala Raja

Fasilitas yang ada di Pantai Kuala Raja cukup memadai, di pantai ini telah dibangun toilet umum dan tersedia tempat parkir yang cukup luas untuk kendaraan seperti bus dan mobil. Terdapat juga musala bagi wisatawan muslim yang dapat digunakan untuk beribadah ketika azan berbunyi.

Selain itu pantai ini juga dilengkapi dengan taman bermain anak. Meski belum sepenuhnya lengkap, taman bermain anak ini setidaknya bisa dimanfaatkan oleh wisatawan yang datang bersama anak-anaknya. Selain itu, terdapat pula gubuk-gubuk kayu sederhana bagi wisatawan yang ingin beristirahat atau menyantap hidangan seafood.

Baca juga:

Di Pantai Kuala Raja, wisatawan tidak perlu khawatir perut keroncongan karena terdapat deretan warung yang menawarkan berbagai macam makanan laut seperti udang, ikan bakar, kepiting dan masih banyak lagi. Pengunjung bisa menikmatinya di kabin-kabin yang menghadap ke laut. Jangan lupa untuk mencoba Mie Aceh yang terkenal dengan kelezatannya.

Di sekitar pantai juga terdapat persewaan ban dan pancing bagi wisatawan yang ingin berenang dan memancing. Tak perlu merogoh kocek terlalu dalam, pengunjung bisa menyewa alat tersebut untuk menikmati segarnya air laut dan menangkap ikan dari dermaga kecil.

Pantai Kuala Raja bisa menjadi alternatif destinasi wisata keluarga di akhir pekan. Berikut aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan di pantai ini.

Menikmati keindahan pantai

Saat Anda berkunjung ke Pantai Kuala Raja, Anda akan disuguhi pantai dengan pasir putih kecoklatan dan hamparan laut biru yang luas. Anda bisa bermain pasir pantai sepuasnya karena pantai ini memiliki hamparan pantai yang cukup luas dan panjang. Di pantai ini Anda juga bisa bermain air, mandi atau berenang merasakan segarnya air laut.

Jika ingin merasakan sensasi berbeda, Anda bisa pergi ke tanggul di sekitar pantai yang menjorok ke laut. Di tempat ini Anda bisa lebih merasakan keindahan pantai serta menikmati hembusan angin dan deburan ombak yang menghantam bebatuan. Tempat ini sangat cocok bagi anda yang ingin menyegarkan diri di akhir pekan.

Saksikan matahari terbenam

Seperti pantai-pantai lain di Kabupaten Bireuen, di sini Anda juga bisa menyaksikan fenomena indahnya matahari terbenam di sore hari. Pengunjung semakin ramai ketika hari mulai gelap karena sebagian besar wisatawan ingin menikmati indahnya matahari terbenam di pantai ini. Tiba sekitar jam 4 sore agar Anda bisa mendapatkan tempat di pondok pantai.

Saat matahari perlahan mulai tenggelam di ufuk barat, tiba-tiba muncul pemandangan indah berupa langit yang berubah warna bak lukisan alam Yang Maha Kuasa. Anda bisa menikmati indahnya matahari terbenam ini sambil menyeruput segarnya es krim kelapa muda dan ngobrol bersama teman dan orang terdekat.

Perburuan Foto

Keindahan Pantai Kuala Raja sayang jika tidak diabadikan dalam sebuah foto. Jika Anda memiliki hobi fotografi khususnya lanskap, tempat wisata ini bisa menjadi pilihan menarik. Di pantai ini Anda bisa mengambil foto lautan luas atau indahnya matahari terbenam. Ombak yang sesekali menghantam bibir pantai juga menjadi fenomena yang patut diabadikan.

Biaya masuk Pantai Kuala Raja

Untuk memasuki tempat wisata ini wisatawan dikenakan biaya sebesar Rp. 5.000 per orang.

Jam buka Pantai Kuala Raja

Anda bisa mengunjungi tempat wisata ini dari pagi hingga jam 6 sore.

Baca juga:

Tips Menuju Pantai Kuala Raja

  • Bawalah pakaian ganti jika berencana berenang atau mandi di air laut.
  • Saat berenang, jangan pergi terlalu jauh ke dalam laut karena dapat membahayakan keselamatan Anda.
  • Datanglah sekitar jam 4 sore jika ingin melihat indahnya matahari terbenam.
  • Jagalah kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya.
  • Memperhatikan kelestarian pantai dan tidak merusak fasilitas pantai.
  • Sebelum berangkat ke Pantai Kuala Raja, berdoalah agar liburan Anda berjalan sesuai rencana.

Galeri foto pantai Kuala Raja

Potret Pantai Kuala Raja
Keindahan Pantai Kuala Raja
Berburu foto di pantai
Tur keluarga ke Pantai Kuala Raja
Penyewaan ban untuk berenang

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button